Satu Dekade Bertarung di Level Flagship, Begini Evolusi Teknologi Oppo Find Series!!

GadgetSquad.ID – Menjadi salah satu vendor hp terpopuler, Oppo hadir dengan sederet hape yang mengisi berbagai kelas, mulai dari entry level, menengah hingga flagship.

Ragam varian hape yang ditawarkan Oppo, tentu sangat memanjakan konsumen, mereka jadi lebih leluasa memilih produk sesuai dana di kantong.

Nah berbicara hp flagship, Oppo menggoda konsumen kelas atas dengan keluarga “Find Series”.

Oppo Find Series sendiri memiliki perjalanan yang cukup panjang. Berdasarkan catatan, Find Series mulai menjadi senjata andalan Oppo di kelas flagship, sejak tahun 2011

Dalam kurun waktu 10 tahun bertarung di kasta teratas, Oppo Find Series pun telah mengalami banyak perubahan sejak pertama kali diluncurkan.

Menurut Oppo, Find Series selalu menyematkan teknologi yang kokoh sejak awal diluncurkan. Apa saja evolusi teknologi yang mengiringi perjalanan 1 dekade, Oppo Find Series di dunia hape? berikut ulasannya.

Oppo X903 merupakan Find Series pertama dari Oppo yang diluncurkan pada Juni 2011. Produk ini merupakan langkah awal perusahaan memasuki industri smartphone. Oppo X903 memiliki layar 4 inci, dilengkapi dengan keyboard QWERTY yang dapat digeser ke samping, prosesor 1GHz, dan RAM 512MB.

Selanjutnya pada tahun 2012, muncul Oppo Finder yang populer karena dinobatkan sebagai smartphone tertipis di dunia. Ukuran hp tersebut hanya 6.65mm, Oppo berhasil mengalahkan perusahaan teknologi lainnya dengan memroduksi perangkat genggam tertipis

Evolusi Find Series berlanjut dengan kehadiran Oppo Ulike2. Mengikuti tren selfie, Ulike2 menjadi hp perdana Oppo yang dilengkapi kamera depan 5MP dan dilengkapi dengan algoritma Beauty 2.0 yang aktif secara otomatis dan menerapkan efek untuk mempercantik tampilan selfie.

Keunggulan di kamera di seru Ulike2, membuat Oppo mengembangkannya lagi pada Oppo N3 di tahun 2014. Oppo N3 dijuluki Camera Master, merupakan hp pertama yang merevolusi konsep kamera smartphone berputar.

Pada medio yang sama, perjalanan hp flagship Oppo, berlanjut ke seri Find 5. Pada seri Find 5, perusahaan memfokuskan pada desain tampilan layar yang beresolusi 1080p.

Oppo Find 5 juga didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro dan 2GB RAM, yang merupakan kombinasi perangkat keras paling kuat pada masanya.

Masih di tahun 2014, Oppo meluncurkan Find 7 yang menjadi ponsel pertama lagi di dunia yang memiliki resolusi 2K dengan layar 5,5 inci

Oppo Find 7 juga memperkenalkan teknologi pengisian daya cepat VOOC dari Oppo, yang jika mengisi daya baterai selama lima menit, pengguna dapat menggunakan hp untuk menelpon selama dua jam.

Belanjut ke tahun 2018, Oppo meluncurkan Find X yang memiliki desain panorama pertama di dunia dengan menggabungkan keindahan alam dalam produk teknologi ini.

Kamera 3D pada perangkat tidak terlihat oleh mata dan memiliki berbagai teknologi inovatif seperti sistem Pengenalan Wajah 3D, kamera depan, kamera ganda belakang, dan banyak sensor canggih.

Dan di bulan Maret 2020, Oppo menghadirkan Find X2 sebagai smartphone flagship dengan layar terbaik di industri smartphone saat itu.

Perangkat ini dilengkapi dengan layar 120Hz QHD+ AMOLED, sistem all-round ultra-vision-camera, teknologi pengisian daya tercepat 65W SuperVOOC 2.0 dan prosesor flagship Snapdragon 865.

Tahun ini jika tidak ada kendala, Oppo akan menghadirkan Find Series terbaru, yaitu Find X3. Rencananya Find X3 akan rilis pada Maret 2021, hp ini dijanjikan dengan fitur-fitur flagship.

Fitur-fitur Oppo Find X3 Series dikemas dengan konsep human centric dan mengangkat sisi emosional pengguna, salah satunya melalui Full-path Color Management System.

Find X3 Series akan menjadi smartphone pertama yang mengadaptasi Full-path Color Management System.

Yaitu sistem warna yang mampu melakukan pengambilan gambar 10bit dan format HEIF sehingga menghasilkan rentang warna yang lebih luas dan mampu mendeteksi warna lebih baik seperti aslinya, tanpa mengompresi resolusi visual pada saat di-share melalui aplikasi media sosial