Sony Indonesia Resmi Luncurkan Tiga Lensa G Dengan Desain Ringkas dan Ringan !

Sony Indonesia resmi mengumumkan tiga lensa G™ yang luar biasa untuk jajaran E-mount, yaitu FE 50mm F2.5 G (model SEL50F25G), FE 40mm F2.5 G (model SEL40F25G) dan FE 24mm F2.8 G (model SEL24F28G). Lensa terbaru ini memberikan kualitas gambar tingkat tinggi dan bokeh indah dengan desain ringan dan ringkas, sempurna bagi para fotografer dan videografer untuk menghasilkan gambar memukau dengan mobilitas yang mudah.

Ketiga lensa ini dapat memberikan resolusi tinggi, pengoperasian intuitif, serta kemampuan autofokus yang cepat, tepat dan senyap saat dipasangkan dengan kamera full-frame atau APS-C Sony. Lensa ini telah diperkenalkan sebagai pelengkap foto dan video yang sempurna untuk berbagai penggunaan, termasuk pengambilan gambar sehari-hari, portrait dan pemandangan.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia mengungkapkan, “Sony terus berinovasi dalam menghadirkan alat yang dibutuhkan para kreator untuk mengabadikan keindahan dunia. Menghadirkan resolusi tinggi dan bokeh memukau dalam desain yang ringkas dan canggih, lensa FE 50mm F2.5 G, FE 40mm F2.5 G dan FE 24mm F2.8 G memungkinkan para pengguna merasakan pengalaman menyenangkan memiliki lensa yang dapat menangkap pemandangan yang sama dari perspektif yang berbeda.” Ketiga lensa terbaru ini memberikan masing-masing focal length untuk pengambilan gambar apa pun sehingga keseluruhan lensa merupakan kombinasi fantastis berkat pengoperasian intuitif dan kualitas rangka yang luar biasa.

Selain itu, pertukaran lensa dapat dilakukan dengan mudah, bahkan pada saat menggunakan gimbal, karena ketiga lensa ini memiliki ukuran yang sama (diameter 68mm x 45mm), diameter filter yang sama (49mm) dan berat yang hampir sama (FE 50mm F2.5 G 174g, FE 40mm F2.5 G 173g dan FE 24mm F2.8 G 162g), serta fokus internal. Ketiga lensa ini memiliki desain eksterior yang sama, namun focal length pada lensa ini ditandai dengan jelas untuk pergantian yang cepat. FE 50mm F2.5 G terbaik untuk portrait teman / keluarga dalam kehidupan sehari-hari, FE 40mm F2.5 G cocok untuk snap foto dan video (foto sehari-hari / pembuatan film menggunakan gimbal), FE 24mm F2.8 G cocok untuk pemandangan, travel, dan perekaman video dengan latar belakang yang luas, seperti vlogging.

Resolusi tinggi dalam desain yang ringkas

Lensa FE 50mm F2.5 G, FE 40mm F2.5 G dan FE 24mm F2.8 G memiliki desain yang ringkas dan ringan, namun dapat menghadirkan kualitas gambar lensa G yang tinggi. Ketiga lensa ini dapat memberikan resolusi tinggi dan menekan colour fringing berkat elemen aspherical dan elemen ED 1 (Extra-low Dispersion) glass, sehingga kualitas gambar dapat dicapai dengan optik yang canggih. Elemen aspherical yang dimiliki lensa ini dapat memastikan performa resolusi yang baik di setiap sudut gambar, bahkan dari bukaan terlebar dengan shallow depth of field. Nikmati pengambilan gambar dengan resolusi tinggi menggunakan desain yang ringkas.

Bokeh yang memukau dari lensa G dapat dicapai dengan pengoptimalan circular aperture dan dihasilkan pada diafragma terbesar dari setiap lensa (FE 50mm F2.5 G F2.5 pada 50mm, FE 40mm F2.5 G F2.5 pada 40mm dan FE 24mm F2.8 G F2.8 pada 24mm). Ketiga lensa ini cocok digunakan di berbagai lokasi, baik saat pengambilan gambar menggunakan bodi full-frame atau APS-C untuk portrait, pemandangan, snapshot atau video dengan gimbal dan lainnya, karena dirancang untuk mobilitas optimal, serta cukup ringkas dan ringan. Ukuran dan beratnya juga diseimbangkan dengan sempurna. Rasakan manfaat dari penggunaan beberapa lensa yang sesuai dengan pemandangan atau subjek apa pun.

Jarak Fokus

Selain sudut pandang 50mm yang sempurna untuk portrait dan pengambilan gambar foto sehari-hari atau video, lensa FE 50mm F2.5 G memiliki jarak fokus minimum 0,35m (AF) / 0,31m (MF) dan perbesaran maksimum 0,18x (AF) / 0,21x (MF) yang ideal untuk beragam pemandangan dan objek.

Sudut pandang FE 40mm F2.5 G 40mm ideal untuk pengambilan gambar foto sehari-hari atau video dengan jarak fokus minimum 0,28m (AF) / 0,25m (MF) dan perbesaran maksimum 0,20x (AF) / 0,23x (MF). Khususnya untuk pembuatan video, 40mm adalah sudut pandang yang disukai karena sesuai dengan penglihatan natural dan untuk foto, 40mm memungkinkan subjek untuk lebih terlihat dari latar belakangnya.

Dengan sudut pandang 24mm yang lebar, lensa FE 24mm F2.8 G cocok dalam situasi yang mempunyai latar belakang, seperti pemakaian gimbal atau pengambilan gambar selfie dengan grip yang terpasang. Dengan jarak fokus minimum 0,24m (AF) / 0,18m (MF) dan perbesaran maksimum 0,13x (AF) / 0,19x (MF), pengguna juga dapat mengambil gambar close-up dengan latar belakang bokeh.

Pengoperasian dan keandalan tinggi

Terlepas dari ukurannya yang ringkas, lensa ini memiliki tombol tahan fokus, tombol mode fokus, aperture ring, dan tombol klik diafragma lensa untuk pengoperasian yang ideal. Tombol tahan fokus pada lensa ini dapat disesuaikan dari menu kamera dan dapat diberi fungsi yang diinginkan pengguna. Aperture ring memberikan kesan yang lebih intuitif dan langsung dibandingkan dengan mengoperasikan bukaan dari bodi kamera saat pengambilan foto atau video. Bukaannya juga menyediakan click stop yang dapat diubah dan dapat dimatikan untuk pembuatan video menggunakan tombol klik diafragma.

Selain itu, dengan Linear Response MF, aperture ring dapat merespon secara tepat dan linier saat pemfokusan manual, sehingga kontrol terasa cepat dan intuitif, secara langsung mencerminkan maksud fotografer dan videografer, serta memungkinkan penyesuaian fokus yang halus. Lensa ini memiliki eksterior aluminium dan logo Sony yang terukir, sehingga memastikan hasil akhir premium dan canggih, serta peningkatan kekuatan dan daya tahan. Secara praktis, diameter filter pada tutup lensa dan hood lensa sama 2 (49mm), sehingga memungkinkan tutup dan filter yang sama dipasang ke tutup dan hood lensa. Lensa terbaru ini juga dirancang agar tahan debu dan kelembapan 3 untuk memastikan penggunaan di lingkungan luar ruangan apa pun.

Autofokus yang cepat, tepat dan senyap

Lensa FE 50mm F2.5 G, FE 40mm F2.5 G dan FE 24mm F2.8 G ideal untuk pengambilan gambar pada subjek yang bergerak, karena dilengkapi dengan dua motor linier untuk menghasilkan autofokus (AF) yang cepat dan tepat dengan performa pelacakan luar biasa yang stabil meskipun ada pergerakan mendadak pada subjek. AF pada ketiga lensa ini juga senyap, sehingga dapat digunakan baik untuk pengambilan gambar foto dan video.

Harga dan Ketersediaan

Lensa FE 50mm F2.5 G, FE 40mm F2.5 G dan FE 24mm F2.8 G akan segera tersedia di Indonesia pada bulan Mei 2021 dengan harga Rp8.999.000 untuk setiap lensa. Pembelian pre-order untuk ketiga lensa ini dapat dilakukan mulai tanggal 16 April – 2 Mei 2021. Pembelian dalam masa pre-order akan mendapatkan paket spesial berupa Sony Exclusive Lens Bag senilai Rp1.000.000.