Samsung, Xiaomi, Oppo dan HuaweiGadgetSquad.ID – Nasib apes dialami pegawai Huawei gara-gara kicauan di Twitter. Sejatinya kicauan dua pegawai Huawei hanya berisi ucapan tahun baru, namun perangkat yang digunakan membuat mereka jadi “terdakwa”.

Dilansir Reuters,  Huawei menghukum dua karyawannya atas insiden mengirimkan ucapan Tahun Baru di Twitter menggunakan iPhone. Hal ini diungkapkan Huawei melalui memo internalnya.

Dalam memo internal pada 3 Januari 2019 itu, Senior Vice President dan Direktur Dewan Direksi Huawei Chen Lifang, mengatakan “insiden tersebut telah merusak citra merek Huawei”.

dalam memo internal mengungkapkan, insiden tersebut menunjukkan ketidaktaatan terhadap prosedur dan pengawasan manajemen.

Sebagai konsekuensinya, perusahaan melakukan demosi terhadap dua karyawan yang bertanggung jawab dengan menurunkan jabatannya setingkat, serta gaji bulanan mereka dipotong sebesar 5.000 yuan. Salah satu karyawan tersebut adalah direktur pemasaran digital.

Sebagai info, Sabtu (5/1/2018), screenshot kesalahan pengiriman twit tahun baru itu dengan cepat menyebar di media sosial, meski pihak Huawei telah menghapusnya.

Berdasarkan screenshot yang beredar, terdapat keterangan “via Twitter for iPhone” di bagian bawah twit ucapan Tahun Baru 2019 dari Huawei.

Insiden ini terjadi ketika pihak ketiga yang memegang akun media sosial Huawei, Sapient, mengalami masalah VPN pada komputer. Oleh sebab itu, pihak Sapient menggunakan sebuah iPhone dengan kartu SIM asing untuk mengirim pesan pada tengah malam.

Seperti diketahui, Twitter dan sejumlah layanan asing lainnya, termasuk Facebook dan Google diblokir di Tiongkok. Untuk bisa mengakses layanan tersebut, para pengguna internet di Tiongkok harus menggunakan koneksi VPN.

Pihak Huawei dan Sapient belum memberikan komentar resmi kepada publik terkait insiden twit ini.