GadgetSquad.id – Seiring dengan pemulihan jaringan pasca gempa di wilayah Palu dan Donggala – Sulawesi Tengah, Telkomsel memberikan paket gratis nelpon dan SMS ke semua operator selama 24 jam, bagi seluruh pelanggan di wilayah bencana Sulawesi Tengah. Selain itu Telkomsel juga terus memperlancar kegiatan penanggulangan bencana dengan memprioritaskan tujuh titik -titik vital bencana, mengerahkan team siaga bencana TERRA serta mendirikan posko darurat dan bantuan kemanusiaan.

palu

Paket gratis nelpon dan SMS dapat diaktifkan dengan menu UMB *888*20# atau SMS, Ketik SULTENG Kirim ke 8999. Pelanggan akan mendapatkan 50 menit dan 200 SMS Gratis ke seluruh operator dan berlaku selama seminggu.

GM External Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, “Kami menyadari bahwa layanan komunikasi sangat penting saat kondisi bencana seperti ini, khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi SAR, BNPB, TNI-Polri maupun update kondisi terkini wilayah bencana bagi pihak-pihak berkepentingan.”

“Untuk itu Telkomsel terus berupaya mendukung kelancaran penanggulangan bencana. Saat ini layanan komunikasi SMS dan suara sudah normal, demikian juga 4G juga sudah berangsur pulih di beberapa wilayah seperti di Poso, Donggala, Luwuk, Toli-Toli, Buol, Pasangkayu dan Tondo di Kota Palu,” tambah Denny.

“Kami memprioritaskan tujuh titik -titik vital bencana seperti Kantor Pemerintahan, Kepolisian, Camp Pengungsian, Bandara,  Balaikota Pengungsian , Posko Basarnas, dan Rumah Sakit. Di titik-ttik tersebut kenyamanan layanan komunikasi baik SMS, Voice, maupun Internet kami pastikan lancar dan terus terjaga,” ungkap Denny.

Baca juga : Pasca Gempa di Palu, Layanan 4G Telkomsel Berangsur Pulih

Sebagai operator yang memiliki cakupan terluas di Sulawei Tengah, Telkomsel terus berupaya maksimal untuk memulihkan jaringan di wilayah-wilayah yang terkena bencana. Dalam waktu kurang dari 24 jam team teknis Telkomsel bergerak cepat memobilisasi genset untuk catuan daya serta memasang mobile BTS.

Dalam waktu cepat Telkomsel juga telah mengerahkan tim Siaga Bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) untuk pendirian posko darurat, serta percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi.

Sebagai bentuk kepedulian kepada para korban Telkomsel bersama mitra authorized dealer (AD) menyerahkan bantuan sosial kemanusiaan berupa kebutuhan logistik, antara lain makanan siap konsumsi, air mineral, pakaian layak pakai, handuk, selimut, dan obat-obatan. Telkomsel juga menyediakan fasilitas komunikasi gratis berupa ponsel dan kartu perdana bagi para relawan dan korban bencana.

“Kami juga membuka posko untuk pencarian keluarga yang hilang dan dapur umum di depan GraPARI Palu. Selain itu bagi pelanggan yang ingin berdonasi, Telkomsel bekerjasama dengan Rumah Zakat membuka layanan donasi bagi korban gempa Donggala melalui UMB *800*01#, aplikasi TCASH, maupun QR Code,”  pungkas Denny.