GadgetSquad.id – Telkomsel berhasil meraih penghargaan pada ajang IDC Future Enterprise Awards 2024 untuk kategori Best in Future of Customer Experience di Indonesia. berkat solusi layanan pelanggan Telkomsel berbasis AI.
IDC Future Enterprise Awards 2024 sendiri merupakan ajang penghargaan yang digelar oleh International Data Corporation (IDC) yang berbasis di Amerika Serikat, dan rutin dilaksanakan sejak 2017.
Keberhasilan meraih penghargaan ini berkat solusi layanan pelanggan AI-Powered Digital Smart Care (AI DSC) berbasis teknologi Hyper AI. Solusi berbasis AI DSC ini telah diterapkan di lebih dari 800 titik layanan pelanggan Telkomsel, termasuk GraPARI, Call Center, dan eCare. Solusi ini sekaligus merupakan jawaban dari tantangan lonjakan interaksi pelanggan yang membutuhkan respon cepat dan tepat setelah bergabungnya IndiHome ke dalam bisnis Telkomsel pada 2023.
Solusi AI DSC mempercepat akses informasi bagi agen customer service, meningkatkan ketepatan respon, serta memastikan pengalaman pelanggan yang konsisten dan berkualitas tinggi di setiap interaksinya. Direktur IT Telkomsel, Joyce Shia menyatakan, “Solusi layanan pelanggan berbasis AI memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik sekaligus mendorong semangat untuk mengembangkan inovasi digital yang berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.”
Baca juga : Telkomsel Hyper AI, Hadirkan Jaringan Cerdas Berorientasi Pelanggan
Solusi AI DSC memudahkan lebih dari 4.500 agen customer service, lebih dari 6.000 karyawan, dan lebih dari 300.000 mitra reseller untuk mendapatkan rekomendasi jawaban terbaik secara real-time untuk informasi produk dan layanan Telkomsel. Sistem AI ini juga memudahkan untuk menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan akurat, serta mengurangi waktu penanganan hingga 50%.
Direktur Riset IDC Asia/Pacific, Melvie Espejo, mengatakan “Pemenang Future Enterprise Awards 2024 dari Indonesia menunjukkan bagaimana organisasi memanfaatkan AI dan platform digital untuk mendorong inovasi, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Salah satunya adalah Digital Smart Care berbasis AI dari Telkomsel yang menunjukkan bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.”