Tenang Bro!! Bos Telkomsel Jamin Keamanan Data Pelanggan Terjaga!!

GadgetSquad.ID – Masalah keamanan data pelanggan telekomunikasi di Tanah Air kembali mencuat belakangan ini. Semua berawal dari seorang pelanggan operator telekomunikasi yang berkicau, datanya telah disebarkan luaskan secara sepihak.

Dalam prosesnya Telkomsel sebagai operator yang dituding telah lalai menyebarkan data secara sepihak, sudah meminta maaf atas ketidaknyamanan pelanggannya yang diketahui adalah penggiat media sosial, Denny Siregar.

Tidak cukup sampai disitu, pihak Telkomsel pun sudah mengambil tindakan lanjutan, dimana melalui kerjasama dengan pihak kepolisian, oknum yang telah menyebarkan data tersebut telah ditangkap.

Lebih lanjut soal kejadian kebocoran data tersebut, Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel  menyatakan bahwa berkaca dari kasus itu, perusahaan menegaskan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan.

“Terkait akses data pelanggan oleh petugas customer service, itu bukan hanya berlaku di Telkomsel, tapi di operator yang lain juga. Namun, memang kejadian kemarin itu illegal access,” ujarnya

Setyanto Hantoro menambahkan, akses yang dimiliki itu sejatinya bersifat terbatas. “Petugas customer service memang punya akses terbatas. Kewenangan akses terhadap data pelanggan juga seebetulnya sangat dibutuhkan untuk membantu proses validasi ketika pelanggan memiliki keluhan layanan,” tegasnya.

Pasca kejadian tersebut, Hantoro, menjelaskan, agar kejadian kebocoran tersebut tidak terulang, pihaknya akan terus secara konsisten melakukan evaluasi.

“Kami konsisten lakukan evaluasi secara bertahap, baik secara teknis di IT Security System kami maupun secara SOP. Ini proses yang selalu kami lakukan secara terus-menerus,” tuturnya

Hartona juga menegaskan bahwa keamanan data pribadi pelanggan Telkomsel tersimpan secara aman. Namun, dia juga mengajak pelanggan untuk turut berpartisipasi dalam upaya ini