OPPO Reno Series – Transformasi Smartphone Jadi Perangkat Andalan Bikin Konten Video

GadgetSquad.id – Selama ini fitur kamera selalu menjadi andalan di setiap smartphone keluaran terbaru. lensa kamera ganda bahkan lebih, resolusi kamera yang tinggi, hingga kemampuan fitur kamera yang didukung teknologi Artificial Intelligent, selalu dijadikan senjata andalan pada fitur kamera di smartphone. Dengan begitu kamera smartphone sudah bisa menandingi kemampuan kamera DSLR. Namun kala itu, kemampuan video masih terpinggirkan. Kamera smartphone belum bisa diandalkan sepenuhnya untuk membuat konten video yang menyaingi kemampuan kamera digital yang sudah banyak digunakan. Hal itulah yang coba diakomodir oleh kehadiran OPPO Reno2 dan Reno2 F kala itu.

Disektor kamera, Reno2 ditanamkan lensa 48 MP dengan sensor Sony IMX586 dan aperture f/1.7. Oppo turut memasang sensor wide-angle 116 derajat berukuran 8 MP. Lalu ada lensa tele 13 MP dengan aperture f/2.4 yang menawarkan kemampuan 20x zoom. Tidak ketinggalan sensor monochrome 2 MP . Sedangkan OPPO Reno2 F mengusung empat lensa kamera di bagian belakang. Kamera utamanya memakai sensor Samsung ICOCELL GM1 berukuran 48 MP. Tersemat kamera wide angle 8 MP. Lalu ada lensa monokrom 2 MP dan sensor depth 2 MP. Kamera depannya dibuat pop-up dengan ukuran 16 MP. Untuk selfie, vendor asal China ini masih menerapkan pivot rising camera. Ukuruanya sendiri 16 MP.

Kemampuan Videography

Tidak Cuma andal dalam hal photography, OPPO Reno2 Series juga unggul untuk membuat konten video berkualitas tinggi. Ini karena sanggup untuk menghasilkan video hingga kualitas 4K@30fps. Tidak hanya itu, juga disediakan pilihan resolusi 1080P @60fps/30fps, 720P@60fps/30fps.

Tidak cuma jago dalam merekam video berresolusi, kehandalan OPPO Reno2 dalam membuat konten video juga karena sudah didukung berbagai fitur yang canggih. Fitur tersebut antara lain yaitu Ultra Steady Video dan Video Bokeh.

Dengan fitur Ultra Steady Video memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video dengan tampilan yang stabil, meskipun saat merekam dalam kondisi bergerak, seperti berjalan, berlari, maupun sedang dalam kendaraan.

Kemampuan ini karena OPPO Reno2 sudah didukung fitur 800Hz Gyroscope, Optical Image Stabilization (OIS) + Electronic Image Stabilization (EIS) Anti Shake. Fitur Ultra Steady Video akan sangat berguna bagi content creator atau pengguna umum lainnya saat merekam video. Karena mereka tidak perlu lagi menggunakan peralatan tambahan, seperti gimbal misalnya.

OPPO Reno2 yang sudah berkemampuan merekam video bokeh. Ini berkat adanya fitur Video Bokeh yang yang memungkinkan menghasilkan video dengan efek blur di bagian latar belakang objek yang difokuskan.

Fitur Video Bokeh di OPPO Reno2 ini didukung hardware NPU (Neural Processing Unit) yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sehingga membuat OPPO Reno2 dapat menentukan objek video mana yang akan difokuskan dan mana latar yang akan dibuat blur.

Ada juga fitur menarik lainnya, yaitu Video Dynamic Zoom. Dengan fitur ini saat sedang merekam video dan melakukan zoom ke objek tertentu, maka suara dari objek tersebut juga akan terrekam lebih jelas.

Yang juga membuat OPPO Reno2 bisa diandalkan untuk membuat konten video keren, yaitu karena sudah dibekali dengan aplikasi video editor bawaan. Ini membuat pengguna tidak perlu lagi untuk menginstall aplikasi video editor dari Play Store. Aplikasi video editor bawaan yang ada di OPPO Reno2 ini yaitu SOLOOP. Kelebihan aplikasi ini yaitu bisa digunakan untuk mengedit video dengan mudah, bahkan untuk pengguna awam sekalipun. Apalagi aplikasi ini juga sudah dilengkapi fasilitas lengkap, mulai dari template, musik, transisi, maupun efek.

Fasilitas imaging Reno2 sudah memilliki fitur Portrait Mode 2.0 serta Ultra Steady untuk mengambil foto dan video lebih baik. Tak ketinggalan Ultra Dark untuk foto di kondisi minim cahaya.