GadgetSquad.ID – Pandemi Covid-19 tidak membuat langkah banyak pihak, berhenti berkreasi untuk memberi dampak positif kepada khalayak ramai. Hal ini setidaknya tercermin dari pergerakan Kementerian Perekonomian dan Keuangan Korea Selatan.

Yup, kedua lembaga tinggi negara itu melakukan kolaborasi mengelar Forum Ekonomi Digital 2020 (DEF2020). Digelar untuk ketiga kalinya, acara yang digagas bersama Forum Startup Korea tersebut, pemerintah Korsel berharap bisa mendorong inovasi pasca-pandemi.

Nantinya, hal tersebut secara khusus dibahas dalam diskusi bertajuk “Post-Corona Digital Economy – Accelerating Digital Transformation for Genuine Innovation”.

Hong Nam-Ki, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Ekonomi dan Keuangan Korea Selatan, menuturkan pihaknya, berencana untuk secara aktif merespons perubahan ekonomi dan sosial di era pasca-virus Corona melalui ‘Kesepakatan Baru Korea’ yang mencakup Digital New Deal.

“Saya berharap forum ini dapat menjadi kesempatan untuk berdialog secara mendalam dan memulai diskusi kebijakan tentang arah ekonomi digital ke depan setelah pandemi Covid-19,” terangnya.

Forum Ekonomi Digital akan diisi beberapa sesi, termasuk Keynote Speech, diskusi panel dan presentasi kasus para startup inovatif mengenai Kebijakan Transformasi Digital, Media dan Hiburan, Kerja dan Pekerjaan, serta layanan kesehatan.

Kementerian sengaja membahas tema tersebut karena banyak menjadi perhatian saat ini dan juga perubahan cepat usai era virus Corona. Lebih dari 20 pemimpin opini dan ahli global akan menjadi pembicara dalam forum tersebut.

Pembicara utama pertama adalah Peter Diamandis, seorang inovator dan pengusaha, yang mendirikan XPrize Foundation dan Singularity UNiversity. Dia akan mempresentasikan “Ekonomi Digital Pasca-Corona – Mengakselerasi Transformasi Digital demi Inovasi yang Sesungguhnya.”

Pembicara utama lainnya adalah Andrew Wyckoff, Direktur Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi di Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Sementara itu, Seunggun Lee, Ketua Forum Startup Korea, bercerita saat ini lingkungan ekonomi global berubah secara liar dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya karena pandemi Covid-19.

“Sekaranglah waktunya bagi para ahli ekonomi digital dengan berbagai perspektif untuk menggabungkan kebijaksanaan kolektif. Forum ini akan menjadi panggung di mana kita dapat meninjau perubahan dalam kehidupan dan industri di era transformasi digital, dan menemukan wawasan yang dapat mempercepat inovasi,” kata Lee

Sementara itu, pada sesi pertama mengenai Kebijakan dan Transformasi Digital, para pembicara akan memaparkan perubahan-perubahan pada ekosistem ekonomi digital dan tren transformasi digital setelah pandemi dan membahas lebih detail tentang arah ekonomi digital dan kebijakan “new deal”, yang baru-baru ini diumumkan pemerintah Korea.

Sesi kedua mengangkat tema “Masa depan hiburan dan media baru”. Adapun sesi 3 akan membahas perubahan yang disebabkan perkembangan teknologi, khususnya yang menyangkut pekerjaan, seperti cara baru untuk bekerja dan berkolaborasi antara manusia dan robot.

Sesi terakhir tak kalah penting karena membahas perubahan dan outlook industri kesehatan setelah pandemi virus Corona berakhir.

DEF2020 akan disiarkan secara langsung pada 11 September. Jika berminat, Anda bisa mengikutinya secara gratis. Selengkapnya di https://def.or.kr/english/