GadgetSquad.id – LinkedIn merilis daftar Top 10 Startup 2023 di Indonesia sebagai peringkat tahunan startup nasional rujukan para profesional untuk berkarir. Daftar Top Startups ini diharapkan dapat membantu para profesional menemukan startup baru di berbagai industri, dan membekali mereka dengan informasi yang perlu diketahui sebelum melamar pekerjaan selanjutnya. 

Top 10 Startup 2023 di Indonesia Menurut Linkedin (1)

Top 10 Startup 2023 di Indonesia

Penyusunan daftar ini merujuk pada data di Linkedin dari 10 startup tersebut, meliputi pertumbuhan karyawan, minat pencari kerja, keterlibatan anggota dalam perusahaan  serta seberapa baik kinerja para startups ini menggaet talenta dari daftar LinkedIn Top Companies. Daftar tahun ini terdiri dari perusahaan teknologi di berbagai industri, mulai dari agritech hingga e-commerce.

Berikut adalah daftar lengkap LinkedIn Top Startups 2023 di Indonesia:

LinkedIn Top Startups 2023 di Indonesia
1DELOSstartup akuakultur pada bisnis tambak udang
2MySkillstartup penyedia pelatihan dan pembinaan profesional secara daring
3Evermosplatform penghubung resellers-to-brands ke konsumen.
4Populixplatform layanan riset 
5Prixa.aiplatform manajemen kesehatan berbasis big data dan AI
6Aplikasi Super-YC W18 – menghubungkan pemasok besar dengan agen dan toko
7Kargo Technologiesplatform jasa angkut truk B2B
8Sinbad – layanan pemesanan produk langsung dari produsen dan distributor 
9Chickin Indonesia – manajemen ternak ayam berbasis IoT
10Otoklix – bantu pemasaran layanan ribuan bengkel mobil independen

 

Daftar LinkedIn Top 10 Startup tahun ini terdiri dari dua perusahaan agritech, bahkan salah satunya menduduki peringkat teratas. DELOS (#1), startup akuakultur yang mengedepankan ilmu pertanian berkelanjutan dalam pembudidayaan tambak udang di tingkat nasional, muncul sebagai pelopor perusahaan muda yang memberikan peluang pertumbuhan karir bagi para profesional di Indonesia.

Sedangkan, Chickin Indonesia (#9) menggunakan teknologi pertanian Internet of Things (IoT) untuk mengoptimalkan manajemen peralatan dan kondisi hidup ternak.

Baca juga : 12 Startup Siap Ciptakan Perubahan di Gelaran Telkomsel NextDev Academy 2023!!

Sektor e-commerce juga banyak ditemui dalam daftar Top Startups Indonesia tahun iniStartup e-commerce yang masuk ke dalam daftar LinkedIn adalah Evermos (#3) yang membantu para resellers dengan layanan berbasis syari’ah dan terjamin halal, serta Aplikasi Super (#6) dan Sinbad (#8) yang menawarkan produk dan solusi di bidang daring untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Startup yang masuk dalam daftar LinkedIn 2023 juga bergerak di sektor business-to-business (B2B) antara lain Kargo Technologies (#7), yang mengoptimalkan rantai pasokan untuk perusahaan, serta Otoklix (#10) yang menghubungkan pemilik kendaraan dengan bengkel mobil independen di Indonesia.

Untuk bidang pendidikan dan kesehatan, ada perusahaan edutech MySkill (#2) menyediakan platform pembelajaran online yang memungkinkan para profesional untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru di mana saja. Sementara Populix (#4) membantu bisnis melakukan riset pasar. Prixa.ai (#5), yang berada di urutan ke-5 dalam daftar, menawarkan otomatisasi manajemen kesehatan untuk karyawan perusahaan.