GadgetSquad.id – XL Axiata berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan trafik data dan internet pelanggannya sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Dari monitoring antara 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 (periode Natal dan Tahun Baru), rata-rata trafik  layanan pada meningkat sebesar 8% dibandingkan hari normal dan 29% dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru 2022. Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50% dibandingkan kondisi hari normal.
XL Axiata Siapkan Jaringan 5G dan 4G Untuk KTT G20 Bali (1)
Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 2% dan SMS sebesar 5% dibandingkan hari biasa.
Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan : ”XL Axiata bersyukur selama  periode liburan tersebut jaringan kami tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif.”
Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Meski tak ada pembatasan perjalanan lagi, trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 8% dibandingkan hari normal. Kota dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Garut, naik 29%, lalu Kabupaten Cianjur, naik 26%, Kabupaten Bogor, 24%.
Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY dengan kenaikan hingga 22%, selanjutnya provinsi Bali, NTT, NTB sebesar 21% dan berikutnya propinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah 19%. Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Bali, trafik data naik hingga 21% dibandingkan hari normal. Di alun alun Solo naik hingga 90%, Lombok naik 25%.
Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 300 ribu pelanggan. Negara yang paling banyak dikunjungi Malaysia, Kamboja dan Singapura.

Layanan Yang Diakses Pelanggan XL Axiata

Dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari layanan streaming, disusul File access, Game serta web browsing. Untuk trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 25% dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 35% dan web browsing sebesar 30%.
Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 9% dari hari normal, Twitter 6%, Instagram 19%. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 24%, Tiktok 22%. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 39% dan Telegram 737%.
Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify naik 3%, Joox naik 2%. Untuk gim, trafik tertinggi ada pada Mobile Legends sebesar 35% dari hari normal. Lalu Free Fire, naik 78%. Pada layanan streaming film, trafik ke Netflix naik 70% dibandingkan hari normal, Disney+ 36%, Vidio 5%, WeTV 55%, dan Amazon Prime Video 61%. Dan seperti biasanya selama masa libur Panjang, trafik ke layanan peta juga meningkat. Google Maps meningkat sebesar 42%, Waze GPS meningkat sebesar 40% dan Apple Map sebesar 21%.