Uji Akses Internet Untuk Ibadah Ramadhan dan Silaturahmi Online Saat #DiRumahAja

GadgetSquad.id – Ramadhan kali ini harus dijalani dengan cara berbeda akibat wabah Covid-19. Berbagai kegiatan ibadah harus dilakukan di rumah saja. Termasuk menjalin silaturahmi dengan kerabat dan sanak saudara harus dilakukan secara online dari jarak jauh, yaitu dengan mengandalkan layanan online salah satunya via akses internet XL. Namun begitu hal tersebut tidak mengurangi kekhusyukan dalam menjalani berbagai kegiatan selama bulan suci Ramadhan ini.

akses internet XL

Meski beragai aktivitas harus dilakukan di rumah saja dan secara online, tetap bisa berjalan dengan lancer. Salah satunya karena adanya dukungan jaringan internet yang terbilang kencang dan stabil. Hal ini yang setidaknya kami rasakan ketika mengakses berbagai konten ibadah secara online menggunakan akses internet XL Axiata, termasuk saat melakukan video call dan ikut join video conference.

Baca juga : XL Axiata Perpanjang Gratis Kuota Internet 2GB/Hari

Sebagai informasi, akses internet yang kami gunakan yaitu akses dari modem XL Go. Di mana penggunaannya yang terbilang simple. Cukup melakukan isi ulang, maka akan langsung dikonversi menjadi kuota internet. Kami melakukan isi ulang Rp 50 ribu, langsung dikonversi menjadi kuota 10 GB berlaku 30 hari.

akses internet XL 2

Ok, akses internet sudah siap. Tapi penasaran nih, berapa sih kecepatan internet yang didapatkan. Kami pun mencoba melakukan pengetesan dengan menggunakan aplikasi SpeedTest. Pengetesan dilakukan pada pagi hari sekitar jam10.00 WIB. Ternyata didapatkan hasil data kecepatan sebesar 16,1 Mbps (download) dan 11,3 Mbps (upload).

Selanjutnya kami mencoba untuk mengaskes konten video YouTube untuk menonton kajian online. Dan ternyata video kajian online ini bisa dinikmati dengan lancer tanpa nge-lag, bahkan dalam pilihan resolusi video HD.  Begitu pula saat join dengan program kajian online melalui aplikasi Zoom pada saat menjelang berbuka puasa, juga berjalan dengan mulus.

Kami juga mencoba untuk melakukan video call dengan teman dan keluarga di malam hari untuk sekedar menanyakan kabar dan berbincang sebentar. Ternyata akses internet XL Axiata masih mampu mendukung aktivitas tersebut dengan baik. Tampilan video call terlihat bagus tanpa ada gangguan jeda, dengan suara dan gerakan video saat video call terlihat lancar.

akses internet XL

Oiya, penggunakan akses internet melalui modem XL Go ini juga kami andalkan untuk akses internet bagi anggota keluarga lainnya dalam satu rumah, alias dipakai berbarengan. Dan semuanya merasakan aktivitas online yang dilakukan seperti akses YouTube, Instagram, browsing, dan lainnya, terasa berjalan mulus.

Kami pun penasaran dengan kecepatan akses internet dari modem XL Go ini kenapa bisa mendukung berbagai aktivitas online dengan mulus. Setelah sebelumnya melakukan test, kami pun melakukan test kecepatan akses internet lagi. Dan didapatkan kecepatan yang memuaskan. Dimana tes akses internet kali ini didapatkan kecepatan 23,6 Mbps (download) dan 19,8 Mbps (upload).