Ulang Tahun Pertama, ASIOTI Akan Terus Kampanyekan Pentingnya IoT

GadgetSquad.ID – Tidak terasa Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI), sudah genap satu tahun berdiri. Selama satu tahun berdiri, ASIOTI terus berupaya meyakinkan industri dan pelaku usaha mengenai pentingnya menerapkan IoT.

Hal di atas diungkapkan langsung oleh Teguh Prasetya, Ketua Umum ASIOTI, dalam sambutannya di ajang talk show ” Internet of Things Experience” yang merupakan salah satu rangkaian peringatan ulang tahun ASIOTI.

Menurut Teguh, penerapan IoT bisa membantu mengurangi cost sekaligus menambah efisiensi organisasi.

“Bukan cuma korporat saja, pemerintah juga bisa mendapatkan manfaat IoT untuk memangkas cost operasional pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” ujarnya.

Sementara itu, Ismail, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, menyampaikan pentingnya mengedukasi pasar badan usaha tentang pemanfaatan IoT.

Di tahun 2020, menurutnya pemain IoT perlu gencar melakukan blusukan ke badan usaha. “Jika IoT diimplementasikan dan tepat sasaran untuk menyelesaikan masalah, maka badan usaha dapat melakukan penghematan signifikan,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Muhamad Jumadi, Wakil Wali Kota Tegal, mengungkapkan penerapan IoT sangat membantu pihaknya dalam mewujudkan Tegal Smart City.

Dengan aplikasi tersebut, pendudukan tidak perlu datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mengurus dokumen kependudukannya. Cukup lewat smartphone, dokumen akan diantar ke rumah warga,” ujarnya.