Setelah merilis teaser di sosial media, Xiaomi akhirnya merilis perangkat barunya yang berada di segmen entry-level yakni, Redmi 10C. Sebagai suksesor dari Redmi 10C, smartphone ini menawarkan fitur terbaik di kelasnya sebagai solusi bagi kebutuhan gaya hidup digital konsumen Indonesia. Dalam kesempatan yang sama, kami pun berkesempatan untuk mencicipi pengalaman menggunakan Redmi 10C melalui hands-on yang diadakan di salah satu Coffee Shop di daerah Jakarta Pusat (8/3/2023). Berikut ini ulasan singkat kami. 

Paket Penjualan

Dari segi kemasan Redmi 12C mengusung desain yang sama dengan seri Redmi lainnya yang didominasi warna hijau putih. Sedangkan di bagian belakang tertera tentang info nilai jual utama perangkat. Untuk paket penjualan, Redmi 12C sudah dijual dengan aksesoris pendukung standar seperti kabel charger, kepala charge, casing, panduan penggunaan, serta SIM ejector.

Hands On

Kesan pertama kami ketika menggenggam perangkat ini sangat nyaman digunakan dengan satu tangan dalam waktu yang lama. Redmi 10C memiliki bobot yang cukup ringan yakni, 192 gram dan ketebalan 8,8 mm.

Redmi 12C menawarkan desain yang menurut kami tidak terasa seperti hp dengan harga terjangkau. Desain pada cover bagian belakang semakin segar berkat corak dan dua sentuhan warna yang stylish hitam dan biru. Tak hanya itu, saat bagian belakang terpapar cahaya memberikan kesan elegan dan mewah, dan tidak terasa seperti ponsel entry level.

Di sisi kanan ponsel, terdapat dua buah tombol untuk daya dan volume. Sementara, sisi kiri dihuni oleh laci SIM Card, berbagai macam jenis port bisa ditemukan dibagian bawah perangkat, termasuk girl speaker, konektor Micro USB 2.0 dan microphone, Sedangkan port jack audio 3.55 mm terletak dibagian atas layar.

Beralih pada sektor layar, Redmi 12C memiliki ukuran 6,71 inci dengan resolusi HD+ Dot Drop Display (1650 x 720 piksel). Pada bagian atas layar, ponsel ini memiliki desain poni waterdrop sebagai penempatan kamera selfie dengan resolusi 5M. Sedangkan kamera bagian belakang dihuni dengan dua lensa yang terdiri dari Kamera utama 50MP (f/1.8) dan Auxiliary Lens.

Dapur pacu Redmi 12C dibekali dengan prosesor MediaTek Helio G85, hingga 2.0GHz. Smartphone ini hadir dengan tiga besaran varian RAM dan storage yang berbeda, Mulai dari 3GB/32GB, 4GB/64GB dan varian tertinggi 4GB/128GB. Sedangkan untuk sistem operasinya Redmi 12C berjalan dengan OS MIUI 13, Android 12. Walaupun ada di kelas entry level, Xiaomi tetap memberikan kapasitas daya besar untuk daya tahan hidupnya yakni, 5.000mAh, fast charging 10 Watt

Harga & Ketersediaan

Bagi anda yang tertarik dengan smartphone entry-level terbaru dari Xiaomi ini sudah tersedia di Indonesia dengan tiga varian RAM dan kapasitas penyimpanan yang berbeda. Untuk Redmi 12C dengan varian terendah (3GB + 32GB) dibanderol dengan harga Rp 1.399.000, sedangkan varian (4GB + 64GB) di jual dengan harga Rp 1.599.000 dan terakhir varian (4GB + 128GB) dibanderol dengan harga Rp 1.799.000.