ViewSonic V55, Bakal Jadi Smartphone Pertama di Dunia dengan Sensor Iris Mata

ViewSonic-v55

gadgetsquad.id – ViewSonic siap membuat gempar dunia per-smartphone-an. Vendor yang pernah masuk pasar tablet dengan ViewPad-nya itu, dikabarkan memiliki senjata baru berupa smartphone ViewSonic V55. Tak tanggung-tangung smartphone ini, seperti dikabarkan GizMochina akan dikemas dengan teknologi indentifikasi biometrik melalui pola iris mata pengguna.

Sama seperti sidik jari, pola iris mata merupakan sesuatu yang unik dan berbeda pada setiap orang. Dengan begitu, teknologi identifikasi ini dinilai sangat aman lantaran dengan teknologi ini hanya pemilik perangkat yang telah terekam pola iris matanya yang dapat membuka dan mengakses informasi dari smartphone.

Pada ViewSonic V55 scanner iris mata terdapat pada pojok kanan bagian atas smartphone. Tak seperti sensor sidik jari yang selalu terekspor, scanner iris mata akan tersembunyi dari pandangan. Ketika pengguna ingin meng-unlock ponsel, mereka dapat melakukannya dengan menggeser pemindai kecil yang tersembunyi. Ketika digeser, lampu akan menyala yang menunjukkan bahwa scanner iris mata telah diaktifkan.

Selain berguna untuk meng-unlock ponsel, scanner iris ini juga bermanfaat untuk melindungi berbagai file dan folder dalam perangkat. Scanner bisa untuk mengamankan file-file dalam smartphone, bahkan jika pihak ketiga telah membuka ponsel tersebut.

Sebagai sebuah smartphone ViewSonic V55 tentu tak datang hanya dengan mengusung fitur scanner iris mata saja, spesifikasi lain juga ikut tercakup di dalamnya. Dan menariknya, smartphone ini juga datang dengan spesifikasi yang tak kalah apik.

Yep, ViewSonic V55 bakal dikemas dengan layar 5.5 inchi OGS beresolusi 1920 x 1080 piksel, prosesor 64-bit quad-core 1.4GHz Snapdragon 410, RAM 2GB, GPU Adreno 306, dan pilihan memori internal 16GB atau 32GB.

Untuk fotografi, smartphone ini mengandalkan sensor kamera belakang 13MP buatan Sony. ViewSonic sejatinya menurut kabar akan diluncurkan akhir tahun 2014. Namun, mengingat saat ini sudah masuk tahun 2015, kami berharap jika smartphone berjaringan 4G LTE itu akan dirilis pada bulan Januari ini. Apakah smartphone ini juga akan meramaikan ajang CES 2015? Kita lihat saja. [Joe]