GadgetSquad.id – Awal tahun ini, sebuah desas-desus menunjukkan bahwa kemitraan Huawei-Leica telah berakhir dan merek fotografi sedang mencari mitra jangka panjang lainnya. Rumor awal menunjuk Honor, tapi kini Xiaomi tampaknya akan menjadi mitra selanjutnya dari Leica.

Menurut Digital Chat Station di Weibo, Leica telah mencapai kesepakatan dengan Xiaomi sehingga Xiaomi 12 Ultra yang akan datang akan memiliki merek Leica pada lensa kameranya. Smartphone ini diharapkan tiba sekitar kuartal pertama (Q1) 2022, sedikit lebih lambat dari seri standar Xiaomi 12. 

Tidak jelas pada titik ini kontribusi apa yang akan diberikan Leica pada pengaturan kamera, tapi setidaknya dapat diharapkan kemungkinan akan emmiliki beberapa filter warna dan masukan mengenai pemrosesan secara keseluruhan.

Menurut sumber yang sama, varian standar Xiaomi 12 akan menjadi yang pertama dijual, mungkin pada Desember, dan varian Pro dan Ultra akan segera menyusul. Pola rilis serupa juga terlihat dengan model andalan generasi saat ini, dengan peluncuran Xiaomi Mi 11 pada Januari tahun ini dan Mi 11 Ultra menyusul beberapa bulan kemudian pada April.

Xiaomi 12, sebagai ponsel top-of-the-line, jelas akan mengemas spesifikasi untuk memenuhi tag andalannya. Dengan demikian, diketahui ponsel akan ditenagai prosesor Snapdragon 898 dari Qualcomm yang akan datang. Rumor mengatakan bahwa ponsel ini sebenarnya akan menjadi yang pertama menampilkan chip tersebut, seperti dilaporkan Gizmochina.

Snapdragon 898 akan menggunakan proses manufaktur Samsung 4nm dan akan mempekerjakan CPU octa-core terdiri dari inti utama berbasis Cortex-X2 clock 3,0 GHz bersama dengan core berbasis kinerja Cortex-A710 3x berjalan pada 2,5 GHz. CPU akan dipasangkan dengan GPU Adreno 730 untuk menangani beban kerja grafis yang intensif. 

Xiaomi 12 diharapkan memiliki layar melengkung dan lubang punch sejajar di tengah untuk menampung kamera selfie. Kamera belakang utamanya dikenal sebagai sensor Samsung ISOCELL HP1 dengan resolusi 50 MP.