GadgetSquad.id – Pada acara peluncuran Mi MIX 4, Xiaomi juga meluncurkan MIUI 12.5 Enhanced Edition. Selama acara perusahaan mengatakan bahwa MIUI versi baru tidak menghadirkan fitur apa pun dan hanya berfokus pada pengoptimalan. Ternyata perusahaan itu diam-diam mengenalkan sistem widget mirip iOS baru. 

Xiaomi sedang menguji sistem widget baru yang terinspirasi iOS di Cina. Menurut Xiaomiui (1, 2, 3), fitur baru diaktifkan melalui versi beta terbaru dari App Vault (V5.0.56) dan Galeri MIUI (V2.2.21). Saat ini, versi aplikasi ini hanya dapat diinstal pada perangkat dengan MIUI beta build berbasis Android 11.

Ini berarti meskipun fitur tersebut tampaknya menjadi bagian dari MIUI 12.5 Enhanced Edition, itu juga dapat dialami oleh pengguna dengan perangkat yang menjalankan perangkat lunak MIUI 12.5 beta biasa juga. Namun, mereka harus mendaftar untuk program pengujian yang pendaftarannya berakhir pada 27 Agustus. 

Menurut pengumuman resmi, pengguna sekarang dapat menempatkan widget dengan ukuran 2×2, 4×2, 4×4, dan 2×3 di layar beranda. Widget Store baru telah ditambahkan di mana pengguna dapat menarik dan melepas widget pilihan mereka di mana saja di layar.

Pembuat smartphone juga telah memngenalkan widget aplikasi sistem baru untuk memanfaatkan fitur baru. Widget kembali muncul setelah Apple memperkenalkannya di iOS 14. Bahkan Google telah mengubah sistem widget inti Android dengan Android 12.