GadgetSquad.id – Sementara sibuk di belakang layar menyiapkan smartphone andalan berikutnya, Xiaomi telah secara terbuka menghadirkan solusi pendinginan canggih baru. Bisa dibilang, flagships seperti Mi 11 Ultra sudah membutuhkan metode pendinginan yang lebih baik, sebagian besar karena seberapa panas Snapdragon 888 berjalan dibandingkan dengan Snapdragon 865 dan Snapdragon 865 Plus.

Teknologi Loop LiquidCool tidak akan tersedia tahun ini, smartphone pertama akan tiba pada paruh kedua tahun 2022. Dalam posting blog dan video YouTube yang menyertainya, Xiaomi menjelaskan bahwa Teknologi Loop LiquidCool mengurangi suhu puncak di MIX 4 sekitar 10 persen—MIX 4 bergantung pada Snapdragon 888.

Intinya, Teknologi Loop LiquidCool adalah ruang uap, tapi yang telah dioptimalkan Xiaomi dengan ‘struktur katup Tesla’. Xiaomi menjelaskan bahwa Loop LiquidCool berisi evaporator, kondensor, ruang isi ulang, bersama dengan pipa gas dan cairan untuk mendistribusikan panas, demikian dikutip Notebookcheck.

Seharusnya, menggunakan saluran terpisah untuk gas dan cairan mengurangi hambatan udara sebesar 30 persen dan kapasitas perpindahan panas hingga 100 persen. Xiaomi belum mengonfirmasi perangkat mana saja yang akan menggunakan Teknologi Loop LiquidCool.

Namun, seri Xiaomi 12 diharapkan tiba awal tahun depan, sehingga bisa diharapkan tiga modelnya, Xiaomi 12, Xiaomi 12 Pro atau Xiaomi 12 Ultra, akan datang dengan teknologi tersebut. Perangkat MIX atau seri T masa depan juga bisa menjadi kandidat yang baik.