Ini Strategi XL Axiata, Jika Mudik Lebaran 2020 Dilarang Gara-gara Virus Corona

GadgetSquad.ID – Wabah virus Corona kemungkinan besar, akan berdampak pada tradisi mudik lebaran. Skenario terburuk, kemungkinan mudik lebaran 2020 akan dilarang oleh pemerintah, jika wabah Corona belum mereda di Tanah Air.

Terkait kondisi di atas, XL Axiata mengklaim telah melakukan persiapan, menghadapi skenario terburuk perihal kemungkinan adanya larangan mudik Lebaran 2020.

Diungkapkan oleh Plt Chief Technology Officer I Gede Darmayusa, XL Axiata sudah siap mengantisipasi kondisi jaringan saat Idul Fitri 2020 yang berbeda ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

“Jika pemerintah memperpanjang situasi darurat hingga 21 Mei mendatang, kemungkinan tidak ada tradisi mudik. Jadi yang tadinya kami rencanakan kapasitas ditambah untuk daerah-daerah tersebut, kami ubah,” tuturnya.

Gede menyebut, dari sisi radio, memprioritasikan penambahan jaringan di daerah tujuan mudik merupakan hal yang mudah diatur.

“Kami sudah tahu pengguna XL paling banyak mudik ke mana, tapi kalau untuk kasus virus corona ini berbeda. Polanya orang tinggal di rumah sehari-hari, oleh karenanya, kami di XL sangat berhati-hati juga dalam membuatmodeling traffic projection-nya,” ujar Gede.

Tak lupa, XL juga menyiapkan tim skeleton atau tim gugus tugas yang tiap hari bertugas memantau dan mengambil keputusan taktis terkait dengan jaringan XL.