XL Bakal Lebih Mudah Pantau Kualitas Layanan, Apa Rahasianya?

GadgetSquad.ID – Operator seluler XL Axiata (XL), dipastikan akan semakin mudah memantau kualitas layananannya. Yup demi memberi pelayanan terbaik bagi pelanggan setianya, XL telah mendirikan pusat monitoring layanan dan cek kondisi jaringan.

Fasilitas ini XL Axiata namakan Customer Experience & Service Operation Center (CE & SOC), dan bertempat di lantai dua kantor pusat XL Axiata di Jakarta. Melalui pusat ini, XL Axiata mengklaim, akan memiliki visibilitas yang lebih baik dan spesifik dalam memastikan kualitas layanan, seperti jaringan koneksi untuk game, media sosial, streaming musik/video, broadband perumahan dan bergerak, serta bisnis enterprise.

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini menjelaskan, pusat monitoring baru ini akan memudahkan perusahaan dalam memantau dinamika layanan terkait semakin berkembangnya layanan data atau internet, termasuk perilaku penggunaan layanan oleh pelanggan.

“Saat ini pelanggan kami terus tumbuh, demikian juga dengan trafik pemakaian, terutama untuk layanan data. Sekitar 79 persen dari total pelanggan merupakan penguna data,” tuturnya.

Tempat ini dibangun, untuk memastikan semua pelanggan mendapatkan layanan terbaik, kami membutuhkan suatu pusat komando yang mampu memonitor secara terus menerus kondisi layanan secara menyeluruh,” imbuhnya

Dian menambahkan, dengan adanya pusat monitoring ini, XL Axiata menjamin respons mereka terhadap semua keluhan pelanggan terkait kualitas jaringan akan semakin cepat dan lebih baik. “Jika dulu tidak terpusat, karena tersebar di beberapa titik, akan memakan waktu lama untuk menyelesaikan keluhan pelanggan. Dengan adanya ini akan semakin cepat,” ungkap Dian.

Di ruang CE & SOC ini juga bisa melakukan pemantauan kondisi jaringan XL Axiata secara real-time di seluruh wilayah layanan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Kegiatan pemantauan dilakukan oleh tim siaga setiap hari selama 24 jam atau 7 hari dalam sepekan, guna memastikan XL Axiata dapat memberikan layanan terbaik bagi lebih dari 52 juta pelanggan mereka di seluruh Indonesia.

Yang menarik dari pusat pelayanan tersebut, XL nampak jelas berusaha membuat nyaman pegawainya yang bertugas CE & SOC. Operator yang identik dengan warna biru itu, membangun suasana kerja yang nyaman dengan menambahkan berbagai prasarana pendukung.

Di dalam CE & SOC, terdapat sebuah area untuk bersantai bagi para karyawan. Mereka bisa melepas penat dengan beberapa permainan, salah satunya konsol video game. Bahkan kabarnya juga tersedia juga tempat tidur untuk sekedar melepas rasa lelah sejenak.