Ini Dia Keunggulan dan Kekurangan Samsung Z2

samsung z2
samsung z2

gadgetsquad.id.com –Samsung baru saja meluncurkan Samsung Z2. Smartphone yang dibanderol dengan harga terbilang murah. Sebelum buru-buru mau beli ini smartphone, ada baiknya simak plus minus Samsung Z2 terlebih dahulu

 

Plus (kelebihan) :

 

  • Harga Murah

Samsung Z2 menyasar segmen smartphone low end, di mana harga yang dibanderol sebesar Rp 899.000. Di level ini sudah banyak juga smartphone dengan harga yang tidak berjauhan.

 

  • Suport 4G

Hadir di era 4G, Samsung Z2 pun sudah bisa digunakan untuk mengakses 4G LTE. Bahkan menurut sejumlah pedagang di pusat penjualan ponsel, banyak calon pembeli yang mencari Samsung Z2 karena selain harga murah juga karena kemampuannya untuk akses 4G.

 

  • Bisa Untuk 4G Semua Operator

Sebagai smartphone 4G, Samsung Z2 mendukung 5 band, yakni LTE band 1, 3, 5, 8, dan 40, dengan kecepatan data LTE Cat4 150/50 Mbps. Ini maksudnya Samsung Z2 bisa digunakan untuk mengakses layanan 4G LTE miliki semua operator yang ada di Indonesia (Telkomsel, XL, Indosat, 3, Smartfren, Bolt). Tentu juga bisa untuk operator 4G di negara lain yang frekuensinya sesuai. Selain 4G LTE, Samsung Z2 juga support jaringan GSM dan HSPA.

 

  • Aplikasi Ribuan

Seperti halnya OS lainnya, Tizen juga menyediakan toko aplikasi. Meski belum sebanyak Android dan iOS, aplikasi yang tersedia di Tizen Store sudah mencapai 6500 aplikasi, termasuk Whatsapp, Facebook, dan Instagram

 

  • Game

Untuk aplikasi game, Samsung Z2 bisa memainkan game Plant Vs Zombie, Asphalt 8 besutan Gameloft, Drag Racing, Real Football, dan The Speed Ninja.

 

  • Aplikasi Kantoran

Meski menyasar segmen low end, namun Samsung Z2 juga menyediakan beberapa aplikasi perkantoran. Seperti aplikasi My Pocket Office untuk mengolah Dokumen, Excel, sampai Powerpoint. Sedangkan aplikasi popular lain yang tersedia termasuk Opera Mini, UC Browser, dan MX Player.

 

  • Fitur Khas

Untuk menambah daya tarik, Samsung ternyata membenamkan beberapa aplikasi menarik khas Samsung di seri Samsung Z2 ini. Seperti Ultra Power Saving (untuk menghemat daya baterai), Ultra Data Saving (menghemat kuota internet) dan S Bike modes (untuk aktifitas saat berkendara).

 

——–

 Minus (kekurangan) :

 

  • Bukan Android

Meski tergolong smartphone, namun sistem operasi (OS) yang diadopsi Samsung Z2 bukanlah Android seperti kebanyakan smartphone saat ini. Samsung Z2 mengadopsi OS Tizen yang merupakan OS buatan Samsung sendiri. Samsung Z2 menjalankan sistem operasi Tizen versi 2.4.

 

  • Spesifikasi Biasa

Karena dengan harga terjangkau, spesifikasi yang dibawa Samsung Z2 juga terbilang standar. Layar sentuhnya berukuran 4.0 inci dengan resolusi 480×800 piksel dan jenis TFT display. Untuk performa, Samsung Z2 dibekali prosesor 1,5 GHz quad-core, RAM 1GB dan storage internal 8GB. Di sektor kamera, Samsung Z2 memiliki sensor 5MP di bagian belakang dan VGA di bagian depan.

 

 

  • Tidak support BBM dan Path

Meski sudah tersedia berbagai aplikasi, namun ternyata Tizen belum menyediakan aplikasi BBM dan Path. Ketika dikonfirmasi, Samsung Indonesia belum bisa memberi jawaban mengenai kapan aplikasi BBM akan tersedia di Tizen Store. “Masih dalam proses,” ujar Samsung Indonesia.

 

Untuk bertukar pesan singkat, pemilik smartphone Samsung Z2 bisa menggunakan aplikasi lain. Kecuali BBM, Tizen Store mempunyai aplikasi messaging lain seperti Whatsapp, Line, sampai Facebook Messenger. Sementara untuk media sosial, Samsung Z2 bisa menginstal Facebook dan Instagram.

 

 

  • My Money Transfer

Samsung Z2 juga sudah dimasukan aplikasi My Money Transfer yang memungkinkan pengguna smartphone ini saling mentransfer uang dengan mudah. Namun konon ini hanya eksklusif untuk pasar India.