Xiaomi Mi 8 Resmi Dirilis dalam 3 Versi, Ini Harga, Spesifikasi dan Fitur Barunya !

xiaomi mi 8 GadgetSquad.id – Setelah menjadi rumor belakangan ini, akhirnya hape terbaru Xiaomi Mi 8 resmi diluncurkan di Shenzhen Tiongkok. smartphone Xiaomi ini  diluncurkan berbarengan dengan hari ulang tahun vendor ini yang ke-8.

Xiaomi Mi 8 hadir dengan tampilan desain yang mirip iPhone X, yang memang sedang menjadi tren belakangan ini. Ada 3 versi Xiaomi 8 yang dirilis. Antara lain yaitu Xiaomi Mi 8, Mi 8 Exporer Edition dan Mi 8 SE. Hadir sebagai hape terbaru, smartphone ini membawa beberapa fitur baru yang bisa dikatakan belum diusung hape lainnya. Apa Saja ?

Baca juga : 15 Fitur Jagoan Hp Xiaomi Redmi Note 5 Yang Perlu Diketahui

Prosesor Snapdragon 710 pertama

Seri Mi 8 SE dilengkapi dengan prosesor buatan Qualcomm terbaru yaitu Snapdragon 710. Dan seri hape ini menjadi yang pertama mengusung prosesor tersebut. Snapdragon 710 sendiri merupakan prosesor terbaru buatan Qualcomm untuk kelas menengah. Prosesor Octacore ini juga membawa teknologi Artificial Intelligence, sama dengan Snapdragon 845.

Bodi Belakang Transparan

Dari ketiga seri Mi 8 yang diluncurkan, ada satu seri yang didesain dengan tampilan bodi belakang transparan atau disebut Glass Back. Sehingga bagian onderdil dalam hape ini bisa terlihat. Hape tersebut yaitu Xiaomi Mi 8 Explorer Edition. Sebenarnya desain semacam ini sudah diusung oleh hape lainnya, yaitu pada hape HTC U12 Plus.

In-Display Fingerprint

Fitur ini sebenarnya juga sudah diusung oleh hape lain, diantaranya yaitu Vivo X21 dan Huawei Mate RS. Tapi tampaknya Xiaomi menjadi hape pertama yang diluncurkan dengan membawa fitur fingerprint di layar sentuh atau disebut juga In-Display Fingerprint dengan kemampuan pressure sensitive. Sehingga bisa membuka hape yang terkunci lebih cepat. Adalah seri Mi 8 Explorer Edition yang mengusung fitur In-Display Fingerprint ini

3D Face Unlock

Selain In-Display Fingerprint, Mi 8 Explorer Edition juga dilengkapi dengan fitur keamanan lainnya. Fitur tersebut yaitu 3D face unlock. Bahkan Xiaomi mengklaim menjadi yang pertama yang menghadirkan fitur ini. Cara kerja 3D face unlock, selain menggunakan kamera depan juga dibantu sinar Infrared untuk mengidentifikasi wajah pengguan secara 3D. Fitur ini juga digunakan untuk membuat konten animoji dengan tampilan wajah mirip wajah pengguna. Fitur ini mirip dengan yang ada di iPhone X dan Samsung Galaxy S9.

Studio Lightning

Seri Mi 8 mengusung dual camera di bodi belakang yang dilengkapi fitur Studio Lightning. Fitur ini berbasiskan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang bisa mendeteksi scene di sekitar objek foto. Selanjutnya fitur ini akan secara otomatis melakukan penyetingan kamera agar didapatkan hasil foto yang maksimal.

Mi 8 sendiri mengusung layar sentuh .21-inch AMOLED Full HD+. Layar ini memiliki aspect ratio 18.7:9 dan dengan ukuran 88.5 % screen-to-body ratio, sehingga memiliki bezel yang tipis atau berdesain bezzelless.

Mi 8 diperkuat prosesor Snapdragon 845, dan diperkuat 6 GB RAM dan memori internal hingga 256 GB. Untuk fitur kameranya, disediakan dual camera di bodi belakang dengan resolusi 12 Mpix + 12 Mpix. Untuk kamera depannya hanya ada satu kamera berresolusi 20 Mpix.

Mi 8 Explorer Edition membawa kelengkapan fitur dan spesifikasi yang mirip dengan Mi 8. Hanya saja seri yang satu ini dilengkapi beberapa fitur lain yang lebih canggih, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Untuk Mi 8 SE merupakan versi murah dari seri Mi 8. Hape ini memiliki dimensi yang lebih kecil dan kekuatan yang lebih rendah dari Mi 8.  Xiaomi Mi 8 SE hadir dengan layar berukuran 5,88 inchi tapi masih berteknologi AMOLED.

Kinerjanya didukung prosesor Snapdragon 710, yang mampu menghemat baterai 30% dibandingkan prosesor Snapdragon 660. Juga sudah dibekali dual camera di bodi  belakang tapi dengan resolusi 12 Mpix + 5 Mpix. Juga ada kamera depan berresolusi 20 Mpix.

Baca juga : Xiaomi Redmi S2 Rilis di Indonesia, Intip Spesifikasi dan Harganya

Harga

Nah, untuk harganya Xiaomi Mi 8 dijual seharga $421 atau sekitar Rp5,8 juta untuk varian 6GB RAM/64 GB memori internal. Ada juga varian Mi 8 dengan 6GB/256GB memori internal yang dijual $515 atau sekitar Rp7,1 jutaan.

Untuk Xiaomi Mi 8 Explorer Edition dibanderol dengan harga $577 atau sekitar Rp 8 juta. Dan untuk Xiaomi Mi 8 SE dijual seharga $280 atau sekitar Rp3,8 jutaan.