11 Smartphone Terbaru Yang Hadir di April 2017

3

Selama bulan April 2017 beberapa vendor merilis smartphone terbarunya. Bahkan juga ada muncul smartphone dari vendor baru , yang mencoba peruntungannya. Setidaknya ada 13 smartphone terbaru yang keluar di bulan April , antara lain yaitu :

 

Oppo F3 Plus

Seperti generasi F series sebelumnya, Oppo F3 Plus kembali mengusung menu selfie sebagai senjata andalannya. Kali ini kamera depan F3 Plus memiliki lensa ganda. Kamera selfie pertama memiliki sensor 1/3 inci 16MP dengan berbukaan F2.0.

 

Kamera selfie kedua, memiliki sensor 8MP dan lensa bersudut pandang lebar. Sudut pandangnya mencapai 120 derajat, dan diklaim 105% lebih luas dibandingkan kamera selfie ponsel lain yang ada di kisaran 80 derajat.

 

F3 Plus tertanam prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 652 berkecepatan 1,95 GHz dengan GPU Adreno 510. Chip tersebut dipasangkan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Spesifikasi selebihnya dari Oppo F3 Plus mencakup baterai 4.000 mAh dengan teknologi pengisian cepat VOOC dan sistem operasi Android 6.0 “Marshmallow” yang dilapis antarmuka Color OS 3.0 khas Oppo. Untuk harganya Oppo F3 Plus dijual seharga Rp 6,5 jutaan.

 

Lenovo P2 Turbo

Lenovo kembali mengharikan smartphone terbarunya yang dibekali ketahanan baterai lebih lama. Yaitu Lenovo P2 Turbo yang hadir dengan kapasitas baterai 5100Mah. Diklaim smartphone ini mampu bertahan selama tiga hari jika diisi dalam keadaan full. Juga ada Dukungan 24W rapid charger memungkinkan smartphone ini mampu bertahan selama 10 jam, meskipun pengisian dilakukan selama 15 menit.

 

Smartphone ini membawa layar full high definition Amoled 13,97cm dan ukuran layar 5,5inch. Lenovo P2 Turbo hadir dengan prosesor okta core, dengan 64 bit Qualcomm Snapdragon 625 2.0GHz serta a4GB RAM.  Sementara untuk OS, P2 Turbo menggunakan Android 6.0.1 Marshmallow, dan bisa di upgarde ke Android 7.0.

 

Untuk kamera, smartphone ini didukung kamera belakang 13 mega pixel dan kamera depan 5 mega pixel dengan teknologi Sony IMX258 dengan Exmor, RS yang memungkinkan pengguna merekam video full HD. Smartphone ini pun memiliki bodi yang tidak terlalu tebal dan besar yakni 153x76x8.3mm serta berat 177gram.

 

LG G6

LG G6 akhirnya datang ke Tanah Air. G6 merupakan smartphone flagship LG, selain sebagai suksesor LG G5 yang bisa dikatakan gagal di pasaran.

 

LG G6 hadir dengan fasilitas dual-SIM. Kedua SIM card bisa menggunakan jaringan 4G, tapi tempat untuk laci SIM kedua sekaligus merangkap sebagai slot micro-SD. LG G6 dibekali prosesor Snapdragon 821, RAM 4 GB, media internal 64 GB, dan baterai 3.300 mAh.
Kamera belakang G6 terdiri dari dua lensa. Satu kamera menangkap foto dengan sudut pandang normal, sementara lainnya wide-angle selebar 125 derajat. Kedua kamera belakang ini sama-sama memiliki resolusi 12MP. Adapun kamera depan datang dengan resolusi 5MP.

 

Layar LG G6 berukuran 5,7 inci dengan aspect ratio 18:9 (2880×1440 piksel), namun ukuran bodinya diklaim sama dengan smartphone lain yang memiliki layar 5,2 inci. Kemampuan lain termasuk fitur waterproof dengan sertifikasi IP68 dan audio dengan teknologi quad-DAC. Terkait harga, untuk mendapatkan LG G6 konsumen harus menyiapkan dana 10 jutaan.

 

Oppo  A57

Oppo meluncurkan perangkat terbarunya secara resmi di Indonesia yang disebut dengan “Unstoppable Selfie”. Smartphone tersebut yaitu Oppo  A57.  Smartphone ini merupakan penerus seri “Unstoppable Selfie” sebelumnya, A39, yang sudah beredar di tahun 2016 yang lalu

 

A57 hadir dilengkapi dengan kamera selfie sebesar 16 megapixel yang membawa fitur Beautify 4.0, dimana akan menghasilkan foto selfie yang lebih detail, cerah dan juga natural.

 

Kamera utama Oppo A57 mengusung sensor SONY IMX258 dengan besaran 13 megapixel yang dilengkapi dengan fitur PDAF untuk pencarian focus cepat. Sensor ini mengusung besar penampang 1/3.06 inci dengan 5P lens dan diafragma besar F/2.2.  Tentunya sebagai seri “Unstoppable Selfie” perangkat ini dilengkapi dengan penyimpanan internal besar 32GB yang dapat diperluas hingga 128GB, cukup besar untuk menampung hasil selfie pengguna.

 

Untuk performa A57, Oppo melengkapi perangkat ini dengan prosesor octa-core 64 Bit Snapdragon 435, sedangkan untuk multitasking perangkat ini dilengkapi 3GB RAM. Di sisi baterai, A57 dilengkapi baterai sebesar 2900 mAh yang memberikan waktu selama 11 jam untuk menonton video secara terus menerus atau 23 jam untuk telefon terus menerus. Secara garis besarA57 memiliki daya tahan 13,5 jam jika digunakan secara normal.

 

Di sektor keamanan A57 dilengkapi sensor sidik jari berjenis solid-state seperti yang digunakan pada perangkat F3 Plus. Untuk membuka perangkat cukup menyapukan sidik jadi di depan fingerprint reader. A57 dilengkapi ColorOS 3.0 berbasis Android Marshmellow 6.0. Perangkat ini mulai tersedia pada 26 April 2017 di seluruh OPPO Store dan jaringan toko yang menjual perangkat OPPO Cameraphone. Harga resmi untuk perangkat ini adalah Rp. 3.199 juta rupiah.

 

Xiaomi Redmi Note 4

Setelah pekan lalu Xiaomi menggoda kehadiran Redmi Note 4, sekarang smartphone resmi tersedia di Indonesia. Perangkat merupakan model ketiga perusahaan yang mengusung jaringan 4G LTE, setelah Redmi 3S dan Redmi 4A.

 

Xiaomi Redmi Note 4 dirancang dengan bodi metal aluminium serta tepian yang lebih tipis, dan merupakan smartphone Redmi pertama yang menggunakan kaca lengkung 2.5D pada layar 5.5 inci Full HD.

 

Ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625, Redmi Note 4 menawarkan kecepatan dan kinerja yang mulus. Snapdragon 625 merupakan chipset pertama di kelasnya yang menggunakan teknologi 14nm FinFET, yang lebih efisien dari segi daya dibandingkan dengan teknologi prosesor 28nm.

 

Untuk mengabadikan momen, Redmi Note 4 dibekali kamera 13MP di belakang dan 5MP untuk selfie. Memori yang tersedia adalah RAM 3GB dan storage 32GB dengan opsi slot microSD sampai dengan 128GB. Didukung baterai 4100 mAh, Redmi Note 4 dapat bertahan penuh seharian hanya dengan satu kali pengisian daya. Xiaomi Redmi Note 4 dibanderol dengan harga Rp2,4 juta.

 

Coolpad Cool Dual

Tidak mau ketinggalan oleh kompetitornya, Coolpad resmi merilis smartphone berteknologi dual kamera. Smartphone dual kamera ala Coolpad tersebut, diberi label Cool Dual.

 

Dengan material metal, membuat bodi Cool Dual nampak begitu kokoh. Dari segi layar, ponsel ini dibekali display dengan garis tengah 5,5 inci. Layar tersebut memiliki resolusi resolusi full-HD. Cool Dual memiliki dual kamera di bagian belakang, dimana kedua optiknya memiliki kualitas 13MP. Kedua lensa tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

 

Salah satu kamera berfungsi untuk menjepret foto full-color (RGB), sementara kamera kedua dikhususkan untuk menangkap gambar monokrom alias hitam putih. Dalam prosesnya, tangkapan gambar kedua kamera Cool Dual, nantinya akan saling digabungkan. Dengan proses pengabungan itu, diklaim bisa mengurangi tingkat noise sebesar 8 persen sekaligus meningkatkan kecerahan foto sebanyak 20 persen, sehingga kualitas foto bisa lebih berkualitas.

 

Kedua kamera juga mampu menghasilkan efek bokeh alias latar belakang yang buram dengan subjek tetap tampil tajam. Selain kamera ganda di punggung, Cool Dual turut dibekali kamera depan 8 megapiksel dengan aperture F2.2.
Dari sektor hardware, ponsel ini sudah dibekali prosesor octa core, chip Snapdragon 652 yang dipasangkan dengan RAM 3 GB, plus memori 32GB. Smartphone yang dilego pada harga Rp 3,2 juta tersebut, bekerja dengan platform Android Marshmallow. Untuk daya tahan, baterai yang diusung Cool Dual terbilang cukup besar, yakni berkapasitas baterai 4.000 mAh.

 

Polytron ZAP6 Flaz

Polytron kembali meramaikan pasar smartphone Tanah Air kali ini lewat ZAP6 Flaz. Smartphone dikemas dengan baterai baterai 4000 mAh yang diklaim mampu bertahan untuk dua hari. Sementara fitur fast charging-nya memberikan keleluasaan bagi yang memiliki mobilitas tinggi.

 

ZAP6 adalah smartphone seri medium, dengan kualitas bersaing dan harga terjangkau. ZAP6 Flaz dilengkapi dengan layar 5 inci HD IPS OnCell. Keunggulan lainnya adalah ZAP6 Flaz dilengkapi LED Flash pada kamera depan dan belakang sehingga dapat menghasilkan gambar yang terang walau berada di tempat yang kurang pencahayaan. Untuk memudahkan aktivitas pekerjaan ZAP6 Flaz juga dilengkapi dengan fitur USB On The Go, RAM 2 GB dan memori internal (ROM) 16 GB sehingga pengguna dapat menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.

 

ZAP6 Flaz juga dilengkapi dengan dua slot SIM card dengan fasilitas jaringan 4G. Untuk sistem operasinya, ZAP6 Flaz 4G503 menggunakan Fira OS yang merupakan sebuah sistem operasi yang di-develop khusus untuk smartphone Polytron. Sistem operasi Fira OS berbasis Android Marshmallow 6.0 dan merupakan integrasi antara perangkat keras dan perangkat lunak sehingga memberikan pengalaman terbaik dalam menggunakan smartphone.

 

 

Axioo M5+

Lama tak mengeluarkan produk, Axioo kembali ke jalur persaingan dengan menyuguhkan smartphone baru bertajuk M5+. Smartphone ini siap bertarung di segmen mid-low. Sebagai produk anyar, Axioo M5+, datang dengan membawa peningkatan spesifikasi dibanding seri terdahulu, M5.

 

Di sektor kamera depan, bila sebelumnya hanya 5MP kini menjadi 8MP. Selain itu, ada juga tambahan tiga fitur manual exposure, freeze-frame display, mirror reflection. Ketiga fitur baru itu juga terdapat pada kamera belakang, dan masih ditambah lagi dengan fitur auto fokus dan HDR.

 

Visual tampilan layar M5+ juga lebih tajam dan jelas dari versi sebelumnya karena M5+ memiliki layar 4.7 inch. M5+ dikemas dengan layar IPS HD 2.5D Full Lamination yang akan memberikan kesan elegan. Smartphone yang berjalan di atas sistem operasi Android Marshmallow 6.0 ini juga telah membvenamkan RAM 1GB DDR3, prosesor Quad Core, penyimpanan internal 8GB yang bisa diperluas via kartu microsSD hingga 32 GB.

 

Selain itu, M5+ dilengkapi dengan adapter charger yang memungkinkan untuk melakukan fast charging, serta menggunakan USB cable sebagai standar industri generasi saat ini. M5+ ditawarkan hanya dengan harga Rp. 1.349,000.

 

Nubia M2, M2 Lite, dan N1 Lite

Kembali hadir brand smartphone pendatang baru asal Tiongkok di pasar smartphone Tanah Air. Adalah Nubia, sub-brand yang dahulu lekat dengan smartphone besutan ZTE. Di awal kehadirannya setelah ‘pisah’ dari brand ZTE, Nubia langsung menyuguhkan tiga smartphone barunya ke Indonesia. Ketiganya adalah Nubia M2, M2 Lite, dan N1 Lite.

 

Dari ketiga smartphone yang diboyong ke Indonesia, M2 merupakan smartphone jagoan dari Nubia. Smartphone yang dibanderol Rp4.399.000 ini dikemas dengan spesifikasi layar 5.5 inci full HD, prosesor Snapdragon 625, RAM 4GB, baterai 3630 mAh, dan memori internal 64 GB yang masih bisa diperluas via kartu microSD hingga 200 GB. Dari sektor kamera, smartphone ini dibekali alat bidik utama beresolusi 13 MP dan kamera depan 16 MP.

 

Beralih ke M2 Lite, smartphone yang dibanderol Rp2.799.000 ini diracik dengan layar 5.5 inci HD, prosesor MT6750, RAM 4 GB, memori internal 32GB, baterai 3000 mAh, kamera belakang 13 MP dan kamera depan 16 MP. Sementara N1 Lite, merupakan smartphone termurah yang diboyong Nubia ke Indonesia. N1 Lite dijual seharga Rp1.699.000 dengan spesifikasi 5.5 inci HD, RAM 2 GB, 16GB, kamera belakang 8MP, kamera depan 5MP, dan baterai 3000 mAh.

 

 

3 KOMENTAR