7 Smartphone Yang Pas Untuk Motret Saat Lebaran

0

GadgetSquad.id – Salah satu momen yang dilakukan saat Lebaran yaitu foto bareng keluarga besar. Nah, yang cocok pake smartphone apa ya ? Gagdetsquad memilihkan 7 smartphone yang pas dipakai untuk mengabadikan momen kumpul keluarga saat Lebaran.

 

Yang menjadi perhatian di rekomendasi kali ini yaitu : smartphone yang memiliki kamera wide angle atau fitur lain yang bisa ‘menangkap’ semua anggota keluarga yang sedang berkumpul. Dan ini dia beberapa smartphone nya :

 

Oppo F3 Plus

Kamera depan F3 Plus memiliki lensa ganda. Kamera selfie pertama memiliki sensor 1/3 inci 16MP dengan berbukaan F2.0. Kamera ini memiliki sudut pandang normal, yaitu  di kisaran 70 derajat. Fungsinya untuk memotret selfie seperti biasanya.

 

Kamera selfie kedua, memiliki sensor 8MP dan lensa bersudut pandang lebar. Nah kamera yang satu ini dilengkapi lensa ultra-wide yang memungkinkan menangkap gambar dengan sudut pandang selebar 120 derajat. Ini berfungsi untuk memotret group selfie atau biasa disebut Wefie. Yaitu memotret selfie dengan banyak orang dengan angle yang luas.

 

Selain memiliki sudut pandang yang lebih luas, kehebatan lain dari kamera selfie 120 derajat di F3 Plus ini yaitu tidak menimbulkan efek distrosi. Maksudnya, hasil fotonya tidak akan ikut  melebar, tapi hanya jangkauan kameranya saja yang meluas. Lensa ini dapat menangkap gambar 105 persen lebih luas dari lensa 80 derajat yang biasanya tersemat pada ponsel pintar. Kemampuan ini mirip dengan yang ada lensa wide-angle.

 

Untuk mendukung performa kamera depan yang lebih maksimal, Oppo juga menggunakan enam lapisan kamera yang biasa digunakan di kamera belakang ponsel premium. Lensa ini terdiri dari enam elemen untuk mengoreksi cahaya yang masuk sehingga hasil akhirnya tidak tampak terlalu terdistorsi.

Untuk kamera depan, mengusung sensor 1/3 inci demi meningkatkan pencahayaan dan ketajaman gambar. Juga memiliki bukaan sebesar f/2.0 untuk mendapatkan efek kedalaman terbaik pada gambar dan bokeh. Kedua kamera selfie di Oppo F3 Plus juga sanggup merekam video full-HD (1.920 x 1.080 piksel).

 

Sedangkan kamera belakangnya, Oppo menggunakan sensor Sony IMX398 resolusi 16 MP. Kamera belakang F3 Plus juga memiliki teknologi dual PDAF (Phase Detection Autofocus), yang diklaim dapat mencari titik fokus 40 persen lebih cepat bahkan dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Kemampuan merekam videonya bisa menghasilkan video 4K.

 

Oppo F3

Oppo F3 mengusung fitur dual camera selfie sebagai fitur andalannya. Dan memang tidak ada perbedaan antara F3 dan F3 Plus untuk fitur kamera selfie. Kamera depan F3 Plus memiliki lensa ganda. Kamera selfie pertama memiliki sensor 1/3 inci 16MP dengan berbukaan F2.0. Kamera ini memiliki sudut pandang normal, yaitu  di kisaran 70 derajat. Fungsinya untuk memotret selfie seperti biasanya.

 

Kamera selfie kedua, memiliki sensor 8MP dan lensa bersudut pandang lebar. Nah kamera yang satu ini dilengkapi lensa ultra-wide yang memungkinkan menangkap gambar dengan sudut pandang selebar 120 derajat. Ini berfungsi untuk memotret group selfie atau biasa disebut Wefie. Yaitu memotret selfie dengan banyak orang dengan angle yang luas. Selain memiliki sudut pandang yang lebih luas, kehebatan lain dari kamera selfie 120 derajat di F3 Plus ini yaitu tidak menimbulkan efek distrosi. Maksudnya, hasil fotonya tidak akan ikut  melebar, tapi hanya jangkauan kameranya saja yang meluas.

 

Hal lain yang membedakan, adalah kamera belakang F3 yang sedikit direduksi, resolusinya sebatas 13 Mpix. Sedangkan Oppo F3 Plus kamera belakangnya berresolusi 16 Mpix.

Namun untuk kamera depan atau kamera selfienya masih sama. Kemampuan foto selfie F3 sama bagusnya dengan F3 Plus. Kamera depan F3 menggunakan dual lensa 16MP untuk kamera normal dan 8MP untuk lensa wide.

 

F3 mendukung kamera belakang 13 MP dengan sensor 1/3 inci. Kamera F3 mampu memaksimalkan kepekaan cahaya, membuat foto malam hari yang indah. Pixel yang besar juga bekerja untuk meningkatkan dynamic range yang memungkinkan kedalaman dan detail yang jelas untuk menangkap foto yang sangat jelas. Teknologi PDAF membuat pengalaman pengambilan gambar yang cepat dan tajam. Bahkan dengan objek yang bergerak, F3 dapat mengambil gambars] tanpa hambatan.

 

 

LG K10 2017

Smartphone ini dibekali dengan kamera  selfie berkemampuan wide angle. Jadi kemampuan kamera depan K10 telah ditingkatkan untuk memotret dengan sudut pandang lebih lebar. LG K10 2017 memiliki wide angle 120 derajat. Artinya, pengguna bisa memotret selfie dengan lebih banyak orang.

LG pun berani mengklaim bahwa LG K10 merupakan smartphone pertama di Indonesia yang membawa fitur wide angle 120 derajat di segmen mass-tier. Bahkan bukan hanya foto, rekam video dengan kamera depan juga bisa wide angle 120 derajat.

LG menghadirkan fitu wide angle selfie camera) yang biasa tersemat di smartphone premium ke smartphone menengah. Wide angle 120 derajat sebelumnya ada di LG G5 dan LG V20, sekarang bisa dinikmati oleh pengguna LG K10 2017.

 

Dengan fitur wide angle selfie, pengguna tidak perlu lagi menggunakan tongsis , karena cukup dengan memegang smartphone, bisa menangkap angle Kamera lebih luas.

 

Kamera di smartphone ini juga dilengkapi Auto Shot with Face Detection, cukup genggam smartphone dan Auto Shot akan memotret Anda di momen terbaik. Tanpa tombol ditekan, selfie yang jelas dan jernih jadi lebih mudah. Selain itu juga Ada Kamera utama 13MP dengan LED flash.

 

Infinix S2 Pro

Smartphone ini membawa kamera depan dengan lensa ganda. Fungsi dual Kamera selfie ini mirip dengan Oppo F3. Infinix S2 Pro memiliki dua kamera, lensa selfie 13MP standar dan lensa 8 mpix dengan sudut lebar 135 derajat yang lebih luas.

 

Lensa 13MP bisa menangkap foto dengan detail. Sedangkan pada Lensa sudut lebar memiliki resolusi 8MP mampu menangkap objek yang lebih luas. Tapi sayangnya, penangkapan selfie dengan menggunakan fitur wide selfie akan nampak melengkung. Melakukan foto selfie pada malam hari juga tidak menjadi masalah besar, karena Infinix sudah membekali smartphone ini dengan lampu flash.

 

Dengan lampu ini pastinya akan membantu objek foto yang akan diambil. foto lensa ini sangat mirip dengan lensa yang banyak digunakan pada lensa action camera. Karena gambar yang dihasilkan akan nampak melengkung pada bagian tepi. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur efek bokeh untuk foto dengan efek blur di background. Juga ada efek panorama untuk hasil foto landscape

 

Infinix S2 Pro hadir dengan kamera Auto Focus 13MP dengan lampu flash ganda. Infinix juga menambahkan beberapa fitur yang tersembunyi di dalam aplikasi kamera, seperti mode manual untuk mereka yang mahir dalam menggunakan fitur kamera.

Untuk performa yang dimilikinya, dengan spesifikasi yang tersedia didalamnya, S2 Pro mampu mendapatkan skor Antutu benchmark hingga 36 ribuan. Sedangkan untuk kekuatan baterai mampu digunakan seharian penuh dengan penggunaan standart.

 

Asus Zenfone Live

Zenfone Live dilengkapi dengan kamera beresolus 13MP dibagian belakang serta 5MP pada bagian depan  untuk merekam berbagai momen. Semua fitur kameranya masih menggunakan PixelMaster. ASUS memberikan ukuran pixel size sebesar 1.4um untuk mengisi keseluruhan sensor pada smartphone ini.

 

Ada juga dukungan lampu LED baik di belakang maupun di depan untuk selfie. Pada kamera ini anda juga bisa mendapatkan angle yang cukup luas ketika ber selfie yakni 82 derajat.

 

Dari sisi modus pemotretan, Zenfone Live menyediakan banyak pilihan yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Low Light, QR Code, Night, Effect, Selfie, Panorama dan Time Lapse.  Adapun untuk kamera depan, moduse pemotretan yang tersedia adalah Beautification, Auto, Night, HDR Pro, Effect, Low Light dan Time Lapse. Beberapa yang menarik untuk diulas antara lain adalah:

 

Yang unik pada smartphone ini adalah dengan adanya aplikasi BeautyLife. Fitur ini merupakan salah satu teknologi utama yang disematkan oleh Asus pada Zenfone Live. Fitur yang sangat identik dengan kaum wanita ini akan membut mereka mereka terlihat semakin mempesona saat akan melakukan live-streaming langsung dari smartphone.

Untuk menggunakan fitur tersebut pengguna bisa mencari aplikasi bernama BeautyLive yang berwarna merah muda. Ketika dibuka, nantinya akan muncul tampilan seperti ketika Anda mengakses kamera depan.

 

Bedanya akan muncul tiga pilihan aplikasi untuk melakukan live-streaming yakni YouTube, Instagram dan Facebook. Pengguna dapat memilih tiga diantara aplikasi itu untuk melakukan video streaming. Selanjutnya pengguna juga akan dibawa pada tampilan seperti ini.

 

Fitur inilah yang dinamakan dengan BeautyLive. Sekilas fungsinya mirip dengan fitur beautication, yakni fitur untuk memuluskan wajah ketika hendak berselfie. Hanya saja perbedaanya, teknologi ini dibawa pada aplikasi aplikasi live streaming oleh ASUS. Sehingga saat Anda melakukan live streaming, wajah pun bisa dibuat semakin mulus dan sempurna. Anda bisa memilih seberapa mulus wajah ingin terlihat dimulai dari angka 1 hingga 10.

 

Asus mengklaim bahwa fitur Beauty Live-stream miliknya juga yang pertama di dunia, karena belum ada vendor yang menciptakan perangkat khusus untuk membuat video live streaming seperti ini. Dari percobaan terhadap kemampuan tersebut, gambar yang dihasilkan terbilang oke.

 

Zenfone Live juga mengintegrasikan dua buah microfon secara khusus pada perangkat ini, khusus agar daya tangkapan suara saat pengguna melakukan streaming terdengar baik dan meminimalkan noise dari belakang atau sekeliling pengguna. Khususnya saat mereka melakukan live streaming di luar ruangan. Dengan Zenfone Live lengkap dengan fitur yang dimilikinya memudahkan pengguna, terutama para wanita, untuk ber-streaming ria di manapun dan kapanpun.

 

Asus Zenfone Zoom S

Kamera depan ZenFone Zoom S dibekali dengan sederet kemampuan fotografi mumpuni. Kamera selfie ini menggunakan sensor Sony IMX 214 dengan resolusi 13MP dan aperture lensa sebesar f/2.0 yang mampu mengambil foto selfie resolusi tinggi.

 

Kamera Selfie juga didukung dengan teknologi Asus SuperPixel, sehingga foto bisa dibuat dua kali lebih terang. Tidak ketinggalan juga ada fitur ‘screen flash’ yang memanfaatkan layar sebagai sumber cahaya untuk memotret selfie di kondisi minim cahaya.

Vivo V5s

Sama seperti tiga seri sebelumnya (V5 , V5 Plus, V5 Lite) di seri V5s masih menjagokan fitur kamera selfie. Bahkan dibandingkan V5 Lite, kamera selfie di smartphone ini resolusinya lebih tinggi, yaitu 20 megapiksel dengan sensor Sony IMX376 dan aperture f/2.2 . Sedangkan v5 Lite berresolusi 16 megapiksel.Untuk kamera belakangnya, resolusinya masih sama, yaitu 13 megapiksel.

 

Kamera selfie di Vivo V5s dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung. Seperti Face Beauty, yang fungsinya pasti sudah tahu, yaitu memperbagus tampilan muka agar hasil fotonya lebih kece. Beberapa fasilitas yang disediakan untuk mengedit tampilan muka seperti Buffing, Skin Tone dan Whitening.

 

Ada juga fitur HDR agar foto terlihat jelas meski dalam kondisi backlight. Atau jika kondisi lokasi pengambilan foto minim cahaya, sudah disediakan lampu flash pada kamera selfie. Untuk mulai memotret pun disediakan tiga cara shot, yaitu Touch (menekan tombol shot), Voice (perintah suara) dan Palm (lambaian tangan). Kamera selfie ini juga bisa merekam video hingga resolusi Full HD 1080p.

 

Meski menjagokan kamera selfie, Vivo V5s tidak begitu saja mengeyampingkan kamera belakang. Kamera belakangnya pun masih bsia diandalkan untuk menghasilkan foto yang bagus. Kamera belakang Vivo V5s membawa kekuatan resolusi sebesar 13 megapiksel. Resolusi ini sama dengan yang dimiliki Vivo V5 dan V5 Lite.

 

Kamera belakangnya ini juga dilengkapi dengan fitur Face Beauty, untuk menghasilkan foto dengan tampilan wajah yang terlihat lebih bagus. Tidak ketinggalan juga ada beberapa fitur pendukung kamera untuk kamera belakang. Seperti Panorama, Night, Ultra HD, PPT, Profesional, Slow, Time Lapse.

 

Kamera belakang juga dibekali dengan lampu flash yang membantu saat kondisi kurang cahaya. Soal kemampuan  merekam video , kamera belakang memiliki kekuatan yang sama, yaitu bisa merekam hingga resolusi Full HD 1080p.