8 Keunggulan Kamera Redmi 8 untuk Mengabadikan Momen Berharga

Keunggulan Kamera Redmi 8 – Kamera merupakan salah-satu fitur yang paling dipertimbangkan dalam memilih smartphone. Menurut survey Statista, fitur ini masuk lima besar yang paling sering digunakan. Jadi wajar jika hampir semua pabrikan smartphone berinovasi untuk meningkatkan kualitas kameranya.

keunggulan kamera redmi 8 (2)

Inovasi yang terbilang baru salah-satunya adalah dukungan Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan. AI pada kamera smartphone memudahkan kamu mendapatkan hasil foto yang baik. Berkat AI juga, fungsi kamera yang ada pada smartphone semakin berkembang. Bukan lagi sekedar bisa mengabadikan momen-momen penting dalam bentuk foto dan video, tapi juga untuk menunjang keamanan.

Nah, buat kamu yang kebetulan mencari smartphone dengan kamera yang mumpuni untuk mengabadikan momen berharga kamu, kami punya rekomendasi smartphone terjangkau yang hasil kameranya tak akan mengecewakan. Perangkat yang kami maksud adalah Redmi 8. Berikut 8 keunggulan Redmi 8 untuk mempermudah kamu dalam mengambil foto dan video kapanpun dan dimanapun.

1. Sensor kamera lebih baik

Di kelas smartphone Rp1 jutaan, Redmi 8 menawarkan setup dual kamera. Kombinasi dual kamera Redmi 8 terdiri dari kamera utama 12 MP dan kamera depth of field 2 MP. Dengan kombinasi ini Redmi 8 menawarkan kemampuan mengambil gambar portrait atau bokeh yang lebih halus dan terlihat natural.

Kamera utama Redmi 8 juga telah ditingkatkan dari seri sebelumnya. Misalnya, aperture atau bukaan lensa kini lebih lebar dengan f/1.8. Selain itu, ukuran pikselnya juga lebih besar. Redmi 8 ditopang dengan ukuran piksel 1,4 mikron.

Jika dibandingkan dengan kamera pada Redmi 7, ini merupakan peningkatan yang signifikan. Sebagai informasi, aperture kamera utama Redmi 7 hanya F/2.2 dan ukuran pikselnya 1,2 mikron. Berbekal aperture yang lebih lebar serta ukuran piksel yang besar, maka hasil kamera Redmi 8 lebih mumpuni untuk mengambil gambar di berbagai kondisi lingkungan.

Hasil foto Redmi 8 tetap bisa diandalkan pada kondisi cahaya yang redup dan akan menghasilkan foto yang jernih pada kondisi cahaya yang cukup. Jadi, meskipun sama-sama mengusung kamera 12 MP, hasil kamera Redmi 8 dijamin lebih ciamik.

keunggulan kamera redmi 8 (3)

2. Kamera selfie 8 MP yang ciamik

Buat yang hobi mengabadikan momen spesial, kamera depan Redmi 8 dengan 8 MP memungkinkan kamu mendapatkan hasil foto selfie terbaik. Bidikan kamera depan 8 MP dengan ukuran ¼ inci.

Ukuran sensor yang besar ini memiliki kelebihan pada ketajaman, kedalam warna, dan juga lebih sedikit noise. Ini dimungkinkan oleh permukaan yang lebih luas sehingga setiap titik pixel menangkap cahaya dengan lebih optimal, dan akhirnya memperoleh hasil foto dengan detail warna yang jelas.

Baca juga: Redmi 8 vs Samsung Galaxy A20s, Kamu Pilih yang Mana?

3. AI Beauty 4.0 dan AI Portrait

AI Beauty 4.0 merupakan fitur tambahan pada kamera Redmi 8 yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas hasil jepretan. Jangan kuatir fitur AI Beauty pada Redmi 8 bakal membuat tampang kamu terlihat aneh. Berkat sentuhan AI, semua tetap tampak alami dan penampilan kamu bakal lebih glowing meski tanpa make up. Sementara AI Portrait mampu menghasilkan efek bokeh, meskipun Redmi 8 hanya mengusung lensa tunggal pada kamera depan.

4.  AI Scene Detection

Seperti yang sudah kami singgung di awal tulisan, AI pada kamera punya kemampuan mengenai objek dan lingkungan yang akhirnya bisa menghasilkan foto terbaik tanpa harus melakukan penyetingan secara manual.

Nah, AI pada kamera Redmi 8 ini sudah deprogram untuk bisa mengenali 27 objek maupun kondisi lingkungan. Untuk lingkungan misalnya, AI pada kamera Redmi 8 membaca apakah kondisi pada saat memotret cerah, mendung, berawan, malam hari, musim dingin, atau cahaya redup.  Lalu bisa juga mengenali objek apakah hewan, tulisan, makanan dsb.

5. HDR

High Dynamic Range (HDR) merupakan fitur yang sangat berguna. Fitur ini memungkinkan kamu memotret dengan berhadapan langsung ke arah cahaya. Misalnya ketika matahari terbit, terbenam atau sorot lampu.

Tanpa HDR, foto yang dihasilkan ketika kamu membelakangi cahaya terang maka hasilnya bakal mengecewakan. Area yang terang bisa nampak putih polos dan kehilangan detailnya, atau area yang gelap akan menjadi semakin gelap. Pada kondisi ini HDR sangat dibutuhkan. Efek dari background yang cerah dikurangi sehingga bagian gambar yang gelap akan terlihat lebih detail dan terang.

HDR pada kamera Redmi 8 ini sudah tersedia pada kedua sisi kamera, depan dan belakang. Jadi, dengan HDR ini kamu bakal punya momen terbaik ketika berfoto membelakangi matahari terbit atau terbenam.

Baca juga: Pilah Pilih Hape Murah Meriah, Redmi 8A atau Nokia 4.2

6. Autofokus dengan PDAF

Meskipun masuk kategori terjangkau, kamera Redmi 8 punya fitur autofocus menggunakan sistem Phase Detection Autofocus (PDAF). Dengan fitur ini, kamu bakal dimudahkan untuk membidik objek foto dengan focus yang lebih baik dan lebih cepat.

Pada sistem PDAF, sebagian sensor kamera bekerja dengan membandingkan cahaya dari sisi yang berbeda pada lensa. Jadi, jika tingkat cahaya yang didapat sama, maka gambar menjadi fokus. Jika tidak, sistem akan menentukan penyesuaian dan lensa akan bergerak berdasar ukuran penyesuaian itu.

7. Perekam video 1080@30fps dan 760@60 fps

Merekam video tentu juga sering kamu lakukan pada waktu liburan. Dengan Redmi 8 kamu punya pilihan kualitas perekam video yang beragam. Perekam video standar bisa kamu pilih pada mode 1080@30fps atau 720@30fps. Selain itu, kamu juga bisa memilih kualitas video 60fps dengan ukuran 720p.

8. Face Unlock

Kamera depan Redmi 8 bisa kamu manfaatkan juga untuk mendukung fitur keamanan perangkat. Meskipun Redmi 8 sudah dibekali dengan pemindai sidik jari, kamu bisa mengaktifkan fitur “Face Unlock”, untuk membuka kunci perangkat dengan pengenal wajah.

Fitur ini dimungkinkan berkat adanya AI. Perangkat akan mengenai wajah kamu dan membuka kunci hanya dengan menatap ke bagian kamera depan. Yang pasti lebih mudah dan ‘gak’ perlu repot.

Semua keunggulan fitur kamera Redmi 8 ini bakal menjadikan momen berharga. Apalagi harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp1.699.000, dan tersedia garansi 24 bulan yang belum pernah ada di industri smartphone Indonesia sebelumnya.