Pilah Pilih Hape Murah Meriah, Redmi 8A atau Nokia 4.2

GadgetSquad.ID – Mengusung seri Redmi 8A, Xiaomi seakan ingin membuktikan jika vendor yang satu ini memang jagoan, merilis produk murah meriah dengan spesifikasi mewah. Namun dengan semua daya tarik yang dimilikinya, bukan berarti Redmi 8A akan melenggang santai, menjadi pilihan utama hp level menengah yang dilego di kisaran 2 jutaan.

Ada banyak kandidat hp kece yang bisa menjadi pesaing Redmi 8A, di level yang sama. Salah satu yang bisa dijadikan penantang utama adalah, produk dari vendor lawas yang mencoba kembali bersaing, yakni Nokia 4.2.

Bagaimana pertarungan Redmi 8A dengan Nokia 4.2, saat berhadapan satu lawan satu? Berikut head to headnya

Desain
Tanpa banyak basa-basi pertarung langsung dibuka dari sektor desain. Jagoan Nokia hadir dengan desain yang terkesan cukup mewah dan kokoh. Bodi Nokia 4.2 berbalut material kaca dengan lekukan 2.5D dan metal ringan di bagian dalam dan frame dengan bahan polikarbonat berlapis satin. Saat dibawa beraktivitas, terasa jika Nokia 4.2 memiliki dimensi bodi yang kompak, pas digenggam dengan satu tangan.

Di sisi berlawanan, penggawa Xiaomi juga tampil tidak kalah kece. Eksterior Redmi 8A, nampak kekinian dengan sudut-sudut yang dirancang oval serta, serta desain body belakang dibuat melengkung. Selain itu, walau material bodinya plastik namun Xiaomi dengan cerdik memberikan sentuhan “Wave Grip Design”, sehingga Redmi 8A tidak licin saat digenggam.

Menariknya lagi, dengan nano coating, bodi Redmi 8A dirancang tahan terhadap cipratan air. Hal ini tentu sangat berguna, apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan. Secara umum, kedua hp yang bertarung kali ini memiliki daya tarik masing-masing di sektor desain. Bisa dikatakan pertarung di area desain terbilang sama kuat.

Layar
Untuk menggoda konsumen Redmi 8A disokong layar yang terbilang cukup luas. Redmi 8A nampak keren dengan layar IPS 6,22 inci beresolusi HD+. Tampilan muka Redmi 8A semakin kekinian dengan Dot Drop. Selama proses pengujian, layar Redmi 8A mampu tampil prima. Asiknya lagi, layar Redmi 8A sudah dilengkapi dengan lapisan Gorilla Glass 5, yang biasanya ditemukan di berbagai macam ponsel menengah ke atas

Bagaimana dengan layar Nokia 4.2? Mengikuti tren kekinian, Nokia 4.2 turut mengusung konsep Inifinity-U yakni layar penuh berbezel tipis dengan tampilan notch atau poninya berbentuk huruf U. Layarnya sendiri berteknologi IPS berukuran 5,7inch dengan rasio lebar 19:9, serta tingkat resolusi mencapai HD+. Secara umum, komposisi layar Nokia 4.2 terbilang sudah cukup tangguh.

Hanya saja jika disandingkan dengan Redmi 8A, layar Nokia 4.2 harus mengakui pesaingnya. Layar Redmi 8A lebih bertaji dibanding Nokia 4.2, lantaran ukurannya lebih besar, plus dilengkapi fasilitas keamanan lapisan Gorilla Glass 5

Kamera
Beralih ke area kamera. Untuk memuaskan hasrat konsumen yang senang mengabadikan berbagai momen penting, lewat bidikan kamera ponsel. Redmi 8A menghadirkan kamera utama 12MP yang tertanam di bodi belakang. Kamera Redmi 8A sendiri menggunakan sensor lensa buatan Sony, yakni IMX363, yang biasa hadir di perangkat menengah premium. Kamera tersebut ditemani LED flash yang diletakkan di bagian bawah lensa. Untuk keperluan selfie, Redmi 8A memanjakan penggunanya dengan kamera depan 8MP. Perlu diketahui, baik kamera depan maupun belakang Redmi 8A dapat memotret dengan AI Portrait mode.

Beralih ke Nokia 4.2. Pada sektor imaging, Nokia 4.2 memiliki kamera utama berteknologi dual lensa. Kamera ganda Nokia 4.2 masing-masing memiliki resolusi berukuran 13MP dan kamera keduanya 2MP. Bermodal spesifikasi tersebut, Nokia 4.2 bisa menghasilkan foto bokeh yang sedang kekinian. Sementara untuk kamera selfie, Nokia menempatkan lensa 8MP di bagian depan. Secara komposisi, di bagian kamera Nokia 4.2 memang lebih unggul dibanding Redmi 8A. Tapi bukan berarti kualitas hasil bidikan kamera Redmi 8A, lebih buruk di Nokia 4.2.

Menu Tambahan
Selain menu tambahan standar yang wajib tersemat di smartphone masa kini, Redmi 8A ternyata senjata rahasia di sektor audio, khususnya fasilitas radio. Menu radio di Redmi 8A ternyata sudah dibenamkan teknologi internal antena. Artinya, jika ingin memutar radio, tidak perlu menancapkan headphone sebagai eksternal antena. Cukup tekan tombol on, otomatis sudah bisa mendengarkan berbagai info menarik dari radio favorit.

Bagaimana dengan Nokia 4.2? Walau fasilitas radio di Nokia 4.2 tidak dilengkapi teknologi internal anttena, hape ini ternyata juga memiliki menu tambahan yang tak kalah menarik. Yup, Nokia 4.2 ternyata dibekali fitur yang saat ini sedang naik daun, yakni fasilitas NFC. Merujuk dari spesifikasi yang ada, pertaruang pada area menu tambahan bisa dikatakan seimbang.

Dapur pacu
Performa Redmi 8A selama pengujian terbilang menjanjikan, hal ini tidak lepas dari komposisi dapur pacunya yang tidak bisa dianggap remeh. Dapur pacu Redmi 8A dikomandoi prosesor buatan Qualcomm tipe Snapdragon 439, serta chipset octa-core yang dipadukan dengan kapasitas RAM 2GB, serta platform Android Pie. Redmi 8A juga menawarkan slot dual SIM 2+1 dengan slot khusus MicroSD sehingga pengguna bisa memperbanyak penyimpanan sampai 512GB.

Sementara itu, spesifikasi Nokia 4.2 diotaki chipset Qualcom Snapdragon 439, yang bersanding dengan prosesor octa-core berkecepatan (clock speed) maksimal 2.0 GHz. Untuk memorinya, selain terdapat slot eskternal, hape ini tersedia dalam pilihan RAM 2GB/internal 16GB dan RAM 3G/internal 32GB. Dari hasil eksplorasi, komposisi dapur pacu Redmi 8A dan Nokia 4.2, terbilang tidak memiliki perbedaan terlalu mencolok.

Baterai
Baterai berkapasitas hingga 5000 mAh tentu akan membuat kamu langsung jatuh cinta kepada Xiaomi Redmi 8A. Bermodal baterai 5000 mAh, dijamin kamu tidak lagi gelisah mencari sumber listrik, saat menjalankan berbagai aktivitas ditemani Redmi 8A. Menariknya lagi, untuk mengisi baterai 5000 mAh yang tertanam di Redmi 8A, tidak perlu membutuhkan waktu terlalu lama, pasalnya hape ini dilengkapi port USB Type-C yang mendukung teknologi fast charging hingga 18 watt.

Nokia 4.2 sendiri, dibekali baterai dengan kapasitas 3.000 mAh. Tetapi ponsel ini belum fast charging jadi butuh waktu sekitar 4-5 jam untuk mengisi dayanya hingga baterai terisi penuh. Tak perlu diragukan lagi, di sektor baterai Redmi 8A menang telak dibanding Nokia 4.2.

Garansi
Kini Xiaomi telah melangkah lebih jauh lagi dengan memberikan layanan garansi sampai 24 bulan. Dimana garansi yang diberikan terbatas ini hanya digunakan untuk produk Xiaomi yang dibeli secara resmi dengan ketentuan yang berlaku, untuk memberi rasa tenang tenang kepada para Mi Fans dan pengguna smartphone-nya.

Kesimpulan
Dari beberapa indikator pengujian yang dilakukan, nampak jelas Redmi 8A lebih unggul dibanding Nokia 4.2. Redmi 8A berjaya pada sektor layar yang lebih tangguh, serta menang telak dari sisi daya tahan baterai dibanding Nokia 4.2. Sedangkan Nokia 4.2 memiliki daya tarik lebih di area kamera. Sementara untuk pertarung di area desain, dapur pacu dan menu tambahan satu sama lain tidak ada yang lebih unggul. Sebagai tambahan, hal lain yang membuat Redmi 8A lebih menarik dibanding Nokia 4.2 yaitu dari segi harga dan garansi. Dengan segala keunggulan yang disodorkan, Redmi 8A dilego pada kisaran Rp.1.399.000 dengan garansi 24 bulan. Nah jika lebih menyukai Nokia 4.2, siapkan dana kurang lebih 2 juta.