Compare Realme 3 Pro vs Samsung Galaxy A50 – Hp Mewah Kelas Menengah

0

GadgetSquad.id – Persaingan smartphone di Indonesia tidak hanya ramai di segmen entry level atau level harga murah. Tapi berbagai vendor juga bertarung ketat di kelas menengah, yaitu di segmen harga sekitar Rp 3-4 jutaan. Beberapa smartphone terbaru diluncurkan di segmen ini. Yang paling terbaru ada Samsung Galaxy A50 dan Realme 3 Pro.

Compare Realme 3 Pro vs Samsung Galaxy A50

Kedua smartphone tersebut bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin membeli smartphone dengan harga kelas menengah. Biar kamu tida bingung, berikut ulasan perbandingan Samsung Galaxy A50 versus Realme 3 Pro

Desain

Realme 3 Pro juga menganut desain layar penuh dengan adaya poni kecil di bagian atas. Bodi realme 3 terbilang mudah digengam atau dimasukan kedalam saku celana. Smartphone ini memiliki dimensi 156.8 x 74.2 x 8.3 mm dan berat 172 g. Panel bodi belakang melengkung mengecil ke arah tepi dan menyatu mulus dengan bingkai, membuatnya lebih ergonomis. Ini juga memudahkan pengguna menggunakan smartphone hanya dengan satu tangan.

Bodi belakang realme 3 Pro berpenampilan mengkilap dengan menggunakan bahan polikarbonat tebal yang dilapisi dengan lapisan glossy. Hp tersedia dalam dua varian warna, Lightning Purple, dan Nitro Blue. Di bodi belakang juga disematkan sensor sidik jari.

Review realme 3 Pro Kamera lebih keren, Baterai tahan lama (3)

Desain Galaxy A50 menganut desain standar Hp zaman now, yaitu layar penuh berbezel tipis dengan poni dewdrop. Bodinya sendiri berpenampilan mengkilap dengan warna gradasi.

Samsung Galaxy A50 tampil menawan varian warna biru dengan material bodi belakangnya terbuat dari plastik. Hp ini terbilang ringan dengan berat yang hanya 166 gram. Sedangkan dimensinya berukuran 158.5 x 74.7 x 7.7 mm. Samsung Galaxy A50 masih nyaman digenggam berkat lengkungan di sisi bodinya.

Baca juga : Review realme 3 Pro: Kamera lebih keren, Baterai tahan lama

Tampilan bodi Realme 3 Pro terinspirasi oleh trek balap, Le Mans, alias Circuit des 24 Heures di Prancis. Realme 3 Pro memiliki desain efek seperti sebuah trek balap dengan pola cahaya. Dikombinasikan dengan warna bergradasi miring, realme 3 Pro menghadirkan efek visual yang lebih beragam dan lebih berlapis saat dilihat dari berbagai sudut.

Layar

realme 3 Pro dibekali panel Full HD + IPS LCD 6,3 inci dengan layar poni kecil dewdrop di bagian atas untuk menempatkan kamera depan, sensor cahaya dan sensor jarak. Tampilan layar memiliki ketajaman resolusi 2340 x 1080 piksel.

Memiliki lebar bezel hanya 1,55mm, realme 3 Pro menawarkan rasio screen-to-body 90,8%, sehingga layar mampu menampilkan lebih luas. realme juga memberikan perlindungan pada layarnya yang dilapisi pelindung kaca Corning Gorilla Glass 5 yang 80% lebih kuat dari versi sebelumnya.

Review realme 3 Pro Kamera lebih keren, Baterai tahan lama (4)

Untuk layarnya, Samsung Galaxy A50 menggunakan layar Super AMOLED dengan lebar 6,4 inci dan resolusi 2340 x 1080 piksel. Di bagian layar ada poni kecil atau disebut Infinity U Design tempat disematkannya kamera depan dan beberapa sensor.

Layar ini juga dilapisi lapisan anti gores, tapi versinya masih Gorilla Glass 3.0. Yang berbeda dari layar Samsung Galaxy A50 yaitu di dalam layar ini disematkan sesor sidik jari. Karena memang tidak akan ditemukan sensor sidik jari fisik di bodi belakang Galaxy A50.

Compare Realme 3 Pro vs Samsung Galaxy A50 (c)

Kamera

realme 3 Pro memiliki Kamera belakang ganda yang merupakan kombinasi kamera utama 16MP (1.22um dan aperture f/1.7) + kamera sekunder 5MP (f/2.4).

Didalamnya tersemat fitur AI scene yang dapat mengenali 16 scene dan 100 kombinasi scene yang secara otomatis memilih strategi pencahayaan terbaik untuk dynamic range dan rasio kontras yang lebih baik.

realme 3 Pro juga dilengkapi fitur Nightscape. Dengan bantuan AI, mode Nightscape secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup. Mode Nightscape meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup ekstrem, sehingga dapat menerangkan bagian yang redup untuk detail lebih baik.

realme 3 Pro juga membawa mode Chrome Boost. Dengan menggunakan teknologi AI, pemandangan dalam foto mampu dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan dynamic range yang lebih besar. Selain itu, warna-warna tertentu dapat dioptimalkan agar terlihat lebih cerah dan lebih menarik. realme 3 Pro juga memiliki fitur slow mo yang mendukung pengambilan gambar video gerak lambat 960fps/720P.

Kamera depan realme 3 Pro memiliki resolusi 25MP, dengan aperture f/2.0, ukuran sensor 1/2,8 inci, dan mendukung sintesis 4-in-1 piksel dengan ukuran piksel 1,8um. Dengan kamera ini maka, kualitas foto lebih baik. realme 3 pro menyediakan AI beauty yang juga bisa berlaku pada saat selfie grup.

Review realme 3 Pro Kamera lebih keren, Baterai tahan lama (4)

Samsung Galaxy A50 menggunakan kombinasi triple kamera yang terdiri dari kamera utama 25MP (f/1,7), kamera ultra-wide 8MP f/2,2 , dan kamera Depth 5MP (f/2,2) .

Selain bisa mengambil foto bokeh dengan kamera Depth, berkat adanya kamera ultra wide, kamera di Galaxy A50 dapat digunakan untuk mengambil foto dengan sudut yang lebih lebar dibanding kamera biasa.

Baca juga : 5 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A50, A30, A20 dan A10

Kamera utamanya kabarnya dapat menangkap gambar dengan lebih jernih ketika malam hari. Selain itu juga ada fitur Live Fokus (mode bokeh), mode Pro, Slow motion dan opsi perekaman video hyperlapse juga ada.

Untuk kamera depannya, Galaxy A50 menggunakan kamera 25MP dengan aperture  f/2.0. Kamera ini juga membawa kemampuan 25mm wide yang bisa menangkap foto selfie lebih luas.

Compare Realme 3 Pro vs Samsung Galaxy A50 (r)

Kinerja

Realme 3 Pro didukung Qualcomm Snapdragon 710 CPU, yang merupakan SoC octa-core dibuat melalui proses fabrikasi 10nm dan arsitektur delapan inti Kryo. Prosesor realme 3 Pro dapat mencapai kecepatan clock hingga 2.2GHz.

Untuk dukungan GPU Adreno 616 memastikan mampu menjamin tamilan layar yang tajam dan rendering gambar 3D mulus. Mesin AI multi-core Qualcomm yang dirancang dua kali lebih kuat dari kinerja mesin AI sebelumnya.  Realme 3 mampu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dan juga dapat menjalankan game berat tanpa perlambatan kinerja. Saat memainkan game dengan grafis yang berat, seperti PUBG atau fortnite dapat berjalan dalam pengaturan yang lebih tinggi secara default.

Kinerja realme 3 Pro menawarkan dua varian RAM 4GB dan 6GB. Hp yang kamu review ini memiliki kapasitas RAM 6GB dengan memori internal 128GB. Ketika diuji kinerjanya menggunakan aplikasi Antutu Benchmark diperoleh skor 153.888.

Review realme 3 Pro Kamera lebih keren, Baterai tahan lama (4)

Samsung Galaxy A50 diperkuat chipset Exynos 9610. Galaxy A50 mengadopsi dua buah prosesor quad-core yang berbeda, yakni Cortex-A73 berkecepatan 2,3 GHz dan Cortex-A53 berkecepatan 1,7 GHz. Sedangkan untuk pemroses grafis, chipset ini menggunakan GPU Mali-G72 MP3. Samsung Galaxy A50 telah menggunakan Android versi terbaru yaitu Android 9 yang dikombinasikan dengan One UI versi 1.1.

Untuk bermain game, Samsung Galaxy A50 mampu diandalakn bermain game PUBG dengan setelan grafis HDR dan frame rate Ultra. Walau sering muncul lag, lag-nya belum sampai level mengganggu.

Galaxy A50 memiliki dua opsi RAM yakni 4GB dengan memori internal 64GB, serta RAM 6GB dengan memori internal 128GB. Ketika dites menggunakan AnTuTu, Galaxy A50 mendapatkan skor 126.577

Compare Realme 3 Pro vs Samsung Galaxy A50 (e)

Baterai

Realme 3 Pro menawarkan kapasitas baterai besar, 4.045 mAh. Setelah ditest dengan penggunaan standar agak berat, hp ini mampu mudah bertahan selama satu hari dengan sekali pengisian daya.

Selain itu juga dilengkapi fitur  Screen Battery Optimization Mode menyediakan Mode Seimbang dan Mode Efisiensi Energi Tinggi untuk dipilih, memperpanjang masa pakai baterai masing-masing sebesar 5% dan 10%.

Tidak hanya tahan lama pada penggunaan baterai, realme 3 Pro juga mengusung teknologi pengisian daya VOOC 3.0 baru, dengan daya pengisian 20W (5V4A) dapat mengisi kembali baterai yang kosong dengan cepat. VOOC 3.0 realme 3 Pro dua kali lebih kuat dalam pengisian daya. Baterai 4.045mAh dapat diisi hingga 50% dalam 30 menit, dan 100% dalam 80 menit.

Review realme 3 Pro Kamera lebih keren, Baterai tahan lama (4)

Baterai yang disematkan dalam Galaxy A50 sebesar 4.000 mAh. Kapasitas ini dapat digunakan untuk beraktifitas seharian tanpa perlu mengecas baterai.

Galaxy A50 juga sudah dilengkapi fitur pengisian baterai cepat. Samsung Galaxy A50 hanya memiliki fitur fast charging yang memiliki daya 15 watt. Untuk pengisian daya baterainya dari 15% ke 100% membutuhkan waktu 2 jam 15 menit.

Harga

Soal harganya, Realme 3 Pro tersedia dalam pilihan varian harga Rp 2.999.000 (RAM 4+ memori 64GB) dan Rp 3.699.000 (RAM 6+ memori 128GB).

Sedangkan Samsung Galaxy A50 bisa dibeli dengan pilihan harga Rp 4.099. 000 (RAM 4GB + meori 64 GB) dan harga 4.899.000 (RAM 6GB + memori 128 GB).

Kesimpulan

Harga yang lebih murah menjadi keunggulan tersendiri dari Realme 3 Pro. Apalagi smartphone ini juga memiliki kelebihan di beberapa fitur yang dibawanya dibandingkan Samsung Galaxy A50. Seperti kekuatan layar yang lebih baik, performa yang lebih kencang dan kemampuan pengisian baterai yang lebih cepat. Meski kalah dari sisi speisifikasi kamera, tapi hasil foto yang dihasilkan kamera Realme 3 Pro masih terbilang memuaskan.