Hp 2 jutaan Xiaomi Redmi 5 Plus VS Advan G3, Pilih Mana?

0

Saat ini banyak hp 2 jutaan dipasar Indonesia. Salah satunya yang tidak lama lalu rilis, yakni Advan G3. Hp ini unggulkan fitur multimedia dengan kolaborasinya dengan Harman/Kardon. Dengan harga Rp 2.999.000, spesifikasi Advan G3 sebanding dengan Xiaomi Redmi 5 Plus. Pilih mana antara keduanya?

Perbedaan Advan G3 dan Xiaomi Redmi 5 Plus ada dari berbagai sisi selain dari segi harga, terletak juga pada sisi desain, dapur pacu, kamera, dan baterai.

Hp 2 jutaan Xiaomi Redmi 5 Plus VS Advan G3

hp 2 jutaan xiaomi redmi 5 plus vs advan g3

Desain

Advan G3 dikemas dengan bodi tipis tanpa home dibagian depan. Smartphone ini menggunakan konsep unibodi dengan 7,6 mm, dengan layar berukuran 5.99 inci. Keempat sudutnya yang melengkung G3 menghadirkan dual front speaker.

Sedangkan Redmi 5 Plus sedikit lebih tebal yakni 8,05 mm, smartphone Xiaomi ini mengusung desain kekinian, Hadir dengan layar besar 5,99 inci yang dikemas pada bodi yang lebih kecil.

Baca juga: Test Kinerja: Asus ZenFone Max Pro (M1) vs Xiaomi Redmi 5 Plus

Layar

Advan G2 hadir dengan layar 5,9 inci FHD+. Teknologi layar tipe ini memungkinkan tampilan gambar lebih baik dan efisien yang memanjakan pengguna saat menikmati multimedia di ponsel berlayar besar.

Sementara Redmi 5 Plus menghadirkan sisi kekinian yang sedang tren melanda desain layar smartphone global. Sama-sama suguhkan layar penuh “FullView” 5,99 inci FHD bertipe IPS LCD beraspek rasio 18:9, Namun Hp 2 jutaan ini lebih baik dibandingkan Advan G3 karena sudah dilapisi dengan kaca 2.5D bertepi bulat nan mulus yang dilapisi Corning Gorilla Glass.

Performa

Performa Advan G3 ditenagai prosesor MTK 6750T 1.5GHZ (Octa core), dengan RAM 4 GB, ROM 64 GB. Sehingga mampu melakukan beragam aktivitas dan menjalankan berbagai aplikasi bersamaan tanpa ada hambatan. Kemudian, ruang penyimpanan kartu SIM G3 adalah Triple Tray Slot SIM. Hp ini didukung dengan interface IDOS milik sendiri

Sedangkan Xiaomi Redmi 5 Plus dibekali Qualcomm Snapdragron 625 speed dikunci 1,8GHz dengan GPU Adreno 506 yang dipadukan MIUI 9 berbasis Android Nougat 7.1, namun dari sisi memori memang lebih kecil RAM 3GB dan internal 32GB. Apabila dirasa kurang, kapasitas memori bisa diperluas menggunakan slot microSD hingga 128GB yang sayangnya memakan jatah slot SIM 2.

Memiliki speed yang sedikit lebih cepat, Redmi 5 Plus bisa diandalkan untuk main game dengan akselerasi gaming sistem level dan pengalaman gaming luar biasa serta memiliki konsumsi baterai yang minim.

Baca juga: Review Xiaomi Redmi 5 Plus : Layar Luas Performa Bikin Puas

Kamera

Hal lain yang menarik dari G3 ada pada kamera. sektor kamera G3 telah didukung dengan Artificial Intelegence (AI). Kecerdasan buatan tersebut, mampu membaca dan memberi informasi objek apa yang ditangkap oleh kamera depan beresolusi 8MP dan belakang 16 MP. Kamera ini diklaim mampu menangkap detail sempurna meski dalam keadaan cahaya redup.

Sedangan Hp 2 jutaan Redmi 5 Plus membawa kamera utama yang lebih baik dengan 12MP dengan lensa 5-elemen bukaan lensa f/2.2 yang mempu menghasilkan foto memukai di saat malam. Teknologi ini ditunjang fitur dual LED flash, PDAF, mode foto beruntun, dan pengenalan wajah atau face recognition.

Sementara pada kamera depan, Redmi 5 Plus mengusung lensa 5MP dengan LED selfie-light yang mampu menghasilkan foto jelas di kondisi low light. Hadirnya teknologi Smart Beautify 3.0 memanjakan penggemar swafoto untuk mengambil foto memukau dengan fitur otomatis yang membuat wajah lebih cerah.

Baterai

Pada sektor daya Advan G3 dibekali baterai 3.500mAh yang dapat menemani pengguna untuk aktivitas sehari penuh. Namun sayang prosesor di hp ini tidak memiliki kemampuan hemat data

Sedangkan Hp 2 jutaan Xiaomi Redmi 5 Plus dibekali baterai berkapasitas yang lebih besar 4.000mAh di perangkat ini memungkinkan perangkat untuk standby 17 hari, 165 jam memutar lagu, 15 jam memutar video, dan sembilan jam untuk bermain game. Apalagi dengan menggunaka prosesor Qualcomm 14nm Redmi 5 Plus memiliki konsumsi daya rendah yang ditopang fitur optimasi hemat daya MIUI 9.

Multimedia

Advan G3 menggunakan Dual stereo speaker dari harman/kardon. Sebanyak dua speaker berada di bagian atas dan bawah, menghasilkan suara jernih, menggelegar saat mendengarkan musik dari smartphone. Sambil dengerin musik dan menonton video atau film pun lebih asik.

Sedangkan Hp 2 jutaan satunya, yakni Xiaomi Redmi 5 plus tidak memiliki spesker stereo. Namun begitu suara yang ditampilkan cukup nyaring dan keras.

Kesimpulan

Dari segala sisi Xiaomi Redmi 5 Plus lebih baik dibandingkan Advan G3 apalagi hp ini memiliki banderol harga yang lebih murah. Tidak hanya itu dari sektor sektor kamera, baterai, dan dukungan hardware jga lebih baik
Sedangkan Advan G3 dengan harga Rp2,999 nampaknya masih terbilang mahal dibandingkan hp dikelasnya. Meskipun hp ini sudha dibekali dengan fitur multimedia speaker stereo harman/kardon. Karena untuk kualitas suara sangar relatif untuk masing-masing pengguna.