Liburan Bareng Xiaomi Redmi 8A, Baterainya Nggak Habis-Habis!!

GadgetSquad.ID – Pergantian tahun, biasanya menjadi salah tahu momen untuk mengganti hape lawas dengan yang lebih kekinian. Karenanya tidak heran ada istilah “tahun baru hape baru”.

Nah, jika di tahun 2020 ini kamu tidak lagi mau memiliki smartphone yang bersahabat dengan colokan listrik dan powerbank, jagoan terbaru Xiaomi seri Redmi 8A, layak menjadi salah satu kandidat utama.

Kenapa? Karena Redmi 8A menjadi salah satu smartphone dengan baterai terbesar yang saat ini beredar di pasaran, yakni 5000 mAh.

Jika melihat kapasitas baterai yang mencapai 5000 mAh, ditambah tagar #hapekecebatregede yang dikumandangkan Xiaomi kala merilis Redmi 8A, membuat GadgetSquad tertarik membuktikan daya tahan Redmi 8A, sebagai teman setia dalam perjalanan menikmati libur akhir tahun di kota Bandung.

Bagaimana hasilnya?

Dalam eksplorasi kali ini, GadgetSquad menguji baterai Redmi 8A dengan memaksimalkan semua teknologi di hape ini. Bermodal kapasitas baterai 100%, petualangan GadgetSquad menguji daya tahan Redmi 8A, dimulai dari kawasan Stasiun Gambir.

Tepat 9.30 wib kami tiba di Stasiun Gambir. Tak terasa, 30 menit berselang kereta yang akan membawa GadgetSquad ke Bandung tiba. Selama kurun waktu tersebut, pengujian daya tahan Redmi 8A, dimulai dengan berselancar internet mencari info tempat-tempat menarik di Bandung. Hasilnya kapasitas baterai Redmi 8A masih tersisa 99 persen.

Wuzzz!! sejurus kemudian GadgetSquad sudah berada di dalam kereta menuju Kota Kembang. Kurang lebih 3 jam waktu yang akan ditempuh, selama perjalan dari Jakarta ke Bandung. Saatnya menguji baterai Redmi 8A dengan cara yang lebih ekstrim.

Tidak hanya sekedar beselancar di dunia maya, selama perjalanan di kereta kami menguji baterai Redmi 8A dengan berbagai aktivitas. Karena mata sedikit lelah, GadgetSquad memutuskan menguji baterai Redmi 8A dengan mengakses radio dan layanan streaming musik di salah satu platfrom.

Tak terasa lantunan musik membuat kami terlelap hampir 1 jam lamanya. Saat terjaga kami sudah berada di kawasan Karawang, pengujian baterai Redmi 8A berlanjut dengan menonton streaming film dan membuka Youtube.

Terlepas dari koneksi operator yang sempat hilang di beberapa titik, secara umum pengujian baterai dengan menonton Youtube berjalan lancar jaya. Kenyamanan menonton di Redmi 8A tidak lepas spesifikasi layar hape ini yang sudah berteknologi IPS, berukuran 6,22 inci dangan beresolusi HD+
Bosan streaming video, baterai Redmi 8A langsung “digeber” dengan membuka berbagai permainan online. Dikomandoi prosesor buatan Qualcomm tipe Snapdragon 439, serta chipset octa-core yang dipadukan dengan kapasitas RAM 2GB, Redmi 8A cukup baik saat membuka game online.

Tiga jam berlalu, kurang lebih pukul 13.00 wib GadgetSquad akhirnya tiba di Stasiun Bandung. Selama pengujian cukup intens dalam perjalanan Jakarta ke Bandung, indikator baterai Redmi 8A tersisa 70 persen.

Saatnya mengesplor Bandung berteman Redmi 8A. Bermodal sepeda motor pinjaman, kami menguji Redmi 8A berkeliling Bandung ke berbagai tempat wisata yang sedang hits di Kota Kembang. Selama berkeliling Bandung, kami menguji baterai Redmi 8A dengan menjalankan fitur GPS.

Akurasi fitur GPS di Redmi 8A terbilang akurat, alhasil kami tidak tersasar saat berpetualang di tempat wisata mulai dari Lembang, hingga menikmati indahnya suasana malam di kawasan Braga, Bandung.
Tidak lupa selama perjalanan di Bandung, kami juga menguji baterai hape ini dengan mengabadikan berbagai momen lewat fitur kamera Redmi 8A. Kamera utama Redmi 8A mencapai 12MP dengan sensor lensa buatan Sony, yakni IMX363. Untuk keperluan selfie, Redmi 8A memanjakan penggunanya dengan kamera depan 8MP.

Bagaimana dengan kualitasnya? secara umum kualitas hasil bidikan kamera Redmi 8A tidak mengecewakan. Dalam kondisi cahaya normal, hasil foto begitu jernih dan nampak natural. Sementara Saat kondisi minim cahaya, memang ada sedikit noise hanya saja masih dalam kadar wajar.

Malam menjemput, jika ditotal kurang lebih 12 jam lamanya kami menguji baterai Redmi 8A, di mana petualangan di mulai dari Gambir hingga mengakhiri malam di kawasan Braga. Hasilnya baterai hape ini terbilang awet, pasalnya dengan pengujian sangat intens indikator catu daya Redmi 8A masih tersisa sekitar 30 persen.

Kesimpulan
Merujuk dari pengujian yang dilakukan, rasanya tagar #hapekecebatregede yang dikumandangkan Xiaomi kala merilis Redmi 8A bukan isapan jempol belaka!!