Mediatren.com – Buat yang mau beli smartphone Asus Zenfone, harus teliti dulu barangnya sebelum menyerahkan duit ke penjual. Jangan sampai yang dibeli ternyata barang BM alias black market alias barang gak resmi. Resikonya kalo ada kerusakan, service center resmi Asus gak bakalan mau terima perbaikan.
Sebenarnya gak cuma Asus Zenfone , smartphone merek lain juga perlu hari-hari terhadap barang BM. Tapi buat penjelasan saat ini, diambil contoh smartphone Asus Zenfone. Penjelasan ini disampaikan oleh akun kaskuser : zenfone2. Berikut penjelasannya :
Ada beberapa versi smartphone Asus BM, yaitu
- Ori asus, beli diluar negeri, ga da garansi di indonesianya
- Ori asus, dibawa dr luar negeri oleh importir, dilabelin “garansi distributor”.
- Replika asus, yg kbnyakan disalah artiin sbg BM
*akan ditolak oleh service centre Asus
Penjelasannya :
- Barang ori asu. Hanya saja ga ada garansi resmi di indonesia, krna dibawa langsung oleh pembeli dari negara lain dan dijual lagi di indonesia.
*akan ditolak oleh service centre Asus
- Barang ori asus, yg enteh seharusnya buat regional negara lain selain indonesia-misal Taiwan, tp dijual diindonesia (Black market-BM)
Garansi yg mengcover nya dr garansi importir tsb kaya pl*tinum, bl*ss, w*n, wi* dst
Biasanya service centre yg kaya gini cm ada di kota besar.
Kdg produknya harus dioprek dulu sebelum nyaman digunain, misalnya yg seharusnya buat regional cina, otomatis Rom nya punya Rom CN, banyak bloatware atau aplikasi yg ga penting, akhirnya biar nyaman dipke harus di flashing ulang ke Rom internasional (WW).
Aksesoris ikut asal regional, misalnya charger yg kaki nya pipih, charger yg kaki tiga, akhirnya harus diakalin beli converter
* garansi distributor akan ditolak oleh service centre Asus.
- Asus replika/KW/Super copy, ga perlu dibahas, bukan ori asus dah pasti beda.
*So pasti akan ditolak oleh service centre Asus
Terkait pertanyaan zenfone 2 yg garansi Win :
* win itu garansi distributor. Sama kaya bless, platinum, wii, dsb, jadi intinya sama aja barang Black Market-BM.
* legal apa ngga? Yah indonesia susah nih, agak abu-abu, toh emg importir, dan service centre nya ada. Masalah kualitas service centre jelas beda bahasan. Dan tentu TETAP dianggap NON RESMI.
* zenfone 2 garansi win asli apa ngga? Mangga dibuka, dicek, Diperhatiin dg spek yg seharusnya
Klo ada keganjilan mangga diposting kesini
*akan ditolak oleh service centre Asus
Lalu dimana caranya membedakan garansi resmi atau bukan?
Caranya yaitu lihat di impor oleh siapa pada kemasan/kardus waktu membeli. Ingat yang resmi hanya tiga distributor yaitu : Synnex Metrodata, Erajaya (Erafone) dan Datascript.