OPPO Reno Series – Generasi Smartphone OPPO untuk Kelas Premium

GadgetSquad.id – Seperti diketahui, pangsa pasar smartphone terbagi atas beberapa segmen. Secara umum setidaknya beberapa segmen pasar smartphone, yaitu kelas low end, kelas menengah, kelas atas atau kelas premium, ada juga yang menyebut smartphone flagship. Smartphone yang masuk kategori premium biasanya mengunggulkan tidak hanya desain tampilannya yang mewah, tetapi juga kemampuan fitur dan spesifikasinya yang tinggi. Untuk kelas premium ini, OPPO mengandalkan generasi OPPO Reno Series.

OPPO Reno4 glow gradation color

OPPO Reno dan Reno 10x Zoom

OPPO Reno series pertama kali diluncurkan pada Juni 2019. Adalah OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom yang dirilis saat itu. Keduanya membawa fitur pembeda dibandingkan smartphone lainnya saat itu. Fitur tersebut yaitu Pivot Rising Camera, sebuah kamera depan yang bisa bergerak timbul tenggelam secara otomatis begitu fitur kamera depan diaktifkan.

Belum lagi untuk OPPO Reno 10x Zoom yang mampu melampaui batasan yang ada pada fotografi smartphone, dengan dilengkapi tiga kamera belakang: kamera utama dengan resolusi 48MP, kamera telephoto dengan resolusi 13MP, dan kamera bersudut lebar dengan resolusi 8MP. Ketiga kamera ini bekerja bersama untuk mewujudkan full-focal-length sebesar 16mm-160mm, sehingga mampu mencapai 10x hybrid zoom. Kamera utamanya sendiri menggunakan optical image stabilization (OIS) dan closed-loop focusing motor untuk menangkap seluruh momen spesial pengguna secara jelas dan real time.

OPPO Reno2 dan Reno2 F

Selang beberapa bulan kemudian, tepatnya pada Oktober 2019 OPPO kembali menambah koleksi Reno Series-nya, yaitu dengan merilis OPPO Reno2 dan Reno2 F di Indonesia . Disektor kamera, Reno2 ditanamkan lensa 48 MP dengan sensor Sony IMX586 dan aperture f/1.7. Oppo turut memasang sensor wide-angle 116 derajat berukuran 8 MP.

Lalu ada lensa tele 13 MP dengan aperture f/2.4 yang menawarkan kemampuan 20x zoom. Tidak ketinggalan sensor monochrome 2 MP . Fasilitas imaging Reno2 sudah memilliki fitur Portrait Mode 2.0 serta Ultra Steady untuk mengambil foto dan video lebih baik. Tak ketinggalan Ultra Dark untuk foto di kondisi minim cahaya. Untuk selfie, vendor asal China ini masih menerapkan pivot rising camera. Ukuruanya sendiri 16 MP.

Untuk Reno2 F membawa empat lensa camera di bagian belakang. Kamera utamanya memakai sensor Samsung ICOCELL GM1 berukuran 48 MP. Tersemat kamera wide angle 8 MP. Lalu ada lensa monokrom 2 MP dan sensor depth 2 MP. Kamera depannya dibuat pop-up dengan ukuran 16 MP. Fitur menarik lainnya yang Ultra Steady Video, yang mampu merekam video dengan stabil meski tanpa menggunakan gimbal. Selain itu OPPO juga menyematkan fitur SoLoop, yaitu sebuah aplikasi video editor yang sudah tersedia.

OPPO Reno 3 dan Reno3 Pro

Memasuki 2020, tepatnya pada periode April – Maret, OPPO kembali menambah deretan smartphone Reno Series. Yaitu dengan meluncurkan OPPO Reno3 dan Reno3 Pro. OPPO Reno3 dibekali kamera 48MP Zoom Quadcam yang terdiri dari kamera utama 48MP Ultra-Clear, 13MP lensa telephoto, 8MP lensa sudut lebar, dan 2MP lensa mono. Reno3 dapat memenuhi kebutuhan fotografi melalui sudut pandang yang luas, normal, dan foto jarak jauh.

Kehadiran fitur 108MP Ultra Clear Image dapat menghadirkan foto yang tampil tajam dan tanpa kehilangan detail. Melalui kamera utama, Reno3 dapat merekam informasi sub-pixel dengan resolusi gambar yang sangat tinggi.  Ketika menggunakan fitur 108MP Ultra Clear Image, Reno3 akan mengambil foto multi-frame dan melalui kecerdasan buatan akan secara otomatis digabungkan.

Reno3 juga membawa evolusi fitur Ultra Steady Video yang hadir sejak perangkat Reno2 diperkenalkan.  Ultra Steady Video 2.0 membawa dua mode yang berbeda, pada mode Ultra Steady Video, OPPO memanfaatkan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) yang dikembangkan dengan algoritma baru sehingga meningkatkan efek anti-shake, kemulusan hasil video, dan kualitas gambar yang ditingkatkan dengan frame rate tinggi 1080p 60fps pada mode Ultra Steady Video dan 1080p 30fps pada mode Ultra Steady Video Pro.

OPPO Reno3 Pro hadir dengan kamera selfie dengan resolusi 44 MP dan 2 MP untuk depth sensornya. Secara desain sangat berbeda dengan seri reno3 dengan desain dew drop.

Kamera utama OPPO Reno3 Pro didukung dengan 4 kamera yang terdiri dari 13 MP dengan aperture f/2.4 untuk lensa telephoto, 64 MP dengan aperture f/1.79, 8 MP aperture f/2.4 lensa wide angle dan 2 MP dengan aperture f/2.2 untuk depth sensornya. Selain itu OPPO punya fitur 108 MP Ultra Clear Image melalui lensa utama untuk mengambil gambar dengan resolusi yang sangat tinggi yang ngehasilin foto dengan tampilan yang tajam dan tanpa kehilangan detail.

OPPO Reno4

Dan tidak lama lagi, OPPO akan segera meluncurkan Reno Series terbaru, yaitu OPPO Reno4. Sejumlah keunggulan sudah mulai tampak, mulai dari desainnya, fitur kamera hingga kemampuan kinerjanya.