Samsung Galaxy A10 vs Realme C2 – Hp Sejutaan, Mana Yang Jadi Pilihan?

0

GadgetSquad.id – Hp harga terjangkau tetap menjadi pilihan terutama bagi para pengguna pemula. Atau bagi mereka yang mau memiliki smartphone tapi dengan budget yang terbatas. Hp dengan harga sejutaan menjadi solusi bagi pengguna tipe seperti itu. Tidak heran jika minat terhadap Hp di level itu pun tetap tinggi. Dan itu yang membuat pasar smartphone di Indonesia masih ‘dibanjiri’ dengan Hp terbaru yang dibanderol dengan harga sejutaan. Yang paling terbaru yaitu Samsung Galaxy A10 dan Realme C2.

Samsung Galaxy A10 vs Realme C2

Samsung Galaxy A10 dijual dengan harga Rp1.799.000. Sedangkan Realme C2 dibanderol dengan dua pilihan harga, yaitu Rp1.699.000 (RAM 3GB/memori 32Gb) dan Rp1.499.000 (RAM 2GB/memori 16Gb). Dengan harga yang tidak terlalu terpaut jauh, mana di antara kedua Hp sejutaan tersebut yang membawa fitur lebih menarik, Samsung Galaxy A10 atau Realme C2? Simak pembahasan perbandingannya berikut ini :

Desain

Samsung Galaxy A10 tampil sederhana dengan bodi berbahan plastik polycarbonate. Bodinya ini tampil dalam tampilan glossy dengan pilihan warna hitam, biru dan merah yang terlihat flat. Kontur bodinya didesain agak membulat di pinggir sekelilingnya.

Di bodi belakangnya disematkan kamera yang didampingi lampu Flash. Selain itu juga terpampang logo Samsung di bagian tengahnya. Pada bodi belakang bagian bawah terdapat lubang speaker.

Bodi Samsung Galaxy A10 memiliki ukuran 155.6 x 75.6 x 7.9 mm. Sedangkan bobotnya mencapai 168 gram. Di bodi smartphone ini dilengkapi dengan triple slot micro yang terdiri dari slot memori MicroSD, dan 2 slot simcard. Untuk kebutuhan koneksi, disediakan port MicroUSB di bagian bawah. Seliain itu juga di sediakan lubang jack audio 3,5 mm.

samsung galaxy A10

Realme C2 didesain dengan bentuk sudut layar membulat. Bodi belakangnya memiliki tampilan desain potongan berlian yang memberikan penampilan yang elegan. Setiap desain potongan berliannya memberikan efek yang berbeda saat dilihat dari sudut tertentu.

Bodi Realme C2 dilapisi pula dengan lapisan matte yang agak mengkilap, keuntungannya adalah tidak licin di tangan dan tidak mudah meninggalkan sidik jari saat memegangnya.  Realme C2 tersedia dalam dua warna pilihan, yakni Diamond Black dan Diamond Blue.

Baca juga : Compare Realme 3 Pro vs Samsung Galaxy A50 – Hp Mewah Kelas Menengah

Bodi Realme C2 berukuran 154.3 x 73.7 x 8.5 mm , dengan bobot 166 gram. Pada bagian belakang bodi akan ditemukan dua kamera dengan lampu LED flash dan logo realme pada bagian bawah yang ditempatkan secara vertikal. Pada Posisi sebelah kiri ada tombol volume dan slot SIM tray.

SIM tray ini tersedia 3 slot yang terdiri dai 2 slot sim card dan 1 slot memory card. Kemudian disisi kanan tersedia tombol power, lalu disisi bawah ada lubang speaker dan MicroUSB dan lubang jack 3.5 mm.

Layar

Samsung Galaxy A10 hadir dengan layar berukuran 6,2 inci. Ketajaman layarnya didukung jenis layar IPS dan resolusi HD+. Layar ini mengusung desain Infinity-V Display, berupa notch kecil berbentuk seperti huruf V yang ada di sisi atas layar. Bagian notch ini terdapat kamera depan dan beberapa sensor.

Layar ini memiliki luas dengan ukuran 80.3% screen-to-body ratio. Layar ini juga tampila dengan ukuran bezel atau pinggiran layar yang terbilang tipis. Namun sayangnya layar ini tidak dilapisi lapisan anti gores.

samsung galaxy A10 (2)

Realme C2 memiliki layar berukuran 6.1-inci dengan poni kecil diatasnya (dewdrop notch). Layar ini memiliki rasio layar ke bodi mencapai 89.35%. Dengan tampilan layar yang nyaris tanpa bezel, memberikan tampilan yang lebih lebar sehingga nyaman digunakan untuk main game dan menikmati konten multimedia, seperti menonton video.

Meski dibanderol dengan harga murah, Realme C2 melapisi layarnya dengan lapisan Corning Gorilla Glass. Hal ini guna memproteksi layar dari goresan-goresan. Layar juga dilengkapi dengan material APCF untuk meningkatkan kecerahan layar walaupun dibawah sinar matahari. Selain itu berkat lapisan anti-reflective coating, layarnya mampu meningkatkan kecerahan layar hingga 35% dan sudut pandang layar juga menjadi lebih luas.

realme-c2-1-600x383

Kamera

Untuk kebutuhan fotografi, Samsung Galaxy A10 membawa kamera belakang dengan resolusi 13MP yang ditemani lampu Flash. Kamera ini memiliki aperture f/1.9 dan punya kemampuan untuk menangkap foto Wide angle. Untuk merekam video, kamera ini bisa merekam hingga resolusi [email protected]

Sedangkan untuk kamera depannya, smartphone Samsung terbaru ini membawa kamera berresolusi 5MP (f/2.0). Kamera depan ini juga digunakan untuk fitur Face Recognition, yang bisa mendeteksi wajah pengguna sebagai sistem keamanan.

samsung galaxy A10 (3)

Dibekali dua kamera belakang dan teknologi AI, realme C2 memiliki kamera berresolusi 13MP dan 2MP dengan lensa 5P. Dengan kamera ini maka pengguna akan lebih mudah mendapatkan hasil foto bokeh dengan efek blur yang natural. Didalamnya pengguna bisa menggunakan beberapa fitur, seperti, Mode Portrait, HDR an AI Beauty Selfies.

Kamera ini juga mampu menghasilkan rekaman video dengan resolusi yang tinggi, yakni mencapai resolusi 1080P. Untuk perekaman video penggunanya juga bisa meghasilkan video Slo-mo pada kecepatan 80fps resolusi 480p.

Kamera pada realme C2 juga memiliki kelebihan pada fitur Chroma Boost Mode. Dengan fitur ini kamera realme C2 yang dibekali fitur teknologi AI mampu mengidentifikasi dan mengoptimalkan scene, meningkatkan dynamic range keseluruhan foto, menajamkan detail yang lebih kaya dalam highlight dan shadows, dan memberikan eksposur yang lebih seimbang.

Untuk kebutuhan selfie, realme C2 sudah siapkan kamera depan 5 megapiksel dengan hasil foto selfie berkualitas baik. Kamera selfie ini bisa menterjemahkan wajah dan mengenali wajah jenis kelamin, usia dan warna kulit secara akurat untuk menemukan efek kecantikan yang paling sesuai sebagai dasar untuk penyesuaian lebih lanjut.

realme c2 (2)

Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, Samsung Galaxy A10 dibekali dengan baterai berkapasitas 3,400 mAh. Untuk penggunaan yang cukup intens smartphone ini masih bisa diandalkan meski baterainya akan terkuras habis tidak sampai seharian.

Realme C2 sudah dibenamkan kapasitas baterai 4.000 mAH. Dengan kapasitas yang dimilikinnya ini, baterai realme C2 sanggup bertahan seharian tanpa perlu di-charge. Dengan baterai berkapasitas ultra-besar ini realme juga yang telah dibenamkan teknologi penghematan daya.

Baca juga : Samsung Galaxy A10 vs A20, Apa Bedanya?

Performa

Untuk kemampuan performanya, Samsung Galaxy A10 mengandalkan prosesor buatan Samsung sendiri yaitu Exynos 7884 OctaCore. Selain itu juga didukung prosesor grafis GPU Mali-G71 MP2.

Performa Samsung Galaxy A10 ini juga tidak lepas dari peran RAM 2 GB dan memori internal 32 GB. Jika kapasitas memori tersebut masih terasa kurang, sudah disediakan slot MicroSD. Untuk sistem operasi dan user interfacenya, smartphone Samsung terbaru ini mengadopsi One UI berbasis Android Pie.

Dibekali dengan prosesor octa-core chipset MediaTek MTK6762R processor, Realme C2 memiliki kecepatan CPU maksimal hingga 2.0GHz. Prosesor tersebut didukung pula dengan memori RAM 2GB dengan memori internal 16 GB. Jika memori internalnya kurang, pengguna bisa menambahkan memori untuk menyimpan data melalui slot memorri eksternal MicroSD yang dapat dimasukan hingga 256GB.

Realme C2 sendiri memiliki dua pilihan kapasitas penyimpanan, yakni RAM 2GB+16GB dan 3GB+32GB sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Kesimpulan

Ternyata dengan harga yang tidak terpaut jauh, Realme C2 yang harganya agak lebih murah, justru malah membawa fitur yang lebih menarik dibandingkan Samsung Galaxy A10. Seperti dual kamera di bodi belakang, fitur kamera yang lebih lengkap, kapasitas baterai yang lebih besar serta layar yang sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3.