Acer ChromeBook 514 CB514-1W : Laptop Ringan Dan Kencang Dengan Intel Core Generasi Ke-11 !

Di era digital kaya sekarang ini, laptop merupakan salah satu gadget yang wajib dimiliki sebagai penunjang aktivitas pekerjaan. Chromebook sebagai laptop dengan sistem operasi Chrome OS memang sangat recommended untuk aktivitas penulis  karena alasan mobilitas. 

Dan di video kali ini kita akan bahas laptop ChromeBook terbaru dari Acer. Punya desain kokoh dan ringan, performa nya juga powerful, dan konektivitas udah cukup lengkap. Ini dia, Acer ChromeBook 514 CB14-1W.

Desain

Acer ChromeBook 514 ini merupakan laptop dengan konsep mobilitas tinggi, itulah kenapa laptop ini tetap hadir dengan bodi yang ringkas dan ringan. Bobot nya hanya 1,4 kilogram yang membuat laptop ini tetap mudah untuk dibawa bepergian.

Secara desain, menurut kami laptop ini cukup stylish dan tampak profesional. Di bagian cover menggunakan material metal dengan lapisan kesat, rancang bangun yang solid dan kokoh dengan build quality yang cukup baik.

Tidak hanya itu, laptop ini sudah memiliki sertifikasi ketahanan standar “Military Grade Durability” (MIL-STD-810H) yang artinya, untuk mendapatkan sertifikat tersebut, laptop ini harus menjalankan beberapa uji ekstrem termasuk ketinggian yang ekstrim, suhu, kelembaban, dan sebagainya.

Saat laptop dibuka pada bagian hinge nya memungkinkan bodi bagian bawah laptop akan terangkat. Ketika dalam posisi ini tentunya akan membuat lebih nyaman saat mengetik, dan membuat sistem pendinginan berjalan lebih optimal karena adanya ruang di bawah bodi yang terangkat.

Layar 

Pindah kebagian layar, Acer ChromeBook 514 hadir dengan layar 14 inci jenis panel IPS dengan LED backlight resolusi full HD 1920 x 1080 piksel. Layar tersebut didukung fitur Acer ComfyView yang memberikan kenyaman dan tidak membuat mata jadi cepat lelah. Dengan hal tersebut, tidak heran jika laptop ini cocok digunakan untuk bekerja dalam waktu lama. 

Sedangkan pada bezel layar, di kedua sisi kanan dan kirinya, Acer ChromeBook 514 hadir dengan bezel yang cukup tipis yang lebih keliatan modern. Dibagian atas, tempat di mana posisi webcam berada sangat bisa dimaklumi karena desain bezelnya masih terbilang sedikit tebal. Nah untuk pengguna yang sering conference call, pada bagian kamera webcam dilengkapi dengan fitur “ camera shutter “ untuk menjaga privasi pengguna pada saat webcam sedang tidak digunakan.

Keyboard

Keyboard pada laptop ini cukup memberikan kenyamanan saat kami coba gunakan untuk mengetik, jarak antara key pun cukup renggang sehingga meningkatkan akurasi pengetikan. Selain itu dilengkapi juga dengan LED backlit, yang artinya pengguna masih bisa mengetik walaupun dalam kondisi kurang cahaya. Sedangkan di bagian atas, terdapat beberapa tombol yang berfungsi secara default. Seperti untuk mengatur tombol volume atau tingkat kecerahan layar, screenshot layar, record dan refresh. Hadirnya tombol searching di bawah tombol tab juga mempermudah saat melakukan penelusuran di browser.

Sedangkan untuk area touchpad, ukurannya cukup luas yang hadir tanpa dedicated button dengan permukaan cukup licin. Selama penggunaan kami merasa cukup nyaman walaupun tanpa menggunakan mouse. Hadirnya Precision Touchpad di laptop ini juga mendukung gerakan swipe tiga jari ke atas untuk membuka antarmuka Task View yang memudahkan penggunaan buat bekerja secara multitasking.

Jika diperhatiin, di sebelah kanan touchpad ada tombol sensor fingerprint, yang tentunya memberikan cara cepat dan rasa aman bagi pengguna untuk membuka kunci dan memverifikasi identitas mereka tanpa kata sandi. Karena detail sidik jari disimpan di Chromebook itu sendiri, dan bukan di cloud, sehingga sidik jari pengguna disimpan dengan aman.

Konektivitas

Soal kelengkapan konektivitasnya, Acer ChromeBook 514 ini hadir dengan beragam port yang cukup lengkap. Di sisi kiri terdapat dua USB Type C yang sudah mendukung teknologi Thunderbolt 4, HDMI, dan Jack Audio. Sedangkan di sisi kanan terdapat kensington lock, 1 port USB 3.2 type A, Slot Micro SD, dan led indikator untuk dan baterai.

Sebagai laptop ringkas yang mengedepankan mobilitas, laptop ini juga dilengkapi dengan opsi konektivitas nirkabel. Koneksi WiFi dari Intel® Wi-Fi 6 2×2 MIMO membuat laptop ini tetap bisa terkoneksi dengan internet dan Bluetooth® 5.0 untuk berbagai aksesoris nirkabel bisa terhubung secara leluasa.

Performa

Dari segi performa, unit Acer ChromeBook 514 yang kami coba didukung dengan prosesor Intel Core i5-1135G7. Ada empat varian tipe prosesor yang bisa dipilih dengan Intel Gen 11 yakni, 11th Gen Intel® Pentium® Gold 7505 Processors, 11th Gen Intel® Core™ i3 – 1115G4 Processors, 11th Gen Intel® Core™ i5 – 1135G7 Processors dan 11th Gen Intel® Core™ i7 – 1165G7 Processors yang menurut kami untuk sebuah laptop ChromeBook performa nya terbilang kencang di kelasnya dengan dukungan GPU bawaan Intel Iris Xe Graphics. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, laptop ini menawarkan peningkatan performa hingga 40% lebih baik.

Selama kami mencoba laptop ini, prosesor Intel Core i5 seri 1135G7 cukup menunjukan performa nya yang kencang untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa prosesor atau CPU, misalnya ketika browsing, pekerjaan multitasking, nonton film, hingga mengedit konten. Selain itu, laptop ini juga didukung dengan kapasitas RAM sebesar 8GB DDR4 dan storage yang  tipe SSD saja dengan ukuran 128GB (Up to 256 GB, PCIe Gen3, 8 Gb/s up to 2 lanes, NVMe)

Chrome OS

Untuk pengguna yang awam dengan laptop ChromeBook, sesuai dengan namanya sistem operasinya jelas menggunakan Chrome OS. Yup, Chrome OS merupakan sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang oleh perusahaan Google yang dirilis pada tahun 2010 lalu untuk versi stabilnya.

Jika kalian pengguna Chrome browser, pastinya tidak akan asing dengan Chrome OS ini. Tampilan dan Fitur yang ada pada sistem operasi ini sangat familiar dan identik dengan Chrome browser yang sering dipakai oleh kebanyakan orang. 

Ketika  pertama kali menghidupkan sistem operasi milik Google ini, pengguna akan diminta untuk login ke akun Google. Setelah login, Pengguna akan disambut dengan tampilan desktop yang bersih dan simple. Jadi, Chrome OS ini sudah terintegrasi dengan semua layanan Google seperti, Google Drive, Google Docs, Gmail, Google Plus, dan juga Play Store.

Ingin bermain game favorit yang biasa dimainkan di smartphone Android, bisa langsung di install di sini. Atau, bagi pengguna yang hobi mengedit foto menggunakan VSCO ataupun Lightroom bisa mendownload aplikasi tersebut di PlayStore kemudian Install.

Secara sederhana, menurut kami Acer ChromeBook 514 ini seperti smartphone android yang dipindahkan ke laptop, tidak butuh waktu lama buat penyesuaian selama penggunaan. Dan tidak membutuhkan waktu lama juga pada saat booting, pada chrome OS ini hanya membutuhkan waktu dibawah 10 detik saja hingga siap pakai, sangat cepat.

Audio

Sistem audio dari Acer ChromeBook 514 terbaru ini dibekali dengan fitur DTS® Audio untuk memberikan pengalaman multimedia yang lebih baik. Bagi pengguna yang suka, streaming film ataupun sekedar mendengarkan musik, kualitas audio yang dihasilkan dari laptop ini cukup memanjakan telinga. Kualitas suara bas nya cukup kuat dengan dua stereo speaker yang terletak di bagian bawah kanan dan kiri yang didukung teknologi Smart Amplifier.

Baterai

Buat daya tahan hidupnya sendiri, laptop ini sangat mendukung untuk penggunaan secara mobile, yang diklaim bisa bertahan sampai dengan 10 jam penggunaan secara normal. Apalagi, sudah didukung dengan fitur fast charge, USB C Power Delivery.

Kesimpulan

Menurut kami, Acer ChromeBook 514 ini merupakan sebuah laptop modern dengan desain tipis dan bobot ringan, yang memiliki kemampuan kinerja tinggi karena dukungan prosesor Intel Generasi 11 yang powerful.

Selain itu juga grafis terintegrasi Intel Iris X Graphics, desain stylish dengan casing metal, layar full HD, baterai tahan lama, media penyimpanan SSD, dan dilengkapi Chrome OS menjadi daya tarik utama laptop ini dan layak dipertimbangkan bagi pengguna yang membutuhkan laptop ringan dengan kinerja powerful.