ASUS VivoBook X505ZA: Laptop Murah, Cocok Untuk Para mahasiswa

0

Pilihan laptop murah murah dipasar kini semakin banyak. Seperti Asus VivoBook 15 X505ZA series yang sudah cukup untuk para mahasiswa. Bagaimana kemampuannya? Berikut adalah review lengkapnya:

ASUS VivoBook X505ZA Laptop Murah, Cocok Untuk Para mahasiswa (13)

Desain

ASUS X505ZA memiliki bodi yang terbilang slim dan ringan, dari sisi desain, overall ASUS X505ZA tampil cukup elegan.

Dibalut dengan material logam yang menyelimuti di sekitar area keyboard yang juga menunjang penampilannya. Namun begitu pada struktur bodinya didominasi oleh material plastik, yang membuat laptop ini terasa kurang premium saat ditenteng di tangan, tetapi sebagai laptop murah hal ini memang tidak bisa dielakkan.

ASUS VivoBook X505ZA Laptop Murah, Cocok Untuk Para mahasiswa (13)

Laptop ini dibekali layar 15 inci dengan ketebalan hanya 20,44mm dan bobot 1,68kg, dengan rasio panjang dan lebar 361,4×243,5mm.

Menariknya, meski membenamkan layar 15 inci, laptop Asus ini memiliki form-factor layarnya laptop dengan ukuran 14 inci. Ini berkat pemangkasan bezel samping layar yang cukup signifikan. Ketebalan bezelnya hanya 7,7mm yang menghasilkan rasio display ke body mencapai 81 persen.

Asus X505ZA dilengkapi sejumlah port fisik penting. Kamu bisa menemuka indikator pengisian daya, slot kartu memori flash, soket headphone/headset/mikrofon, dua buah port USB 2.0, dan slot keamanan pada sebelah kanan. Berpindah ke sisi kiri, ditemui port USB type-C, port USB 3.0, port HDMI 1.4, port LAN, dan soket untuk mengisi daya.

Layar

Menggunakan layar 15,6 inci, tampilan pada laptop ini menggunakan dengan NanoEdge display dengan ultranarrow bezel 7,7mm. Dnegan luas yang dimilikinya, pengguna akan disuguhkan tampilan dengan resolusi HD (1366×768 piksel) denngan nilai colorgamut NTSC-nya hanya 45 persen.

ASUS VivoBook X505ZA Laptop Murah, Cocok Untuk Para mahasiswa (13)

Layar laptop ini telah dilengkapi lapisan anti-glare, refresh rate 60Hz, teknologi Splendid, hingga fitur ASUS Tru2Life Video untuk meningkatkan kualitas visual, serta mendongkrak ketajaman gambar dan level kontras hingga 150 persen.

ASUS VivoBook X505ZA Laptop Murah, Cocok Untuk Para mahasiswa (6)

Dengan resolusi yang dimilikinya, memang sejatinya masih kurang memadain untuk kebutuhan mengedit foto atau video. Namun meski begitu, kualitas tampilan layar ASUS X505ZA masih mumpuni untuk aktivitas pemutar file multimedia seperti menonton video dan gaming.

Keyboard dan Touchpad

Keyboard Asus X505ZA sudah mengadopsi penggunaan chiclet keyboard dengan jarak lebih luas di antara tombolnya. Pengguna tidak aan menemukan numerical pad pada laptop ini, namun ukuran tuts yang cukup lapang, membuat nyaman saat pengguna menggunakannya untuk mengetik. Ini berkat sensasi tactile yang ada pada keyboard, dengan begitu kejadian typo akan berkurang.

 

ASUS VivoBook X505ZA Laptop Murah, Cocok Untuk Para mahasiswa (7)

Kekurangannya pada keyboard laptop ini adalah tidak adanya backlight dan indikator caps lock. Selain itu yang membuatnya tidak nyaman adalah ukuran tombol navigasi arah yang terlalu kecil.

Beruntung, laptop murah ini masih mendukung kapabilitas Windows gesture pada touchpad laptop yang letaknya di tengah. Sejumlah gerakan berbeda di atasnya akan memicu fungsi tertentu.

Seperti dengan tiga jari untuk menyapu ke bawah untuk menampilkan desktop, tiga jari ke atas untuk multitasking view, dan tiga jari ke samping kanan atau kiri untuk berpindah antar aplikasi, dan banyak lagi.

Baca juga: Review Asus Zenbook Pro 14 UX480

Kinerja

Hadir dengan kelengkapan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home, laptop ini didukung dengan AMD Ryzen 5 2500U Processor 2.0 GHz (2 M cache, up to 3.6 GHz) dengan Thermal Design Power 15 watt telah tertanam. Prosesor ini sudah mendukung Integrated Graphics Processor (IGP) VEGA 8.

ASUS VivoBook X505ZA Laptop Murah, Cocok Untuk Para mahasiswa (6)

Kemampuan diatas masih dipadupadankan dengan memori RAM berkapasitas 8 GB DDR4 1866MHz (dual channel), hard drive 1TB 5400 rpm SATA HDD. Dengan spesifikasi yang dimilikinya menegaskan bahwa dari segi performa Asus X505ZA memang sudah cukup memadai.

ASUS VivoBook X505ZA Laptop Murah, Cocok Untuk Para mahasiswa (6)

Saat diuji untuk penggunaan sehari-hari seperti pekerjaan kantoran menjalankan aplikasi Office, browsing dengan banyak tab, laptop ini mampu mengakomodasi dengan nyaman tanpa ada masalah. Begitu juga saat mengedit foto di software editing gambar seperti Photoshop CC.

Daya Tahan Baterai

Untuk kemampuan tenaga baterai, laptop Asus ini menggunakan baterai 3-cell 42 Wh yang bisa bertahan hingga seharian. Saat diuji berdasarkan penggunaan standart, seperti browsing, menyelesaikan pekerjaan kantor, hingga streaming dan menonton file video 1080p selama 2 jam yang terhubung ke jaringan WiFi, dengan tingkat kecerahan layar dan volume suara 50 persen, laptop ini mampu bertahan hingga sekitar 5 jam

ASUS VivoBook X505ZA Laptop Murah, Cocok Untuk Para mahasiswa (6)

Kesimpulan

Dengan harga ekonomis, Asus X505ZA bisa menjadi alternatif baru untuk mereka para mahasiswa yang ingin menyelesaikan tugas akhir mereka. Atau untuk karyawan yang membutuhkan laptop terjangkau dengan kemampuan yang cukup kencang.

Kelebihan

  • AMD Ryzen 5 Processor yang powerful
  • Harga terjangkau
  • Dibekali port USB Type-C

Kekurangan

  • Resolusi layar HD
  • Keyboard tidak memiliki backlight