Review Acer Nitro 5 AN515-57 : Laptop Gaming Powerful Dengan Harga Terjangkau !

Untuk para gamer, laptop gaming tentunya sudah jadi perangkat yang tidak bisa dipisahkan, bisa memainkan game favorit di rumah atau di mana saja. Selain itu juga memiliki kemampuan grafis yang tinggi yang di sukai para gamers dan video editor.

Kali ini tim Gadget Squad akan  membahas satu laptop gaming yang memiliki performa powerfull, fitur lengkap, dan juga dibekali dengan grafis GeForce RTX 3050 sebagai daya tarik utamanya. Menariknya, dari semua itu, laptop gaming ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, ini dia Acer Nitro 5 AN515-57

Desain

Acer Nitro 5 AN515-57 memiliki desain yang masih mirip dengan generasi sebelumnya. Secara estetik tidak banyak yang berubah, mulai dari sudut lekukan tegas di layar dan bodinya, aksen warna merah dikurangi di bodi belakang, kecuali di bagian keyboard dan lubang ventilasi di bagian belakangnya.

Jujur, kami suka warna hitam dari back covernya dengan tarikan garis desain yang agresif membuat lebih tearasa Aura gamingnya. Seluruh bodinya mengusung material plastik dengan build quality yang cukup solid dan memiliki bobot sekitar 2,2 Kg. Rancangan bodinya ini memang bukan yang paling tipis dan ringan di kelasnya, tapi masih sangat nyaman untuk dibawa berpergian dan bisa dibilang masih tergolong cukup ringan untuk sebuah laptop gaming.

Layar

Pindah kebagian layarnya, Acer Nitro 5 AN515-57 punya ukuran layar seluas 15,6 inci jenis panel IPS, 100% sRGB dengan resolusi 1920 x 1080 piksel yang sudah mendukung refresh rate 144Hz untuk pengalaman gaming yang lebih baik dan response time 3ms yang memungkinkan visual yang tajam dan gameplay yang halus juga bebas blur.

Overall menurut kami, tampilan warna dari layarnya masih tergolong oke, baik digunakan untuk kebutuhan konten multimedia ataupun untuk bermain game. Selain itu, laptop gaming ini juga memiliki viewing angle yang cukup luas, sehingga jika kita melihat dari sudut yang ekstrem tidak ada degradasi warna berlebih. Sedangkan dibagian atas layar ada Webcam dengan resolusi 720p, dan di kedua sisi bezelnya ini cukup tipis meskipun di bagian bawahnya sedikit lebih tebal

Keyboard

Untuk desain dan layout keyboardnya sendiri masih sama dengan seri Nitro sebelumnya. Backlit RGB 4 zona nya juga bisa diatur sesuai keinginan lewat aplikasi “ Nitro Sense “. Khusus tombol WASD, tombol panah, dan tombol shortcut Nitro Sense memiliki warna berbeda dengan tombol lain. Jika diperhatiin, tiap tombol ini juga memiliki jarak yang cukup renggang, sehingga kenyamanan ketika digunakan saat mengetik tombolnya cukup nyaman dan enak ditekan. Tidak keras dan tidak kaku, semua terasa pas.

Bagian touchpadnya hadir tanpa tombol fisik, sebenarnya kami kurang suka, karena biasanya jika pas menekan klik kiri dan kanan butuh effort lebih, apalagi terkadang tidak pas saat menekan kanan dan kiri. Tapi hal tersebut tidak berlaku untuk laptop ini. Untuk menekan fungsi klik kiri dan kanan tidak perlu terlalu keras dan navigasinya juga enak dan lancar. Hanya saja, karena posisi touchpadnya tidak pas di tengah, yang cenderung lebih ke arah kiri, jadi saat kami gunakan ketika mengetik beberapa kali menyenggol kursornya dengan telapak tangan sebelah kiri. Terlepas dari hal tersebut, sama seperti touchpad laptop-laptop saat ini, Acer Nitro 5 AN515-57 sudah mendukung windows precision driver yang bisa menjalankan fungsi multi gesture sampai dengan empat jari.

I/O Port

Soal kelengkapan konektivitas, Acer Nitro 5 AN515-57 hadir dengan beragam port. Di sebelah kiri terdapat kensington lock, Ethernet (RJ-45), 2 USB 3.2 Gen 1 dan 3.5 mm jack audio. Sedangkan di sebelah kanan terdapat port HDMI 2.0, 1 USB 3.2 Gen 2 dan Type-C with Thunderbolt 4 port supporting.

Performa

Masuk ke bagian performa nya yang merupakan salah satu hal yang menarik dari laptop ini. Kenapa menarik ? seperti yang sudah kami sebutkan di awal, laptop ini memiliki ini performa powerful tapi dengan harganya yang tetap terjangkau. Dengan harga dibawah 15 Juta untuk SKU laptop ini, prosesornya sudah menggunakan Intel® Core™ i5-11400H Processor (12M Cache, up to 4.50 GHz) dengan kartu grafis NVIDIA ® GeForce ® RTX 3050 with 4 GB of dedicated GDDR6.

Sebagai informasi tambahan, Prosesor Intel Gen 11 H Series ini hadir dengan arsitektur baru Willow Cove Core dengan teknologi 10nm SuperFin. Jadi dengan adanya Intel Willow Cove ini didesain untuk memanfaatkan secara optimal kemampuan yang ditawarkan oleh technology 10 nm SuperFin. Alhasil, Intel Willow Cove di laptop ini menawarkan frekuensi kerja yang jauh lebih tinggi.

Selain itu, untuk mendukung kinerjanya, Acer Nitro 5 AN515-57 memiliki kapasitas RAM sebesar 8GB dengan media penyimpanan sebesar 512GB SSD NVMe. Jika dirasa kurang, pengguna juga bisa memaksimalkan kinerjanya karena laptop gaming ini sangat upgradeable, mulai dari memori dan storage nya. Ada 2x slot SSD NVMe,  2x slot RAM up to 32GB, dan 1x slot HDD yang bisa ditambahkan sampai dengan kapasitas 2TB.

Benchmark

Untuk menguji kemampuan GPU nya, kami menggunakan beberapa software untuk mengetahui performa dari laptop gaming ini, yang pertama Novabench dengan hasil score “ 2355 “ point.

Selain itu hasil test menggunakan benchmark Cinebench R15. Dari pengujian, bisa kita lihat, jika Intel Core i5-11400H di laptop ini meraih skor 1291 Point lebih unggul, yang terpaut selisih poin saja dengan Intel Xeon CPU X5650. Sedangkan untuk pengujian grafis OpenGL, performa laptop ini mendapatkan 131.03 fps.

Selanjutnya hasil benchmark dari Cinebench R20 score nya 3170 point dan PCMark 10, laptop ini mendapatkan skor 5642 point.

Berdasarkan hasil tersebut, performa Intel Core i5-11400H di laptop ini cukup tinggi, Jadi tidak perlu diragukan lagi kemampuannya untuk menjalankan software atau game yang memerlukan kinerja CPU.

Gaming test

Saat kami mencoba memainkan game yang cukup berat, laptop ini juga cukup menunjukan performanya dengan baik. Ada dua yang kami mainkan dengan genre RPG dan FPS yaitu Genshin Impact dan Valorant. 

Di game yang pertama, menurut kami game RPG ini membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang cukup mumpuni agar bisa lancar dimainkan. Nah hal tersebut tebukti Acer Nitro 5 ini bisa menjalankan game Genshin Impact dengan lancar pada settingan grafik mentok kanan. Di beberapa part grafik ramai kami tidak menemukan adanya frame drop, selama bermain game bisa berjalan mulus di 60 an FPS.

Begitu juga di game kedua yaitu Valorant dengan settingan grafik mentok kanan, game bisa dimainkan dengan lancar dan tidak ada kendala apapun. Di scene ramai game ini bisa mendapatkan di 100 an FPS.

Cool Boost

Salah satu hal yang membuat tidak nyaman ketika bermain game di laptop yaitu overheat. Jujur setelah memainkan dua game selama satu jam lamanya, untuk suhu laptop gaming ini terbilang stabil. FYI, untuk experience gaming yang lebih nyaman dan lancar, Acer Nitro 5 didukung dengan desain sistem pendingin yang baru. Selain layout peletakan dua kipas yang terpisah pada bagian sisi kiri dan kanan, penggunaan desain heatsink yang lebih tebal dan juga memiliki 4 buah port pembuangan panas pada sisi kiri, kanan dan 2 di arah belakang yang membuat kinerja sistem termal meningkat hingga 25% lebih baik dari model sebelumnya.

Apalagi ditambah dengan fitur Coolboost melalui aplikasi Nitro Sense yang bisa meningkatkan kecepatan kipas sampai 10% dan pendinginan CPU / GPU sebesar 9% jika dibandingkan dengan mode otomatis. Di fitur Coolboost Nitro Sense menawarkan tiga option yang bisa pengguna pilih, mulai dari Auto, Max, dan Custom. 

WiFi 6

Untuk gamers yang suka bermain game online, laptop gaming ini juga didukung dengan Killer TM Ethernet E2600 dan Intel Wi-Fi 6 AX201, yang membuat game load dan waktu respons nya akan jadi lebih cepat.

Audio

Tidak ketinggalan untuk menyuguhkan suara yang baik, kualitas audionya sudah dilengkapi dengan fitur Acer TrueHarmony yang menyediakan 8 preset melalui software Nitro Sense. Selain itu hadirnya DTS: X® Ultra technology, bisa mengeluarkan suara yang cukup jernih. Audio di laptop ini pake dua speaker yang terletak di bagian bawah di sebelah kiri dan kanan.

Overall, kualitas audio yang dihasilkan cukup baik dengan hentakan bass cukup kuat dan Suara mid yang jernih. Ya, bisa kami bilang cukup bisa memanjakan telinga para gamers ketika saat bermain game atau sekedar menikmati konten multimedia.

Baterai

Daya tahan hidup laptop ini memiliki kapasitas baterai 57 Whr 15.2 V 4-cell Li-ion yang diklaim bisa bertahan hingga 8 jam penggunaan normal. Jika sedang di luar rumah dan lupa bawa adapternya, daya tahan baterainya masih bisa diandalkan untuk penggunaan yang tidak terlalu berat seperti office atau browsing. Selain modelnya yang terbilang cukup slim, berat dari adapter ini juga cukup ringan untuk ukuran adapter laptop gaming, hanya 500 gram saja. Jadi bisa dengan mudah dibawa bepergian.

Kesimpulan

Acer Nitro AN515-57 ini menurut kami merupakan sebuah laptop gaming murah terbaru dengan Nvidia GeForce RTX 3050 dan prosesor Intel Core i5 generasi ke-11 sebagai daya tarik utamanya. Apalagi, harganya yang sangat menarik dibanderol dibawah 15 Juta atau lebih tepatnya di harga Rp 13.564.030

Jika melihat sekali lagi spesifikasi dan fitur gaming yang lengkap di laptop ini, jelas ini menarik dan layak dipertimbangkan untuk gamer kasual atau konten kreator yang membutuhkan performa powerful dengan harga kompetitif.

Link pembelian : https://store.acer.com/en-id/nitro-5-an515-57-i5-11400h-rtx3050