Review Advan i5A , Smartphone 4G Fitur Bertaji

Advan-i5Mediatren.com – Tidak ingin ketinggalan di persaingan smartphone 4G LTE, Advan segera mengeluarkan smartphone terbarunya, yaitu tipe Advan i5A. Sebagai ponsel perdana Advan dengan kemampuan 4G, apa yang dibawa i5A. Apa saja keunggulan fitur yang dibawa smartphone ini ? Berikut reviewnya :

Double Mirror Glass
Sepertinya desain Advan i5A terinspirasi dari iPhone 6, walau jika dilihat lebih mendetil akan terlihat sejumlah perbedaannya. Advan i5A menyuguhkan layar Oncell berukuran 5 inci beresolusi 1280 x 720 pixel berteknologi IPS dan memiliki kepadatan 294ppi. Kombinasi teknologi layar IPS dan Oncell, sudut padang layar selain lebih luas, tampilan konten juga terlihat lebih cerah. Responsivitas layar juga tergolong baik serta sudah support multi touch hingga 5 point.

Mengusung desain unibody, Advan i5A juga dikemas dengan sentuhan ‘double mirror glass’ yang membuatnya tampak elegan. Komponen penting, seperti port microUSB, audio jack 3.5mm, tombol power, dan tombol volume, semua disajikan Advan di bagian sisi i5A. Seperti tombol volume dan tombol power, kita bisa menemuinya di sisi sebelah kiri. Sementara slot untuk memasukkan kartu SIM, berada di sisi sebelah kanan. Port microUSB dan audio jack 3,5 mm, masing-masing terletak di sisi bagian bawah dan atas. Desain Advan i5A terbilang sangat compact dengan dimensi 146 mm x 70 mm x 8 mm membuatnya terasa pas di tangan. Bobotnya juga terbilang cukup ringan.

Advan i5A mengusung sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Advan i5A, yang nampak masih menggunakan Android 5.1 Lollipop tanpa embel-embel adanya antarmuka tambahan.
Guna mendukung kinerjanya, Advan i5A dipersenjatai oleh prosesor 64-bit quad-core MT6735P berkecepatan 1GHz ditandem dengan RAM 2GB plus memiliki memori internal 16 GB yang masih bisa diperluas via kartu microSD.

Berbekal spesifikasi tersebut, aktivitas pengguna mulai dari multitasking maupun game bisa berjalan dengan lancar. Untuk membuktikan kinerjanya, ketika digunakan main game sekelas Aspalt 8, di Advan i5A game tersebut dapat dimainkan tanpa hambatan berarti. Berdasarkan pengukuran kinerjanya menggunakan aplikasi Antutu, Advan i5A didapati mencetak skor 20 ribu-an.

Untuk menopang kinerjanya, Advan i5A mengandalkan dapur pacu quad-core MT6735P berkecepatan 1GHz yang ditandem dengan RAM 2GB plus memori internal 16 GB untuk menyimpan data. Secara umum, Advan i5A memiliki kinerja yang cukup mumpuni untuk menemani penggunanya beraktivitas. Berdasarkan pengujian kinerja yang kami lakukan, Advan i5A memilik skor benchmark 24 ribuan. Game sekelas Aspalt 8, pun bisa dimainkan dengan lancar di smartphone ini.

Di sektor penyuplai daya, Advan i5A dibekali baterai dengan kapasitas yang bisa dibilang tidak terlalu besar, yakni 2200 mAh berjenis nonremovable alias tidak bisa dicopot.
Beralih ke fitur kamera. Untuk kamera utama, yang terletak di belakang, smartphone ini menawarkan sensor beresolusi 13 MP yang disebut Advan sebagai Dinamic Camera. Soal kinerjanya, lensa kamera pada smartphone ini terbilang cukup mempuni di mana dapat menyesuaikan dengan cepat ketika digunakan untuk mengambil objek yang bergerak serta dalam kondisi cahaya yang berubah-ubah. Selain itu, hasil bidikannya juga terbilang cukup tajam dan bisa diandalkan untuk mereka yang suka berfoto ria. Pengguna juga dimungkinkan untuk mengatur hasil tangkapan kamera lewat fitur yang tersaji di kamera Advan i5A.

Sementara bagi yang suka selfie, Advan i5A juga sudah mengakomodasi kebutuhan untuk itu lewat kamera depan yang memiliki resolusi 5MP. Dengan resolusi yang sudah 5MP hasil jepretan kamera depan juga tidak begitu mengecewakan.

Guna mengakomodasi pengguna yang suka berfoto via smartphone, Advan i5A sudah menyuguhkan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP. Hasil jepretan dari kedua kamera Advan i5A terbilang cukup baik dan sudah menjawab kebutuhan untuk berfoto ria.

4G LTE
Berkat konektivitas 4G LTE di smartphone ini, kegiatan seperti browsing, eksis di jejaring sosial, bahkan streaming video bisa dilakukan dengan lancar. Mengenai kecepatan akses 4G LTE-nya sendiri tentu dipengaruhi oleh jaringan operator yang digunakan. Jika masih dianggap kurang, pengguna masih bisa memanfaatkan Wi-Fi untuk keperluan mengakses dunia maya. Masih dari fitur konektivitas, pengguna juga bisa memanfaakan berbagai fasilitas lainnya, seperti Bluetooth, GPS, Wifi Display, dan OTG.

Tipe Layar
  • Tipe : IPS capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi : 5 inches, 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Memori
  • Internal : 16 GB
  • Eksternal : microSD, up to 32 GB
  • Ram : 2 GB
Software
  • OS : Android OS, v5.1 (Lollipop)
Hardware
  • Chipset : MediaTek MT6735,
  • Processor : Quad Core 1.0 Ghz Cortex-A53
  • GPU : Mali-T720
Konektivitas
  • Sim Card : Dual Sim
  • Internet : HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPS : A-GPS
  • Bluetooth : v4.0
  • Wifi : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • USB : microUSB v2.0
Kamera Belakang
  • Resolusi : 13 Megapixel (4128 x 3096 pixels)
  • Fitur : autofocus, LED flash, Aperture, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video : [email protected]
Kamera Depan
  • Resolusi : 5 Megapixel (2560 x 1920 pixels)
Baterai
  • Kapasitas : Li-Ion 2200 mAh