Review ASUS ExpertBook BR1100 : Laptop Sekolah Online Dengan Sertifikasi Military Grade !

Saat ini anak-anak diharuskan mengikuti pelajaran melalui sekolah online. Tentunya dengan adanya kegiatan baru ini membutuhkan perangkat yang pas untuk mengerjakan semua tugas sekolah. Tidak dipungkiri, laptop kini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki, karena untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah online tidak cukup hanya dengan smartphone saja.

Dan kali ini team GadgetSquad kedatangan sebuah laptop terbaru dari ASUS yang dirancang khusus untuk menemani kegiatan belajar mengajar anak-anak. Tidak hanya dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni tapi laptop ini juga dibekali dengan fitur khusus sehingga aman dan nyaman digunakan oleh anak-anak. Ini dia, ASUS ExpertBook BR1100FKA

Desain 

ASUS ExpertBook BR1100 hadir dengan ukuran layar 11,6 inci, dengan bentuk yang menurut kami tergolong cukup ringkas digunakan oleh anak. Selain itu, berat nya pun cukup ringan di angka 1,4 kg, sehingga anak-anak bisa dengan mudah memasukan laptop ini ke dalam tas sekolah dan mudah dibawa bepergian.

Masih membahas seputar desain, agar tetap aman digunakan oleh anak-anak, ASUS BR1100 juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang menurut kami sangat berguna dan membantu untuk penggunanya. Yang pertama, di permukaan bodi laptop, ExpertBook BR1100 menggunakan Durable 3D Textured Finish yang membuat aman dari goresan dan bebas dari sidik jari yang menempel. Untuk menjaga laptop agar tetap higienis, permukaan pada keyboard, touchpad, dan palm rest nya dilindungi dengan perawatan antibakteri ASUS BacGuard, yang terbukti secara ilmiah bisa menghambat pertumbuhan bakteri hingga lebih dari 99% selama 24 jam.

Tidak hanya itu, Asus ExpertBook BR1100 dilengkapi juga dengan fitur rugged design. Jika diperhatikan disekeliling bodinya, terdapat modul pengaman berupa lapisan karet pelindung yang memastikan komponen penting di ASUS BR1100 tetap terjaga saat terkena benturan. Dan untuk memastikan semuanya aman, laptop khusus belajar anak ini memiliki sertifikasi ketahanan standar “Military Grade Durability” (MIL-STD-810H) yang artinya, untuk mendapatkan sertifikat tersebut, laptop ini harus ngejalanin beberapa uji ekstrem termasuk ketinggian yang ekstrim, suhu, kelembaban, dan sebagainya.

Asus ExpertBook BR1100 series ini hadir dengan dua SKU yang berbeda, yang pertama ASUS BR1100 CKA yang mengusung desain clamshell alias lipat biasa. Dan SKU BR1100 FKA seperti unit yang kami coba ini type yang “ flip ”, artinya, layarnya bisa diputar hingga 360 derajat.

Layar

Pindah kebagian layarnya didukung dengan teknologi layar sentuh, jenis panel IPS HD (1366 x 768) dan stylus support juga dihadirkan khusus untuk varian SKU ini (BR1100FKA). Secara fitur, layar ASUS BR1100 sudah memiliki sertifikasi TÜV Rheinland untuk kategori low blue-light emissions. Dimana fitur ini berfungsi, meminimalkan radiasi cahaya biru yang selama ini jadi penyebab utama pada mata akibat penggunaan perangkat digital dalam jangka lama dan akan sangat aman untuk mata anak.

Kamera

Dibagian atas layar terdapat kamera 13MP dengan resolusi  720p untuk kebutuhan video call dengan “ Privacy Shutter “untuk menjaga privasi penggunanya. Menariknya, kamera yang hadir di laptop ini tidak hanya satu, tetapi ada dua yang ditempatkan di tengah atas keyboard. Mungkin banyak yang bertanya, gunanya untuk apa ?

Jadi, kamera kedua ini akan berfungsi sebagaimana mestinya, saat laptop berubah posisi nya menjadi Tent Mode, jika sudah seperti  posisi ini, kamera kedua akan berfungsi sebagai kamera belakang.

Selain itu, fitur lainnya untuk mendukung pembelajaran sekolah online Asus membekali laptop ini dengan teknologi AI Noise Cancelling yang memungkinkan suara bising yang ada di sekitar pengguna bisa dihilangkan secara otomatis. Ada pula fitur noise reduction, dimana fitur ini bisa membuat wajah pengguna dapat ditampilkan lebih jelas dan minim noise saat melakukan panggilan video.

Keyboard 

Keyboard pada laptop ini cukup memberikan kenyamanan saat kami coba gunakan untuk mengetik. Area touchpad, ukurannya cukup luas yang hadir dedicated button dengan permukaan cukup licin. Apalagi, Keyboard-nya juga udah Spill-Resistant yang berfungsi dan terlindungi meski bagian keyboard-nya terkena tumpahan cairan.

Konektivitas

Menyoal konektivitas, laptop ini cukup lengkap untuk mendukung pembelajaran tugas-tugas sekolah. Di sebelah kanan terdapat Ethernet Port, 1x USB 2.0 Type-A, MicroSD + Slot Sim Card, Combo Audio Jack 3,5 mm, power button dan tombol volume. Sedangkan di sebelah kirinya, terdapat kensington lock, port DC In, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x HDMI 1.4 dan Stylus Pen. Sayangnya dikarenakan unit yang kami coba ini adalah unit contoh, jadi slot MicroSD + Slot Sim Card dan stylus pen hanya tiruan (dummy).

Audio

Sistem audio dari ASUS ExpertBook BR1100 ini dibekali dengan SonicMaster, Built-in speaker, Built-in array microphone with Cortana support. Untuk sekedar mendengarkan musik, kualitas audio dari laptop ini terbilang cukup baik.

Performa Andal Untuk Tugas Sekolah

Beralih ke bagian performa nya, untuk SKU laptop ini dibekali prosesor Intel® Celeron® N4500 Jasper Lake 1.1 GHz (hingga 2.8GHz) yang cukup irit daya dengan konfigurasi 2 core, 2 thread dan kartu grafis terintegrasi Intel UHD.

Kinerja laptop ini juga didukung dengan RAM sebesar 4GB DDR4 up to 16GB dan kapasitas penyimpanannya 128GB eMMC yang cukup kencang pada saat melakukan booting. Jika dirasa kurang, pengguna juga bisa mengupgrade storage sampai dengan 1TB M.2 PCIe Gen3 SSD.

Dengan spesifikasi yang ditawarkan, performa nya memang bukan yang terbaik. Tapi menurut kami, laptop ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar dan kegiatan belajar di sekolah dasar maupun menengah, seperti Microsoft Office, Conference Call, dan browsing berjalan cukup lancar. 

Mengingat prosesor yang digunakan cukup irit daya, kapasitas baterai 42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion di laptop ini mampu bertahan hingga 10 jam untuk satu kali pengisian daya. Untuk digunakan kegiatan sehari-hari ataupun selama sesi belajar berlangsung menurut saya ini sudah sangat cukup, dan setidaknya anak-anak juga jadi bisa lebih fokus di kegiatannya tanpa harus direpotin dengan kabel.

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga mulai Rp. 5,7 jutaan untuk varian yang Flip, ASUS ExpertBook BR1100 ini menurut kami merupakan paket komplit untuk sebuah laptop yang mendukung kegiatan belajar online anak. Fitur yang dibawanya cukup lengkap dengan rancang bodinya yang kuat berstandar Militer.

https://www.youtube.com/watch?v=NkfBpVBiqoI&t=315s