Review ASUS VivoBook Flip TP412: Desain Hybrid dengan Asus Pen

0

Untuk menunjang para konten kreator, produsen perangkat laptop terus mengembangkan produk baru mereka. Tidak hanya dari sisi spesifikasi, namun fitur yang ditambahkan juga semakin beragam. Seperti pada laptop terbarunya terbaru ASUS VivoBook Flip TP412 yang menghadirkan teknologi layar sentuh plus ASUS Pen untuk menunjang kegiatan kreatif penggunanya. Seperti apa kemampuannya? Berikut adalah review selengkapnya.

Review ASUS VivoBook Flip TP412 Desain Hybrid dengan Asus Pen (5)

Desain Kompak dan Fleksibel

Datang sebagai generasi penerus dari seri Vivobook, Flip TP412 memiliki bentuk yang agak berbeda dari produk pendahulunya. Laptop ini tampil dengan bodi yang lebih tipis dengan ukuran ketebalan hanya 17,5mm. Sementara pendahulunya, yaitu VivoBook Flip TP410 memiliki tingkat ketebalan mencapai 19,2mm.

Review ASUS VivoBook Flip TP412 Desain Hybrid dengan Asus Pen (8)

Tidak hanya tipis dan kompak, VivoBook Flip TP412 juga memiliki bobot yang sangat ringan, yakni hanya 1,5Kg. Bobot ini bahkan bisa dibilang lebih rendah dari pendahulunya yang memiliki bobot 1,6Kg. Dengan bodi lebih ringkas dan bobot yang semakin ringan, maka VivoBook Flip TP412 sangat mudah dibawa bepergian.

Mode Hybrid

Seperti pendahulunya, laptop laptop ini juga masih mampu diputar hingga 360 derajat. Lalu bagaimana dengan daya tahan engselnya jika diputar secara terus menerus? Kamu tidak perlu khawatir, karena ASUS menjamin durabilitas engsel pada VivoBook Flip TP412 sangat kuat. Laptop konvertibel ini sudah diklaim menggunakan sistem engsel khusus yang tahan dibuka-tutup hingga 20 ribu kali dalam pengujian internalnya.

Review ASUS VivoBook Flip TP412 Desain Hybrid dengan Asus Pen (2)

Dengan kemampuan layar yang bisa diputar ini, pengguna masih dapat menggunakannya dalam beberapa mode penggunaan. Tidak hanya menggunakan dengan mode laptop standart, akan tetapi juga dapat digunakan pada mode mode tablet, ketika diputar penuh. Dengan mode ini maka VivoBook Flip TP412 akan tampi layaknya seperti sebuah tablet PC.

Layar NanoEdge

VivoBook Flip TP412 dibekali layar berukuran 14 inci beresolusi Full HD dengan sudut pandang atau viewing angle hingga 178 derajat. Layar pada laptop ini juga memiliki kualitas warna yang cukup baik dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik untuk mengedit foto atau menggambar.

Review ASUS VivoBook Flip TP412 Desain Hybrid dengan Asus Pen (8)

VivoBook Flip TP412 menggunakan layar berteknologi NanoEdge Display. Layar ini memiliki kelebihan bezel dengan ukuran ultra-tipis, hanya 6,15mm. Dengan ukuran bezel tersebut, praktis VivoBook Flip TP412 memiliki rasio screen-to-body ratio sebesar 82%. Ini menjadikannya lebih besar dibandingkan rata-rata laptop konvertibel sekelasnya.

ASUS Pen

Laptop ini sudah dibekali dengan ASUS Pen, jadi kamu dapat merasakan pengalaman menulis atau menggambar layaknya di atas kertas pada papan digital. Hal tersebut dikarenakan para profesional tersebut tidak lagi harus membeli perangkat ekstra agar mereka bisa membuat sketsa layaknya menggambar di atas kertas. Dengan adanya ASUS Pen ini sendiri sangat membantu kalangan profesional kreatif yang ingin menggunakan laptop ini.

Review ASUS VivoBook Flip TP412 Desain Hybrid dengan Asus Pen (7)

Apalagi layar VivoBook Flip TP412 juga masih dukungan multitouch hingga 10 titik. Berkat teknologi Windows Ink, jadi sistem layar sentuh laptop ini bisa mendeteksi tekanan pada ASUS Pen yang sudah tersedia pada paket penjualan. Dukungan Windows Ink juga sangat penting untuk para profesional kreatif khususnya ilustrator karena dapat mensimulasikan pengalaman menggambar layaknya menggunakan pena atau kuas sungguhan.

Review ASUS VivoBook Flip TP412 Desain Hybrid dengan Asus Pen (7)

Dilengkapi dengan sensor layar sentur dengan standar industri yang lebih ketat, VivoBook Flip TP412 mampu menunjang kebutuhan para profesional. Sistem layar sentuhnya menggunakan sensor dengan jarak 6mm, lebih rapat dibandingka standar industri yang hanya 9mm. Dengan demikian layar sentuh VivoBook Flip TP412 memiliki sensitivitas yang lebih baik ketimbang kebanyakan layar laptop konvertibel lain di pasar.

Port Lengkap

Untuk kelengkapan port, VivoBook Flip TP412 hadir dengan port USB Type-A dan Type-C disebelah kanan port ini ditemani dengan port audio 3.5mm dan colokan charger. Sedangkan disebelah kanan tersedia dua port Tipe -A beserta dengan slot SD Card.

Review ASUS VivoBook Flip TP412 Desain Hybrid dengan Asus Pen (7)

Dengan lengkapnya port yang dmiliki oleh laptop ini maka, akan mempermudah kamu menghubungkan berbagai perangkat seperti ponsel maupun kamera eksternal dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Selain itu, SD Card reader juga akan memudahkan pengguna untuk melakukan transfer data dari kamera digital.

Baca juga : Asus Zenbook Pro 14 UX480 – Laptop Buat Content Creator Profesional

Konektivitas

Meski VivoBook Flip TP412 tidak dilengkapi dengan port ethernet, laptop ini hadir dengan modul WiFi 802.11ac yang dilengkapi fitur jaringan dual-band. Wifi ini mampu terhubung di sebagian besar hotspot, baik yang menggunakan frekuensi 5GHz atau 2,4GHz.

Review ASUS VivoBook Flip TP412 Desain Hybrid dengan Asus Pen (7)

Kehadiran WiFi dilengkapi pula dengan koneksi Bluetooth 4.2. Bluetooth dapat dimanfaatkan pengguna VivoBook Flip TP412 untuk menghubungkan berbagai perangkat lain seperti headphone, mouse, atau perangkat berbasis Bluetooth lainnya. Kamu juga bisa mengubungkan laptop ini dengan perangkat display eksternal melalui port HDMI yang tersedia.

VivoBook Flip TP412 juga memiliki sistem keamanan yang lebih baik dan telah dilengkapi dengan pembaca sidik jari (fingerprint reader) yang terdapat pada touchpad. Panel pembaca sidik jari ini sudah terintegrasi dengan fitur Windows Hello, sehingga kamu bisa masuk ke dalam sistem Windows tanpa harus mengetikkan password lagi. Jadi cukup tempelkan jari ke panel pembaca sidik jari yang ada dan sistem akan mengidentifikasinya lalu memutuskan apakah dapat masuk ke dalam sistem atau tidak.

Baca juga :Review Asus Vivobook Flip TP412 : Laptop Kompak, dengan Layar Sentuh

Hardware Lebih Powerful

Dari sisi hardware tentu saja VivoBook Flip TP412 lebih baik dari pendahulunya. Karena VivoBook Flip TP412 sudah menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-8. Versi tertingginya menggunakan Intel Core i7-8550U yang mengusung konfigurasi 6 core 12 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 4GHz.

Review ASUS VivoBook Flip TP412 Desain Hybrid dengan Asus Pen (7)

Pada unit yang kamu uji kali ini adalah varian yang menggunakan prosesor Intel Core i5-8250U. Prosesor ini telah menggunakan arsitektur baru dengan pemrosesan 14nm FinFET tersebut memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta memiliki kecepatan pemrosesan hingga 3,4GHz.

Tidak hanya prosesornya yang baru, laptop ini juga tampil powerful berkat memori DDR4 dan penyimpanan berupa M.2 SATA SSD. Kombinasi keduanya membuat performa laptop ini dapat didongkrak dan tampil lebih kencang dari laptop yang masih menggunakan memori DDR3 dan hard disk.

Benchmark

Untuk membuktikan performa laptop, kami adalah hasil pengujian performa VivoBook Flip TP412 dengan beberapa software benchmark, yaitu Cinebench R15, PCMark 8, PCMark 10, dan CrystalDiskMark 6 untuk memperlihatkan performa SSD-nya.

Cinebench R15 - Foto:Gadgetsquad.id
Cinebench R15
PCmark 8 - Foto:Gadgetsquad.id
PCmark 8
PCmark10
PCmark10
CrystalDiskMark 6
CrystalDiskMark 6

Meski ASUS VivoBook Flip TP412 tidak dilengkapi dengan chip grafis terpisah (discrete graphic) dan mengandalkan chip grafis terintegrasi (integrated graphics), chip grafis Intel Graphics UHD 620 bawaannya memiliki performa yang sangat cukup untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Bahkan chip grafis tersebut sudah mendukung display output beresolusi 4K.

Berikut adalah hasil pengujian grafis menggunakan aplikasi benchmark 3DMark dengan tiga mode pengujian yang berbeda, yaitu Night Raid, Sky Diver, dan Cloud Gate.

 

3DMark Night Raid
3DMark Night Raid
3DMark Cloud Gate
3DMark Cloud Gate
3DMark Sky Diver
3DMark Sky Diver

Kekuatan Baterai

Selain itu VivoBook Flip TP412 juga cukup bisa diandalkan sebagai perangkat untuk bekerja secara mobile. Dengan baterai 3-cell berkapasitas 42WHrs, laptop ini dapat bertahan hingga lebih dari 4,5 jam dalam pengujian ketahanan baterai menggunakan PCMark 8. Penggunaan yang lebih ringan seharusnya membuat laptop ini tahan lebih lama, bahkan bisa sampai 6 jam penggunaan.

PCMark 8 Battery
PCMark 8 Battery