Telkomsel Masih Sayang dengan Pengguna 2G

0

GadgetSquad.ID – Seluruh operator selular di Tanah Air, terus berusaha mengenjot penggunaan koneksi 4G. Berbagai penawaran menarik, terus ditawarkan agar 4G semakin diminati.

Pertanyaannya saat ini bagaimana dengan pelanggan yang belum migrasi menggunakan 4G, terutama mereka yang masih setia dengan koneksi 2G?

Jika kamu pelanggan Telkomsel yang masih setia dengan 2G, kalian tidak perlu gundah gulana.

Ketika beberapa operator berniat mematikan 2G, langkah tersebut sepertinya tidak akan dilakukan Telkomsel.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, menyatakan pihaknya belum ada niat untuk mematikan koneksi 2G.

Dikatakannya, Telkomsel masih akan mempertahankan layanan jaringan generasi kedua. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang belum menggunakan smartphone. Selain itu, pengguna layanan voice dan SMS masih terhitung besar.

Pun begitu operator yang identik berwarna merah ini memang akan mengurangi penggunaan spektrum untuk 2G, tapi segi utilisasinya tetap besar.

“(2G-red) masih dipertahankan. Utilisasi 2G kami masih sangat longgar, baik SMS maupun voice, masih di sekitar 40%,” ungkap Ririek.

“Sampai kapan pun layanan voice tidak akan ditinggalkan. Bahkan, Singapura saja penggunaan voice tiga kali Indonesia. Padahal, negara tersebut penduduknya sudah pakai smartphone,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan setiap negara memiliki strategi yang berbeda, ada yang full 4G, namun ada yang mengobinasikan 2G dan 4G, seperti dilakukan Telkomsel.

“Kenapa 2G kita pertahankan karena lebih optimal untuk voice dan SMS, sedangkan 4G efesien untuk data, sehingga Telkomsel memilih untuk jaga 2G dan kapasitasnya disesuaikan,” terang Bob