[Review] ASUS ZenBook Flip 13 UX363E, Laptop Fleksibel Kencang Untuk Konten Kreator !

Saat ini, jika kita melihat perkembangan teknologi membuat banyak orang dituntut untuk bergerak secara dinamis dalam pekerjaannya. Apalagi seperti kondisi sekarang, beberapa perusahaan memperbolehkan karyawannya untuk bekerja di luar kantor atau rumah agar lebih efisien dan efektif. Jadi tidak heran jika kita melihat beberapa orang sibuk dengan laptop atau perangkat kerjanya masing-masing entah itu di coffee shop, coworking space, atau tempat nongkrong lainnya yang di fasilitasi dengan internet.

Kali ini team Gadget Squad kembali kedatangan laptop dari ASUS yang baru saja diluncurkan untuk pasar Indonesia. Memiliki desain tipis dan ringan, performa kencang, fitur lengkap dan tentu saja daya tahan batre yang awet. Untuk anda yang sedang mencari laptop yang mendukung mobilitas tinggi, ASUS ZenBook Flip 13 UX363E wajib dilirik. Simak ulasannya berikut ini :

Desain Mewah

Sebagai laptop convertible, ASUS ZenBook Flip 13 UX363E sangat nyaman digunakan dalam berbagai format. Mulai dari Laptop Mode, Stand Mode, Tint Mode, posisi lurus sejajar 180º hingga dilipat 360º menjadi tablet.

Laptop dengan konsep mobilitas tinggi ini, hadir dengan bodi yang sangat tipis dan ringkas. Ketebalan bodinya hanya 11,9mm dan bobotnya hanya 1,3 kg yang membuat laptop ini tetap mudah untuk dibawa bepergian. Tidak hanya itu, Asus bahkan juga menyediakan charger yang ringkas dan mudah untuk dimasukan ke berbagai kompartemen di dalam tas.

Berbicara soal desainnya, kesan pertama kami ketika melihat Asus Flip 13 UX363E ini terasa elegan khas lini Zenbook yang mewah dan minimalis. Bagian back cover laptop tampil dengan desain spun metal finish dengan filosofi Zen yang khas. Bodinya juga terbuat dari bahan logam khusus yang ringan dan kuat.

Untuk mengetahui sekuat apa ? laptop ini sudah memiliki sertifikasi ketahanan standar “Military Grade Durability” (MIL-STD-810G) yang artinya, untuk mendapatkan sertifikat tersebut, laptop ini harus menjalankan beberapa uji ekstrem termasuk ketinggian yang ekstrim, suhu, kelembaban, dan sebagainya. Selain itu, Laptop ini memiliki engsel yang bisa dibuka dengan mudah hanya dengan satu tangan, dan menurut kami kepraktisan ini karena Asus merancang bagian engselnya dengan sangat baik.

Ketika layar dibuka Engsel Ergolift nya juga berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan saat mengetik dalam waktu yang lama dan ngebuat sirkulasi udara dan sistem pendinginan bekerja lebih baik.

Layar

Walaupun hadir dengan bentuk yang minimalis, tetapi pada bagian layar ZenBook Flip 13 UX363E sudah dibekali dengan spesifikasi tinggi untuk mendukung kebutuhan profesional kreatif. Mengusung layar touchscreen dengan ukuran layarnya 13.3″ (16:9) OLED FHD (1920 x 1080) dengan teknologi Nano Edge Display. Berbeda dengan panel layer lainnya,  jenis OLED ini memiliki kualitas dan akurasi warna lebih baik khususnya pada reproduksi warna hitam dimana hanya panel OLED yang bisa mereproduksi warna hitam lebih real.

Tidak heran, jika laptop ini membuat nyaman dan betah penggunanya ketika sedang asik menonton streaming film dalam waktu yang lama. Hal tersebut dikarenakan kontras warna yang dihasilkan dari laptop ini lebih baik dan sudah mendukung fitur HDR yang tersertifikasi langsung oleh VESA.

Secara kualitas gambar, Asus ZenBook Flip 13 UX363 sudah lebih baik dengan dynamic range lebih luas. Hal tersebut bisa dibuktikan karena laptop ini memiliki tingkat reproduksi warna pada color space DCI-P3 sampai 100% dan sertifikasi dari PANTONE sehingga laptop ini dipastikan dapat menunjang kebutuhan profesional kreatif. Menyoal keamanan, tak lupa Asus menyematkan fitur TÜV Rheinland eye-care certified display, solusi berbasis hardware untuk mengurangi flicker yang mengganggu kenyamanan dan kesehatan mata.

Beralih pada bagian sekeliling layarnya, laptop ini juga memiliki bezel yang cukup tipis dengan screen-to-body ratio mencapai 90% yang membuat pengalaman visual terasa lebih leluasa. Terdapat juga kamera 3D IR HD Camera yang sudah mendukung fitur Windows Hello di Windows 10 sebagai Face Recognition Loginnya. Dengan fitur ini pengguna bisa masuk ke dalam sistem tanpa harus repot mengetikkan password, cukup biarkan kamera memindai area wajah dan secara otomatis kemudian akan diberikan akses untuk masuk ke dalam sistem yang bisa mendeteksi wajah walaupun dalam keadaan minim cahaya. 

Keyboard Lebih Nyaman Digunakan

Kegiatan mengetik lewat keyboard bisa bervariasi, khususnya untuk urusan kenyamanan. Sejauh ini, selama penggunaan di laptop ini kami tidak menemui adanya kendala, bahkan untuk pemakaian lama sekalipun. Apalagi ditambah dengan fitur Edge-to-Edge Keyboard, yaitu desain keyboard terbaru yang lebih lebar dan memiliki ukuran tombol lebih luas. Dengan fitur ini bisa meningkatkan nilai produktivitas jauh lebih efektif. Termasuk tombol F1 sampai dengan tombol F12 yang juga bisa berfungsi ganda secara default tanpa harus repot menekan tombol ‘FN’. seperti untuk mengaktifkan backlighting, kecerahan, volume dan sebagainya.

Begitu juga untuk area touchpad nya, ukurannya cukup luas yang hadir tanpa dedicated button dengan permukaan cukup licin. Selama penggunaan, kami merasa cukup nyaman walaupun tanpa menggunakan mouse. Hadirnya Precision Touchpad di laptop ini juga mendukung gerakan touchpad Windows 10, seperti swipe tiga jari ke atas untuk membuka antarmuka Task View yang memudahkan penggunaan untuk bekerja secara multitasking.

Masih di bagian Touchpad, sama dengan generasi sebelumnya ZenBook Flip 13 UX363E ini juga dilengkapi dengan fitur NumberPad 2.0 yang bisa diubah menjadi numeric pad. Caranya sangat mudah, tekan sekali saja icon numeric pad di sebelah kanan untuk mengaktifkannya. Jika kita perhatiin, di pojok kiri atas touchpad ada satu icon, di mana kalo jika disentuh dan digeser ke bagian tengah akan memunculkan calculator di layar, tentunya hal ini memudahkan untuk menginput data berupa angka atau operasi perhitungan.

Konektivitas Terbaik

Soal kelengkapan konektivitasnya, ZenBook Flip 13 UX363E hadir dengan beragam port. Selain dua port USB Type-C dengan dukungan koneksi Thunderbolt 4, laptop ini juga dilengkapi dengan USB Type-A 3.2 , HDMI,  adapter RJ 45 dan USB Type C to 3.5mm Jack Earphone yang sudah tersedia di dalam paket penjualannya.

Untuk urusan konektivitas nirkabel Asus membekali laptop ini dengan Intel Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax) membuat laptop ini tetap bisa terkoneksi dengan internet dan Bluetooth® 5.0 (Dual band) 2*2 untuk berbagai aksesoris nirkabel bisa terhubung secara leluasa.

Tidak hanya itu, dengan adanya fitur WiFi Smart Connect di laptop ini membuat pengalaman menggunakan ZenBook Flip 13 (UX363) semakin mudah dan nyaman. Fitur ini memungkinkan penggunanya bisa mendeteksi sinyal WiFi paling optimal yang bisa ditangkap oleh laptop ini.

Performa Kencang

Masuk kebagian performa, kehadiran prosesor Intel 11th Gen Tiger Lake yang dibangun dengan arsitektur baru Superfin 10nm ini memang jadi nilai jual utamanya, Tidak hanya menawarkan kinerja handal untuk performanya, tapi bisa cukup efektif untuk urusan kinerja grafis.

Sebagai info tambahan, prosesor yang tersedia untuk laptop convertible ini terdiri dari dua pilihan, yaitu Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz) dan Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz). Pada pengujian, unit yang kami coba kali ini menggunakan prosesor Intel Core i7-1165G7. Prosesor ini memiliki empat inti dengan delapan thread dengan kecepatan clock antara 2,81 GHz sampai 4,79 GHz.

Kinerja prosesor didukung dengan RAM DDR4 sebesar 16 GB dan media penyimpanan SSD NVMe 3.0 berkapasitas 1 TB. Tentu saja dengan perpaduan tersebut membuat proses booting dan membuka aplikasi berjalan lebih cepat.

Salah satu keunggulan lainnya pada penggunaan prosesor Intel Core i7- 1165G7 ini adalah GPU terbaru yang sudah terintegrasi yakni, Intel Iris Xᵉ Graphics. Berbeda dengan GPU Intel HD Graphics, Intel Iris Xᵉ Graphics memiliki performa yang lebih tinggi dan bisa menyaingi performa discrete graphics dengan fitur andalannya, yaitu konsumsi daya yang rendah. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa ZenBook Flip 13 UX363E ini memiliki daya tahan baterai yang panjang.

Gaming Lancar

Performa atau kinerja di laptop ini juga terbilang maksimal, saat kami mencoba memainkan salah satu game ESPORT yaitu PUBG, hasilnya cukup memuaskan dan sangat playable. Selama kurang lebih satu jam memainkan game di laptop ini dengan settingan grafis “high”, game sangat lancar dimainkan dan kami tidak menemukan kendala yang berarti sekalipun di beberapa bagian grafik ramai. Suhunya pun terbilang cukup aman, karena terbantu dengan adanya fitur Fan Profile. Dimana dengan fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa mengatur kecepatan kipas dengan tiga pilihan, ada standard mode, whisper mode dan performance mode yang paling optimal.

Benchmark

Untuk pengetesan benchmark ASUS ZenBook Flip 13 UX363E dengan dengan prosesor Intel Core generasi ke-11 ini mendapatkan score “ 2158 “ menggunakan aplikasi Nova Bench. Selain itu hasil test menggunakan benchmark Cinebench R15. Dari pengujian, bisa kita lihat, jika Intel Core i7 seri 1165G7 di laptop ini meraih skor 390.

Sedangkan dari pengujian grafis OpenGL, performa laptop ini mendapatkan 90,10 fps yang lebih unggul sedikit jika dibandingkan dengan kartu grafis Quadro K4000M.

Selanjutnya hasil benchmark dari PCMark 10, laptop ini mendapatkan skor 4494 point.

Jika melihat dari hasilnya, skor tersebut hampir menyaingi laptop gaming ASUS ROG GU502GV dengan skor 4515 point menggunakan Core i7-9750H dengan kartu graphic GeForce RTX 2060.

Fitur Premium

Salah satu fitur favorit kami, tentu saja dilaptop ini sudah mendukung penggunaan stylus dengan 4096 pressure level. Dengan fitur ini, banyak hal bisa kita lakukan dengan kreatif terutama untuk anda yang suka melukis atau desain secara digital.

Kemudian, ZenBook Flip 13 (UX363) dilengkapi dengan Array Microphone yang didukung oleh teknologi AI Noise Cancelling. Dengan Fitur ini bisa dibilang sangat penting untuk anda yang sering melakukan video conference atau webinar di kondisi WFH seperti saat ini. Dimana teknologi ini bisa meredam suara bising di latar belakang dan memperjelas suara penggunanya yang sedang berada di depan laptop.

Apalagi untuk sound quality nya tidak perlu diragukan, speaker berteknologi smart AMP yang disertifikasi Harman/Kardon mampu menghasilkan suara dengan tingkat bass maksimal dan solid.

Daya Tahan Lama

Dengan desain yang semakin ringan, daya tahan laptop ini tentunya sangat mendukung untuk pekerjaan dengan mobilitas tinggi. Dibekali dengan kapasitas baterai yang sangat besar di kelasnya dengan 67 Whr, ASUS ZenBook Flip 13 UX363E diklaim bisa bertahan hingga 16 jam.

Dengan hal tersebut, tentunya membuat kami tidak perlu merasa khawatir batre dari laptop ini akan cepat habis selama penggunaan. Apalagi, Adaptor charger ke listrik juga memiliki bentuk yang simple dan ringan dengan power 65 Watt fast charging. Sebagai gambaran, pengisian daya dari 0 hingga 60% bisa terisi dengan waktu 49 menit.

Kesimpulan 

Asus ZenBook Flip 13 UX363E merupakan laptop yang dirancang agar penggunanya dapat lebih produktif di mana saja. Dibanderol dengan harga Rp. 22.999.000 (Core i7 variant) menurut kami laptop ini terbilang worth it dengan apa yang ditawarkan, mulai dari desain dengan build quality yang solid, performa yang powerfull dengan prosesor terkini, fitur-fitur premium dan daya tahan lama hingga 16 jam.

Menariknya dalam paket penjualannya Asus juga memberikan Microsoft Office Pre-Installed gratis pada laptop ini. Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi harus memasang aplikasi office lainnya atau bahkan menggunakan aplikasi bajakan karena ZenBook Flip 13 UX363E ini terdapat aplikasi Microsoft Office Home & Student 2019 orisinil yang bisa dipakai selamanya.

Sebagai info tambahan, saat ini Asus sedang mengadakan program yang menarik yakni, “ASUS Incredible Reward Program” jadi untuk anda yang beli produk laptop atau desktop ASUS di ecommerce, bisa langsung menulis review produk di e-commerce yang anda beli. Jika review anda sesuai syarat, bisa mendapatkan voucher senilai 100 ribu rupiah. Program ini hanya berlaku untuk produk yang dibeli dan ulasan yang diberikan mulai dari Oktober 2020. Keterangan lebih lanjut silahkan klik link di bawah ini.

ASUS Incredible Reward Program : https://www.asus.com/id/event/ASUS_Incredible_Reward_Program/