Review ASUS ZenFone Max Pro M2 : Desain Elegan Main Game Online Terpuaskan

ASUS ZenFone Max Pro M2 merupakan generasi penerus Max Pro M1 dengan beberapa peningkatan yang signifikan.

Asus ZenFone Max Pro M2ASUS memperbaharui smartphone andalannya dikelas menengah melalui ZenFone Max Pro M2. Smartphone ini merupakan model terbaru dalam seri smartphone “Max” yang dikenal memiliki baterai kapasitas besar. Sebagai penerus ZenFone Max Pro M1, Hp ini kini memiliki beberapa peningkatan yang signifikan. Terutama spesifikasi yang lebih mumpuni untuk bermain game online. Makanya Asus memplot ZenFone Max Pro M2 sebagai smartphone gaming mendampingi ASUS ROG Phone, hanya saja dengan harga yang lebih terjangkau.

Desain Lebih Elegan

Secara bentuk ZenFone Max Pro M2 tidak jauh berbeda dengan generasi pendahulunya. Beberap komposisi komponen masih ditempatkan pada posisi yang sama. Namun kini Asus membuat  Max Pro M2 dengan desain yang lebih kekinian. Perbedaan yang paling kentara ada pada bagian belakang.

Memiliki desain baru yang lebih memukau dengan menampilkan panel belakang melengkung 3D yang terbuat dari akrilik mengkilap dan dilapisi dengnan tampilan tekstur gelombang.Asus menyebut bodi smartphone ini sebagai Dynamic Optical Finish dengan mengusung konsep 16 layers Wave Finish Design.

Dengan bentuk ini membuat smartphone lebih mudah dipegang untuk waktu yang lama, seperti saat bermain game atau menonton video. Smartphone baru dari ASUS tersedia dalam dua warna elegan: Midnight Blue dan Cosmic Titanium.

Sayangnya dengan bodi yang glossy sangat mudah meninggalkan sidik jari, namun hal itu bisa diatasi jika kamu menggunakan jellycase yang tersedia pada paket penjualan.

Layar besar dan baterai berkapasitas tinggi biasanya menuntut smartphone untuk memiliki tubuh yang besar. Namun ZenFone Max Pro M2 didesain tetap tipis. Sehingga menjadikannya sebagai smartphone 5000mAh teringan di dunia.

Dengan teknologi baterai ASUS yang sangat padat yang memungkinkan baterai berkapasitas tinggi untuk dipasang ke ruang yang lebih kecil.

Asus ZenFone Max Pro M2

Baca juga: Asus ZenFone Max Pro M2 Bukan Hape Gaib, Sudah Bisa Dibeli di Toko Ini

Layar Terasa Luas

Perbedaan lain yang cukup kelihatan adalah pada layarnya. Untuk memberikan rasa puas dalam bermain game, smartphone ini mengusung layar luas, dengan ukuran 6,3 inci. Ditambah lagi layar ini berdesain All Screen dimana memiliki ukuran 90% screen to body ratio. Ini bisa terlihat dari layarnya yang mendominasi sisi depan dan hanya menyisakan sedikit bezel.

Menggunakan jenis layar IPS dengan kontras tinggi, Max Pro M2 juga memiliki aspek rasio yang lebih luas jadi 19: 9. Bersama dengan itu peningkatan juga terjadi, menjadi 2280 x 1080 (FHD +).

Memiliki kecerahan dan kontras 450nit mampu meningkatkan kecerahan pada saat mata melihat layar. Keakuratan warna juga meningkat menjadi cakupan NTSC 94%.

Sebagai faktor ketahanan layarnya dilapisi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 6 terbaru, yang menjadikannya dua kali lebih kuat dari pendahulunya, Gorilla Glass 5. Ini menjadikan ZenFone Max Pro M2 sebagai smartphone kedua di dunia yang menggunakan Gorilla Glass 6 setelah ASUS ROG Phone, bahkan satu-satunya smartphone di kelasnya yang memiliki lapisan ini.

Bezels tipis yang memberikan tampilan rasio layar-ke-tubuh 88% yang memaksimalkan area layar sambil meminimalkan ukuran tubuh.

Hadir dalam format layar lebar 21: 9 ultra-lebar, layar ZenFone Max Pro sangat ideal digunakan untuk pemutaran film. Format layar lebar ini juga memungkinkan kontrol permainan jadi lebih mantap.

Tidak hanya memberikan tampilan grafis game yang lebih baik, tetapi juga meningkatkan pengalaman bermain game secara keseluruhan.

Asus ZenFone Max Pro M2

Baca juga: 3 Hp Asus Zenfone Max Pro M2, Zenfone Max M2 dan ROG Phone, Ini Bedanya!

Snapdragon 660 Plus Android Stock

ASUS ZenFone Max Pro sudah didukung dengan prosesor yang lebih cepat dari pendahulunya Max Pro M1. Kini M2 didukung dengan Snapdragon 660 SoC yang memiliki kinerja 11% lebih cepat dan 33% lebih cepat daripada yang sudah cepat Snapdragon 636 dari model yang lebih tua.

8 Kryo Cores dengan kecepatan clock yang bervariasi untuk meningkatkan kinerja dan masa pakai baterai – Snapdragon 660 SoC terdiri dari prosesor yang menampilkan delapan inti Qualcomm Kryo yang berjalan pada 1.95GHz untuk kinerja yang optimal dan bahkan efisiensi baterai yang lebih besar.

Apalagi secara sistem opetasi ZenFone Max Pro M2 masih menjalankan sistem operasi Android murni, seperti pada M1. Ini membuat Zenfone Max Pro M2 menjadi cepat dan sederhana.

Prosesor tersebut masih didukung pula dengan RAM 4GB dan memori 64GB. Dengan dukungan ini maka Zenfone Max Pro M2 mampu menjalankan apikasi secara multitasking tanpa masalah.

Pada sebuah pengujian yang kami lakukan, smartphone ini mampu mendapatkan skor hampir mencapai 13 ribuan dengan menggunakan aplikasi Antutu Benhmark.

review asus zenfone max pro M2

Tidak hanya itu smartphone ini juga dapat digunakan untuk bermain game dengan lancar tanpa ada masalah. Bahkan pada pengujian yang kami lakukan saat bermain game PUBG Mobile, smartphone ini mampu menjalankan settingan grafik high, meski kamu sarankan untuk tetap di settingan medium.

Salah satu faktor lain yang turut memberi andil pada performa kencang Asus Zenfone Max Pro M2 yaitu sistem operasinya. Smartphone ini mengadopsi sistem operasi Stock Android 8.1 yang berbeda dari OS Android biasa. Bedanya yaitu memiliki kinerja lebih cepat dan lebih pintar. Asus pun menjanjikan pada Januari 2019 OS Android 8.1 di Asus Zenfone Max Pro M2 sudah bisa di-upgrade ke OS Android Pie.

Baterai Tahan Lama

Baterai 5000 mAh di ASUS ZenFone Max Pro M2 menjadi salah satu smartphone dengan kapasitas tertinggi saat ini.

Selain memiliki kemampuan proses yang lebih cepat, Chipset Snapdragon 660 juga dikenal memiliki kemampuan hemat daya. Jadi bisa dipastikan konsumsi daya menjadi lebih kuat dan lama

Kapasitas baterai ini memberikan masa pakai baterai yang luar biasa termasuk waktu siaga 4G hingga 35 hari, waktu bicara 3G 45 jam, waktu penelusuran Wi-Fi 23 jam, dan pemutaran musik 8 hari.

Jika smartphone ini digunakan untuk mengakses YouTube bisa bertahan selama Youtube 15,6 jam. Sedangkan kalau untuk menonton film di Netflix sanggup selama 16,3 jam. Sedangkan untuk askes TikTok bisa bertahan selama 9,9 jam.

review asus zenfone max pro M2

Bagaimana jika digunakan untuk bermain game online? Asus mengklaim Zenfone Max Pro bisa bertahan selama 9,2 jam jika bermain game FreeFire. Sedangkan jika bermain game PUBG bisa selama 7,3 jam , Aspalt 9 bisa sampai 8,9 jam, bermain Mobile Legend : Bang Bang bertahan selama 7,1 jam dan jika bermain AOV bisa mencapai 9 jam.

Stamina luar biasa dari ZenFone Max Pro M2 memungkinkan pengguna untuk mengisi daya setiap kali mereka memiliki akses yang mudah ke daya dan tidak khawatir kehabisan daya baterai.

ZenFone Max Pro yang baru memiliki baterai 5000mAH berkapasitas luar biasa yang tahan lama dan tahan lama seperti pendahulunya. Ini menyediakan hingga 35 hari siaga, menjadikannya salah satu smartphone dengan baterai terbaik yang hidup di pasar.

Asus ZenFone Max Pro M2

Baca juga: Mengenal Keunggulan Prosesor Snapdragon 660, Otak Asus Zenfone Max Pro M2

Audio Berkualitas

Chipset ini juga sudah dibekali dengan audio Bluetooth 5.0 terbaik dengan aptX. Snapdragon 660 mendukung Bluetooth 5.0 dan standar transmisi QualX Qualcomm yang memberikan kualitas audio terbaik yang terbaik melalui Bluetooth.

Dari sisi audio ASUS Zenfone Max Pro M2 juga menggunakan speaker 5-magnet yang lebih kuat. Sehingga mampu menghasilkan suara yang sangat baik, keras, dan bebas distorsi.

Ditenagai pula oleh smart amplifier NXP, yang secara cerdas dapa mengatur volume suara paling keras sambil mencegah distorsi dan kerusakan speaker jangka panjang.

Speaker ini mampu menghasilkan 16% lebih besar ekstensi frekuensi rendah dan 29% lebih sedikit distorsi daripada poduk sebelumnya Max Pro M1.

Fitur Khas

Dengan Zenfone Max Pro M2, pengguna tidak perlu mengorbankan konektivitas untuk penyimpanan atau penyimpanan tambahan untuk koneksi kedua. Karena ZenFone Max Pro yang baru masih memiliki tiga slot kartu, dimana didalamnya ada dua kartu SIM dan satu untuk microSD.

Sehingga pengguna dapat menggunakan baris kedua dan memperluas memori mereka dengan kartu microSD tanpa harus memilih di antara keduanya. Kedua slot kartu SIM mendukung koneksi 4G (satu per satu) dan slot kartu microSD mendukung kartu SDXC hingga 2TB.

ASUS juga masih memasang fitur Face unlock pada ZenFone Max Pro. Face Unlock di menjadi lapisan keamanan tambahan. Setelah terdaftar, pemilik dapat membuka kunci ponsel dengan cepat dengan membangunkan telepon ke layar kunci dan melihat ke kamera.

ZenFone Max Pro juga memiliki sensor sidik jari pada bagian belekang. Sensor ini dapat digunakan untuk membuka kunci ponsel dengan cepat dalam 0,3 detik. Sensor sidik jari ini juga dapat digunakan untuk otentikasi oleh aplikasi lain.

Smartphone ini memungkinkan hingga lima sidik jari untuk didaftarkan, dan bahkan berfungsi saat jari basah. Sensor sidik jari dapat digunakan untuk membuka menu pengaturan dengan menggesek dan juga dapat dikonfigurasi untuk memungkinkan sidik jari menjawab panggilan, memanggil kontak tertentu atau digunakan untuk fungsi lain seperti memotret foto.

Asus ZenFone Max Pro M2

Baca juga: Dirilis Awal Desember, Asus ZenFone Max Pro M2 Gantikan ROG Phone ?

Dual Kamera Bokeh

Seperti pada seri sebelumnya, sistem kamera masih dipertahankan bahkan leih baik dari pendahulunya. Dengan Kamera AI baru, fitur kamera di smartphone ini memiliki kemampuan pada low light yang lebih baik

Sistem kamera telah ditingkatkan dengan penggunaan sensor Sony IMX486 yang memiliki lebih besar dari rata-rata, 1,25μm piksel dan apertur F1.8 yang lebih besar. ZenFone Max Pro M1 juga memiliki 1.9 kali lebih besar sensitivitas cahaya daripada M1, dan memungkinkannya untuk mengambil bahkan cahaya yang lebih terang dan jernih.

Kamera utama ini masih dilangkapi dengan lampu kilat LED Softlight memiliki efek pencahayaan yang tersebar, sehingga potret cahaya rendah tidak terlalu terang

Antarmuka kamera juga lebih mudha digunakan, dengan tampilan shortcut dan memberikan fungsi pengaturan bokeh dengan slider. Ada juga mode Pro yang memungkinkan menyesuaikan pengaturan sesuai keinginan mereka.

ZenFone Max Pro M2 didukung dengan AI Scene Detection. Menggunakan algoritma khusus sehinga smartphone mampu mendeteksi adegan atau subjek pemotretan pengguna menerapkan pengaturan ideal yang akan memberikan hasil terbaik.

Didukung oleh Mesin AI Snapdragon 660, model data AI kamera dapat mendeteksi hingga 13 adegan dan subjek yang berbeda.

Model data ini dibuat dengan mereferensikan ribuan foto stok yang disimpan di server Asus. Seiring dengan berkembangnya koleksi, model data menjadi halus, dan berubah dengan setiap pembaruan firmware dari smartphone.

Model data AI tersebut akan deteksi adegan dibangun menggunakan database besar foto yang disimpan di server Asus. Koleksi foto referensi ini terus berkembang untuk menyempurnakan akurasi dan kecepatan AI Scene Detection.

Kamera kemudian menerapkan pengaturan ideal yang diambil dari model data AI untuk adegan yang paling dekat dengan adegan atau subjek yang terdeteksi.

Pengaturan dari AI yang dimiliki kamera akan menyesuaikan dan mengopimalkan Suhu dan saturasi warna, Kontras, Kecerahan, Kecepatan rana dan pencahayaan.

Hasil foto dari kamera ASUS Zenfone Max Pro M2 sudah jauh lebih baik dari pendahulunya Max Pro M1 tidak hanya untuk kamera utama, tetapi juga untuk kamera selfienya.

Spesifikasi :

Jaringan 3G/ HSDPA/ 4G LTE
SIM Dual SIM (Nano SIM)
Dimensi 157.9 x 75.5 x 8.5 mm
Berat 175 gram
Layar 6,3 inches, 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~403 ppi density)
Tipe layar IPS LCD Capacitive
Sistem Operasi Android 8.1 Oreo
Chipset Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
CPU Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260)
GPU Adreno 512
RAM 3 GB / 4 GB / 6 GB
Memori 32 GB / 64 GB plus slot MiroSD Up to 2 TB
Kamera Belakang 12 Mpix  + 5 Mpix
Kamera Depan 13 MPix
Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth 4.2, 3,5 mm audio jack, microUSB 2.0
Fitur GPS, FM radio, MP3 player, video player,
Baterai NonRemovable, Li-Po 5.000 mAh