Review OPPO A74 – Tampil Elegan Performa Tak Mengecewakan

GadgetSquad – OPPO meluncurkan smartphone terbarunya A74 dalam versi 4G dan 5G. Dan kali ini adalah review OPPO A74 versi 4G. Apa saja perbedaan dan persamaan antara OPPO A74 versi 4G dan 5G, simak ulasannya berikut ini :

review oppo A74

Review OPPO A74

Sebelumnya GadgetSquad sudah melakukan review terhadap OPPO A74 versi 5G. Nah, kali gantian untuk versi 4G. Berikut ini review lengkapnya :

Desain

Desain bodi menjadi hal pertama yang diperhatikan saat melakukan review OPPO A74 ini. Hape terbaru OPPO ini tampil dengan bodi belakang yang glowing. Bodinya menggunakan material plastik polycarbonate namun tetap menunjukkan desain berkelas. Dan meski OPPO A74 5G jadi mudah terlihat kotor oleh sidik jari, beruntung dalam paket pembelian sudah tersedia soft case.

Saat digenggam, bodi Hp OPPO ini terasa nyaman di genggaman tangan. Ukuran bodinya terkesan proporsional dan bobotnya cukup ringan.  Ukuran bodi yang pas, membuat hp ini nyaman saat digenggam dan tidak mengganggu mobilitas jika diletak dalam saku celana.

review oppo A74 b

Jika dibandingkan dengan OPPO A74 5G, bodi OPPO A74 (4G) memiliki ukuran bodi yang agak lebih kecil. Pun begitu dengan bobotnya juga memiliki ukuran berat yang lebih ringan.

Bodi OPPO 74 disematkan tombol power pada sisi samping kanan. Tombol power ini juga berfungsi sebagai panel sensor sidik jari. Ketika review OPPO A74 pada sensor fingerprint ini, terbilang responsive dalam membuka layar terkunci, hanya butuh waktu tidak lebih dari 1 detik.

Pada bodi samping kiri, terdapat tombol volume dan juga disematkan port dual sim card dan eksternal memori. Sedangkan di sisi bagian bawah, tertanam lubang speaker, port jack audio 3.5mm dan port charger type C.

Layar

Review OPPO A74 lanjut pada bagian layarnya. Bentang layar OPPO A74 memiliki ukuran 6.43 inci, sedikit lebih kecil dibandingkan layar OPPO A74 5G. Layar ini mengadopsi teknologi AMOLED berresolusi FHD+ (1080 x 2400 pixels).  Ini sudah menjadi jaminan terhadap ketajaman layar dalam menampilkan gambar.

Layar juga sudah dilengkapi teknologi All-day Eye Care yang berfungsi mengurangi cahaya biru pada layar guna mencegah ketegangan pada mata. Ada juga fitur AI Smart Backlight. Berkat fitur ini OPPO A74 akan menyesuaikan tingkat kecerahan layar berdasarkan kondisi penerangan di sekitar dan juga berdasarkan kebiasaan pengguna dalam mengatur kecerahan layar. Kedua fitur ini berfungsi mengatasi masalah gangguan pada mata akibat terlalu lama menatap layar Hp.

review oppo A74 c

Tertanam juga teknologi Sunlight Screen menawarkan visibilitas terbaik, untuk layar smartphone saat berada di bawah sinar matahari terik. Moonlight Screen yang secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari.

Semua teknologi dan fitur tersebut, menurut GadgetSquad berguna saat menggunakan Hp ini. Selama dieksplor layar terasa responsif, gambar yang tampil terlihat tajam dan bisa mengurangi kelelahan mata saat harus menatap layar dalam waktu lama.

Baca juga: Harga dan spesifikasi OPPO A74 4G

Kamera

Sekarang masuk ke review OPPO A74 untuk fitur kameranya. OPPO A74 dilengkapi dengan tiga kamera di bodi belakang. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48MP, kamera bokeh 2MP, dan kamera makro 2MP untuk menangkap detail yang lebih kecil. Sedangkan kamera depan hadir dengan 16MP yang dilengkapi fitur AI Beautification.

Semua kamera yang ada di OPPO A74 sudah dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Kamera ini didukung fitur AI Scene Enhancement 2.0 yang akan mengenali setiap objek foto, kemudian akan menyesuaikan saturasi warna dan kontras. Sehingga didapatkan hasil jepretan kamera yang lebih tajam dan natural.

Selain itu kamera di OPPO A74 juga dibekali dengan fitur AI Beautification. Fitur ini ini dapat mengidentifikasi wajah, kemudian akan memperbagus objek wajah tersebut yang disesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Selanjutnya juga ada fitur Ultra-Night Mode yang berguna saat ingin mengambil objek foto pada malam hari atau di dalam ruangan yang minim cahaya.

Baca juga: Oppo A74 Gesit Buat Gaming, Apa Rahasianya?

Performa

Untuk performanya, OPPO A74 didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 662. Selain itu untuk tampilan grafisnya disokong oleh GPU menggunakan Adreno 610 dengan Max. Tidak hanya itu, kinerja HP OPPO terbaru ini juga dibantu oleh RAM 6GB LPDDR4X yang memberikan peningkatan performa, serta juga didukung memori internal 128GB. Selain itu juga ada bisa menambah kapasitas memori melalui slot eksternal microSD.

Untuk daya tahan hidupnya, OPPO A74 dibekali dengan baterai berdaya 5000mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, dari review OPPO A74 yang kami lakukan, baterai dlam keadaan full bisa membuat Hp OPPO terbaru ini bertahan seharian untuk pemakaian cukup intens, termasuk untuk bermain game online, menonton streaming film, akses sosmed dan lainnya. Saat baterai mulai lowbat, kamu bisa melakukan charging dengan waktu yang lebih cepat. Ini karena OPPO A74 sudah mendukung teknologi fast Charging. 33W.

ColorOS 11.1

Kemudahan saat menggunakan berbagai fitur yang ada di OPPO A74, tidak lepas dari Hp ini yang mengadopsi ColorOS 11.1 yang berbasiskan OS Android 11.  Sistem operasi kreasi OPPO ini menyediakan tidak hanya user interface yang nyaman, tapi juga beberapa fitur penting.

Seperti fitur Assistant Privacy yang dapat menjaga data pribadi dan privasi agar tetap bersih dan aman. Ada juga fitur Private Safe akan menyimpan file data dengan aman di OPPO HeyCloud. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengambil kembali file atau data apabila perangkat hilang. Selain itu ada App Lock akan melindungi aplikasi dengan password, sehingga tidak bisa diakses oleh sembarangan orang.

Kesimpulan

Selain desain tampilan mewahnya yang menjadi daya tarik awal, performa serta keandalan fitur yang dibawa OPPO A74 sanggup memuaskan selama penggunaan smartphone ini. Baik untuk membuat konten, menikmati konten hiburan, bermain game online dan lainnya.