Review OPPO A9 2020: Hp 4 Kamera dengan Perfoma Gaming Mumpuni

0

Setelah memperkenalkan Reno Series beberapa waktu yang lalu. OPPO kembali memperkenalkan smartphone terbarunya dari jajaran A series, yakni OPPO A9 2020

OPPO A9 2020

Nah yang bikin beda. Jika sebelumnya Seri A ini untuk entry level, kali ini Oppo menaikan kelas seri A, ke segmen menengah. Kira-kira seperti apa fitur performanya?

Desain

Secara desain OPPO A9 2020 punya bentuk yg mirip dengan seri A sebelumnya, bedanya. ada di desain kamera belakang dengan penempatan kamera utama vertikal.

Pegangan atau gripnya juga nyaman, keempat sudut yang membulat ini juga yang ngebuat OPPO A9 2020 ini kerasa ergonomis pas di genggaman tangan. Terutama pada saat di posisi landscape pas lagi streamingan atau pas lagi maen game.

OPPO A9 2020

Built quality-nya juga kerasa solid dan premium banget, untuk materialnya sendiri pake bahan plastik polycarbonate yang mengkilat, jadi kalo kena pantulan cahaya, efek glossynya bikin keliatan menarik.

Nah terkait dengan body penggunaaan dari hp ini adalah gampang ninggalin bekas sidiki jari di bagian bodi belakangnya. Kalo kamu nggak rajin dibersihkan, bodi hp keliatan jadi kotor.

Untungnya kamu bakal dapetin jelly case dipaket penjualanya buat kamu yg hp nya nggak mau cepet kotor.

OPPO A9 2020 ini hadir dalam dua pilihan warna yaitu Marine Green dan Space Purple.

Layar

Untuk layarnya sendiri, OPPO A9 2020 membawa dimensi layar seluas 6,5 inci tapi dengan dimensi bodi yang masih tergolong kompak. Nah hal ini karena smartphone ini mengadopsi desain poni waterdrop untuk menopang kamera selfienya. Jadi tepian layarnya bisa lebih tipis.

OPPO A9 2020

Selain itu, jenis panel yang dipake adalah IPS dengan resolusi yang masih HD+ (1600 x 720 piksel). Dan kalo kalian perhatiin, rasio bodi atau layarnya ini sedikit lebih panjang dari biasanya.

Hal ini karena rasio yang dimiliki OPPO A9 2020 ini adalah 20:9. Dengan ukuran layar yang cukup besar ini, tentunya cocok banget buat kamu yang suka nonton video streamingan atau buat kamu yang suka maen game di smartphone.

Secara keselurukan tampilan OPPO A9 2020  terbilang user friendly. Dengan sistem Color OS 6.0, berbasis android pie 9.0.

Performa

Untuk dapur pacunya, OPPO A9 2020 ini punya peningkatan kinerja yang cukup signifikan kalo dibandingin sma generasi sebelumnya yaitu OPPO A7 yang hanya pake prosesor Qualcomm Snapdragon 450 1.8 GHz dengan GPU Adreno 506.

OPPO A9 2020 dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 665 yang merupakan chipset berfabrikasi 11 nm yang mencakup prosesor octa-core 2.0 GHz dan kartu grafis Adreno 610.. Konsumsi dayanya 20% lebih rendah dan untuk performa AI nya juga dua kali lebih baik kalo dibandingin sma prosesor qualcomm snapdragon 660.

Nah sebagai catatan tambahan,, chipset ini secara khusus berfokus pada tiga hal, yaitu AI, fotografi dan game baik secara individu ataupun keseluruhan.

Dan untuk mendukung kemampuan multitaskingnya, OPPO A9 2020 dibekali memori RAM dengan kapasitas 8GB dan memori internal 128GB yang bisa diekspansi sampe 258GB, sehingga memberikan pengalaman Multitasking yang lancar.

Selain itu, untuk menunjang pengalaman yang semakin mantap buat kamu para penggemar mobile gaming. Ada juga fitur Game space, Game assistant dan Game Boost 2.0 yang bisa ngeoptimalin frame rate dan sentuhan layar sehingga pada saat maen game semakin fokus dan bebas gangguan pas lagi asik maenin game.

Buat dipake maen PUBG dengan settingan tertinggi “Balanced“ dengan option frame rate medium. Game sangat lancar dimaenin dan tidak ditemukan adanya lag selama maen game. Sedangkan untuk settingan smooth bisa dengan option frame ratenya “High “.

Dengan spesifikasi yang ditawarkan, pada saat saya uji menggunakan aplikasi antutu benchmark.. OPPO A9 2020 mampu meraih score di angka 131 ribuan.

Kamera

Salah satu keunggulan dari nilai jual utama si OPPO A9 2020 ini adalah di bekali dengan Quad Camera / 4 kamera yang ada dibagian belakang.

Tapi kalo kalian liat secara sekilas, cuma ada 3 kamera di bodi belakang yang tersusun vertical di dalam satu bingkai. Padahal di sebelahnya terdapat kamera keempat yang memang terlihat kecil persis di bawah lampu LED Flash.

OPPO A9 2020

Keempat kamera ini terdiri dari kamera 48 MP dengan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung Isocell GM1. Kamera keduanya menggunakan sensor Omnivision beresolusi 8MP f/2.2 dengan lensa ultra wide angle 119 derajat. Kamera ketiga yaitu kamera berresolusi 2 MP yang dilengkapi lensa mono. Dan kamera yang keempat yang berada di bawah LED flash, memiliki resolusi 2MP yang berfungsi sebagai depth sensornya.

Quad Camera ini juga dilengkapi dengan fitur night mode yang sudah di-update ke versi 2.0, sehingga hasil foto malam atau minim cahaya  terlihat makin tajam.

Selain itu ada juga fitur ChromaBoost yang berfungsi untuk ngehasilin foto dengan perpaduan warna dan eksposur yang seimbang.

OPPO A9 2020

Terus juga ada difitur Expert dimana  kamu juga bisa mengatur iso, white balance dan exposure secara manual untuk hasil foto yang lebih maksimal yang bisa disesuaikan dengan kondisi pemotretan.

Untuk kemampuan merekam videonya, kamera di OPPO A9 2020 udah bisa ngerekam video 4K dengan resolusi 1080p 30 fps.

Selain itu juga udah dilengkapi dengan fitur EIS (Electonic Image Stabilizer) sehingga membuat hasil video terlihat stabil meski saat pengambilan video dalam kondisi bergoyang.

Yang menarik, Juga ada fitur slow mo dan time-lapse untuk merekam video supaya lebih keliatan artistik.

Pindah kebagian kamera depanya, Buat kamu yang suka selfie, OPPO A9 2020 punya kamera selfie dengan resolusi 16 MP dengan apreture f/2.0 yang dilengkapi dengan fitur Artistic Portrait Mode, AI Beuaty 2.1, AI Scene Recognition, Custom Beauty, dan AR Sticker yang bikin foto selfie kamu jadi lebih menarik.

OPPO A9 2020

Fitur

Hal menarik lainnya yang dibawa OPPO A9 2020 yaitu dibekali dengan dual stereo speaker dengan teknologi audio Dolby Atmos. Ini ngebuat pengguna yang kaya saya bisa nikmatin konten multimedia dengan suara surround effect, mulai dari ngedengrin music, nonton video sampe maen game.

Baterai

Salah satu Fitur di OPPO A9 2020 yang patut dipertimbangin yaitu baterainya yang terbilang punya kapasitas besar, yaitu 5.000 mAh dengan daya 5V 2A. Setidaknya ini terbukti dari penggunaan OPPO A9 2020  yang saya pake secara normal, kaya chatting, streaming, browsing sampe ngegaming ternyata bisa bertahan sampe seharian penuh.

Hebatnya lagi, baterai ini juga berkemampuan reverse charging atau bisa dijadikan sebagai powerbank via OTG. Jadi kalian ngga perlu khawatir gadget kalian kekurangan daya, karena OPPO A9 2020 bisa menjadi sumber daya buat gadget kesayang kamu.