Review OPPO A92 – Desain Menawan dengan Kamera 4 Sekawan

GadgetSquad.id – Dalam membeli smartphone, masing-masing orang mempunyai pendapat dan pandangan yang berbeda, ada yang fokus pada resolusi kamera, besaran kapasitas RAM atau ROM, daya tahan baterai, penggunaan chipset atau hal lainnya.

Oppo A92

Nah, jika kamu salah satu tipe orang yang sedang mencari smartphone dengan ukuran layar lebar dan mampu memberikan pengalaman hiburan serta visual gaming lebih baik, OPPO A92 bisa dimasukan ke dalam list untuk dimiliki. Seperti apa keunggulan dan fitur yang dimilikinya? Berikut ulasannya dibawah ini.

Desain & Layar

Secara desain, kesan pertama kami ketika melihat dan menggenggam OPPO A92 ini, mempunyai tampilan yang lebih segar dan berkarakter jika dibandingkan dengan OPPO seri A sebelumnya. Hal tersebut terlihat pada bagian layarnya yang dihiasi sebuah lubang untuk penempatan kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.0) yang terletak disudut kiri atas.

Dengan menanamkan punch hole kamera, layar berjenis IPS LCD seluas 6,5 inci ini terasa lebih leluasa dan membuat pengalaman visual layar lebih maksimal, seperti menonton streaming film ataupun digunakan pada saat bermain game.

Baca juga : OPPO A92 Terbaru Resmi Dirilis! Ini Harga dan Fitur Andalannya!

Layarnya itu mengadopsi Neo-Display dan memiliki resolusi 2400 x 1080 piksel, yang juga mempunyai rasio perbandingan bodi ke layar sebesar 90,5 persen. Untuk meminimalisir terjadinya benturan ataupun goresan pada layar, OPPO A92 dibekali dengan Corning Gorilla Glass 3. Meski bukan generasi yang terbaru, tapi setidaknya bisa melindungi pada area layar dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

oppo a92 layar

Masih disektor layarnya, pada bezel kanan dan kirinya cukup tipis hanya 1,73 mm, sehingga cukup memberikan pengalaman visual terbaik. Selain itu, kepadatan layar yang besarnya 405 PPI mampu memberikan kenyamanan ketika melihat layar diperangkat ini.

Untuk tetap memberikan kenyamanan dan keamanan, OPPO juga membekali layar OPPO A92 ini dengan fitur perlindungan mata yang sudah tersertifikasi yakni, TüV Rheinland.

Fitur ini berfungsi untuk lebih efektif menyaring cahaya biru pada layar, sehingga bisa mengurangi bahaya kelelahan dan akibat buruk yang sering terjadi pada mata pengguna saat menatap layar dalam waktu lama dengan mengaktifkan mode Eye Protection.

Beralih pada kebagian bodi belakangnya, OPPO A92 hadir dengan desain 3D quad-curved untuk mengoptimalkan sudut lengkung di keempat sisi sehingga menjadikannya lebih bundar dan lebih nyaman saat digenggam. Walaupun dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, perangkat ini terbilang cukup ringan dan slim. Hal ini terbukti OPPO A92 memiliki bobot 192g dengan tebal 8,9mm saja yang cukup memberikan tingkat ergonomis ketika kami genggam hanya dengan satu tangan.

oppo a92 samping

Dan untuk pertama kalinya Oppo menerapkan desain konstelasi pada perangkat ini yang terinspirasi oleh perubahan warna langit kutub. Sedangkan garis-garis cahaya yang ditempatkan pada sisi bagian kamera utama menampilkan konstelasi yang bersinar melalui warna-warna langit. OPPO A92 hadir dengan dua varian warna yakni, Shining White serta Twilight Black.

Untuk sistem keamanan pada ponsel ini, Oppo membekalinya dengan Side Fingerprint Unlock. Dimana kami merasa mudah menggunakannya hanya dengan satu tangan bahkan tanpa mengangkat ponsel. Secara performa, fitur kemanan terbaru ini lebih cepat dari membuka kunci sidik jari di layar dengan tingkat pengenalan yang lebih tinggi hanya dengan 0,3 detik saja.

Kamera

Berbeda dengan desain kamera utama dari generasi OPPO A series sebelumnya, untuk pertama kalinya juga OPPO menghadirkan desain C-shaped pada kamera utama OPPO A92 dengan AI Quad Camera.

Keempat kamera itu terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.7), kamera ultra wide angle 8 MP dengan lebar sudut pandang 119 derajat, kamera monokrom 2 MP, dan terakhir kamera portrait beresolusi 2 MP.

Bagi para mobile fotografer, pengguna juga bisa memaksimalkan fotografi pada rasio 4:3 dengan menggunakan resolusi 48MP. Pengguna memiliki pilihan untuk mengambil foto dengan pilihan format 4:3 atau 4:3 (48MP) dimana format 4:3 (48MP) dapat mengambil lebih banyak detail dari objek, oleh karena itu pengguna dapat melakukan perbesaran objek lebih extrim.

oppo a92 kamera

Bicara soal fiturnya, bagi penggemar selfie, hp ini memiliki fitur yang lengkap, mulai dari AI Beauty Mode, Portrait, dan Ultra Night Selfie untuk mengoptimalkan pengambilan foto selfie di ruangan minim cahaya.

Sedangkan untuk perekaman videonya, pada  kamera utama mampu merekam dengan resolusi tertinggi 2160p pada kecepatan 30fps dan 1080p pada kecepatan 30/120fps, yang sudah didukung dengan “ EIS (Electric Image Stabilization) “

Performa

Masuk pada bagian performanya, OPPO A92 dibekali dengan prosesor Snapdragon 665 Octa-Core 2,0 GHz yang menggunakan teknologi fabrikasi 11nm, dimana prosesor ini mengutamakan efisiensi baterai tanpa mengorbankan performa dan pengalaman pengguna.

Prosesor ini juga menawarkan peningkatan kinerja sebanyak 15% dan efensiensi energi lebih baik sebesar 14% jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Pada sektor olah grafisnya perangkat ini mengandalkan GPU Adreno yang mampu mendukung aktifitas yang bisa dijalankan dengan maksimal seperti aplikasi ataupun bermain game dengan tampilan grafis yang cukup baik.

oppo a92 game

Dengan dukungan RAM 8 GB LPDDR4x dan chipset dari Qualcomm, perangkat dapat menjalankan aplikasi sehari-hari secara multitasking dengan lancar. Apalagi dengan hadirnya ruang penyimpanan 128 GB UFS 2.1 mampu memberikan peningkatan kecepatan kinerja membaca sebesar 61%. Jika merasa kurang, pengguna juga bisa menambahkannya melalui triple slot SIM Card hingga 256 GB.

Saat kami coba untuk memainkan game Call Of Duty mobile pada perangkat ini, kami tidak menemukan adanya lag dan game cukup lancar bisa dimainkan dengan settingan grafik dan frame rate high. Tampilan visualnya pun kami rasa real dengan detail gambar yang cukup baik.

Selain itu, secara fitur untuk pengguna yang suka bermain game, Oppo juga memiliki fitur andalan yang bisa memanjakan para gamer. Seperti Boost 2.0, yang berfungsi mengoptimalkan dan efektif merespons games supaya berjalan lebih cepat.

Ada juga fitur “ Game Space “ yaitu aplikasi rancangan oppo yang memungkinkan untuk menyimpan lebih dari 50 game. Kemudian ada fitur “ Game Assistant “ dimana fitur ini bisa membantu memaksimalkan penggunanya ketika saat bermain game dengan lancar agar bebas dari gangguan notifikasi ataupun telepon yang masuk.

Fitur Lainnya

Bicara soal operasi sistemnya, OPPO A92 dilengkapi dengan sistem operasi baru, ColorOS 7 berbasis Android 10. Nah di Color OS terbaru ini kami suka dengan tampilan desain UI nya, menawarkan desain yang lebih minimalis, bentuk ikonnya pun dirombak terlihat lebih elegan, mudah dikenali dan selain itu juga sudah mendukung fitur Dark Mode.

oppo a92 kameradepan

Adapun beberapa fitur terbaru yang dibawa pada Color OS 7 ini, diantaranya bagi pengguna yang ingin melakukan relaksasi, fitur OPPO RELAX bisa digunakan untuk memberikan efek suara natural yang menenangkan.

Selain itu, untuk pengguna yang sering mendengerkan musik dari aplikasi streaming video seperti YouTube, bisa memanfaatkan mode Screen Off, dimana pengguna dapat mematikan layar dan mendengarkan video untuk menghemat daya saat sedang tidak dapat menonton video. Tidak hanya itu, kehadiran Hi-Res Audio dengan dual stereo speakers di masing-masing sisi atas dan bawah bodi smartphone ini juga cukup memberikan pengalaman audio yang baik.

Daya Tahan

Untuk mengakomodasi semua kegiatan diperangkat ini, OPPO membekali A92 dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh yang bisa diandalkan dengan fitur reverse charging. Fitur ini membuat ponsel bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain dengan memanfaatkan fitur OTG. Selain itu, telah didukung dengan daya pengisian cepat 18W (watt) yang diklaim bisa mengisi daya dari 0% ke 50% hanya dalam waktu 45 menit menggunakan USB Type-C.

oppo a92 port

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga Rp 4.199.000, menurut kami OPPO A92 adalah paket lengkap yang bisa menjadi pilihan bagi pengguna untuk kelas mid-range. Tidak hanya memiliki desain yang trendi, performa yang mumpuni, tapi juga menawarkan pengalaman baru untuk konsumen. Selain itu juga kami cukup puas karena perangkat ini mampu menyajikan grafis yang cukup optimal dengan daya tahan yang lebih lama.