Review OPPO Reno3 – Mau Bikin Konten Video/Foto Kayak Apapun, Bisa!

GadgetSquad.id – OPPO belum lama ini secara resmi meluncurkan seri Hp Reno series terbaru di 2020, yaitu OPPO Reno3. Ini adalah penerus dari OPPO Reno2 series yang diluncurkan tahun lalu. Sudah barang tentu, OPPO Reno3 membawa peningkatkan spesifikasi dan kemampuan fitur dari seri sebelumnya.

oppo reno3 re

Bodi Ramping

OPPO Reno3 sepertinya memiliki tampilan agak berbeda dibandingkan seri sebelumnya. Hp OPPO terbaru ini tampil lebih minimalis. Meski begitu desain OPPO Reno2 F terlihat menawan dengan bentuk di bagian bodinya yang membulat. Ukuran lebar bodinya pun terasa pas, sehingga nyaman saat digenggam.

Bisa dikatakan OPPO Reno3 bisa dibilang punya kualitas rancang bangun yang baik. Bisa terlihat dari penggunaan bingkai logam. Bodi belakang Reno3 menampilkan warna menawan. Terutama untuk pilihan warna sky white, yang tampil dengan warna putih dipadukan gradasi warna biru keungungan. Selain itu juga ada pilihan warna midnight black yang terlihat maskulin.

oppo reno3

Pada sisi samping kanan bodi disematkan tombol Power. Sedangkan di bagian kiri terdapat tombol volume dan slot simcard + MicroSD. OPPO Reno3 dilengkapi dengan dual slot Nano simcard. Sedangkan slot MicroSD bisa membaca kartu memori hingga kapasitas hingga 256GB. Di bodi sisi bawah, tersemat lubang  speaker, port USB Type-C dan lubang jack audio 3,5 mm.

Baca juga : Kehebatan Prosesor Artificial Intelligent di OPPO Reno3

Layar Plus Fingerprint

Mengikuti tren saat ini, OPPO Reno3 juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan fingerprint di layar. Tepatnya terletak di bagian bawah layar sentuh. Fingerprint ini didukung teknologi Hiden Fingerprint Unlock 3.0 yang mampu melakukan unlock layar hanya dalam waktu 0,34 detik.

Untuk layarnya, OPPO Reno3 membawa dimensi layar seluas 6,4 inci dengan resolusi 2400 x 1600 pixels. Layar ini memiliki screen ratio 90,8%. Jadi meski memiliki layar luas, dimensi bodi Hp OPPO ini masih tergolong kompak.

Tampilan layar terlihat tajam, termasuk saat Berada di bawah sinar matahari langsung, tampilan layar tetap terlihat jelas. Layar ini kembali mengusung desain waterdrop di bagian atasnya. Untuk tampilan user interface-nya, OPPO Reno3 terbilang user friendlty. Ini tidak lepas dari dukungan sistem ColorOS terbaru yaitu ColosOS 7.

Bagi kamu yang sering berlama-lama di depan layar smartphone,  Reno3 sudah mendapatkan TUV Rheinland Low Blue Light Certification. Ini karena Reno3 dapat menyaring cahaya biru untuk melindungi mata pengguna dengan mengaktifkan mode Eye Protection.

Hiburan Maksimal

Buat kamu yang kerap mencari hiburan di smartphone, OPPO Reno3 coba mengakomodirnya. Ini dibuktikan dengan menghadirkan teknologi OSIE (OPPO Screen Image Engine). Dan ini pertama kali fitur ini dibawa oleh Reno3. OSIE secara efektif akan meningkatkan kualitas gambar dan mengoptimalkan efek visual video pendek. OSIE dapat bekerja dengan aplikasi popular seperti Instagram dan TikTok.

Selain itu, OPPO Reno3 juga sudah mendapatkan Netflix HD Certification. Ini karena terbukti mampu menghadirkan Video berkualitas tinggi 1080p tersedia di aplikasi Netflix yang menjadi aplikasi pre-installed di Reno3. Kini, pengguna dapat menikmati video dengan kualitas high-definition dalam genggaman. Belum lagi dukungan Dolby Atmos dan Hi-Res Audio, yang mampu menyajikan audio dan video yang bersertifikasi Dolby, serta mendukung pemutaran Hi-Fi dari file Hi-Res Audio.

Baca juga : Mau OPPO Reno3? Bisa Tukar Tambah Kok!

Main Game

Salah satu performa yang bisa diandalkan dari OPPO Reno3 yaitu ketika digunakan untuk bermain game online. Ini lantaran Hp OPPO terbaru ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur khusus gaming. Seperti Boost 2.0, yang berfungsi mengoptimalkan dan efektif merespons games supaya berjalan lebih cepat.

Ada juga fitur  “ Game Space “ yaitu aplikasi rancangan oppo yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih dari 50 game. Dan ada fitur “ Game Assistant “ dimana fitur ini Ini merupakan aplikasi yang bisa mengatur pemblokiran notifikasi, pengingat pesan, multitasking cepat, tangkapan layar, dan perekaman layar saat sedang bermain game. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan gangguan saat sedang bermain game,sehingga bisa nge-game lebih nyaman.

Quad Camera

OPPO Reno3 dibekali dengan Quad Camera atau 4 lensa kamera di bodi belakang. Keempatnya terdiri dari kamera utama 48MP Ultra-Clear, 13MP lensa telephoto, 8MP lensa sudut lebar, dan 2MP lensa mono.

Quad camera ini juga didukung fitur 108MP Ultra Clear Image yang dapat menghasilkan foto dengan tampilan yang tajam dan tanpa kehilangan detail. Ketika menggunakan fitur 108MP Ultra Clear Image, kamera akan mengambil foto multi-frame, kemudian fitur Artificial Intelligent akan secara otomatis menggabungkannya.

oppo reno3

Selain itu, kamera utama juga dapat merekam informasi sub-pixel dengan resolusi gambar yang sangat tinggi. Dengan Optical-Flow Sub-pixel Registration, kamera dapat mencocokkan dan mengkalibrasi sub-pixel pada frame yang berbeda untuk menghasilkan gambar asli dengan pixel yang rendah dengan lebih banyak informasi. Setelah itu, melalui Sub-pixel Interpolation, gambar asli dengan pixel yang rendah akan diubah menjadi gambar dengan resolusi tinggi, tajam, dan jelas. Quad Camera pada OPPO Reno3 ini diklaim mampu memenuhi kebutuhan fotografi seperti memotret sudut pandang luas, normal, hingga foto jarak jauh.

Untuk kamera depannya, OPPO Reno3 dibekali kamera 44MP Ultra Night Selfie. Kamera depan ini mampu menghadirkan foto selfie berdefinisi tinggi untuk kondisi malam hari dengan detail tekstur wajah yang terjaga.

Di seri OPPO Reno3 ini pertama kalinya OPPO mengembangkan dan memperbaharui algoritma Ultra Night Mode pada kamera depan. Selain itu, OPPO juga memanfaatkan NPU dengan algoritma Artificial Intelligent baru untuk memberikan fitur Ultra Dark Mode yang akan aktif apabila kondisi pencahayaan rendah di bawah 1 lux.

Baca juga : Beli OPPO Reno3, Ini Promo dan Hadiah Menarik yang Bisa Didapat!

Bikin Konten Video Keren

OPPO menjadi salah satu produsen smartphone yang memprioritaskan untuk mengatasi masalah perbesaran gambar pada smartphone melalui zooming technology. Hal ini mulai dilakukan sejak debut 5X Dual-Camera Zoom pada gelaran Mobile World Congress 2017. OPPO terus konsisten mengembangkan dan menerapkan zooming technology yang diaplikasikan pada lini seri Reno. Ini dimulai dari fitur 10x Hybrid Zoom hingga pada Reno3 yang mengusung 5x Hybrid Zoom dengan kemampuan 20x Digital Zoom. Yang berbeda, kini di OPPO Reno3 zooming technology ini juga hadir pada fitur perekaman video.

Fitur baru lain yang dibawa OPPO Reno3 yaitu Ultra Steady Video 2.0. Ini merupakan evolusi atau pengembangan dari fitur yang sama yang sudah hadir di seri Reno2. Ultra Steady Video 2.0 membawa dua mode yang berbeda, yaitu 1080p 60fps pada mode Ultra Steady Video dan 1080p 30fps pada mode Ultra Steady Video Pro. Pada Ultra Steady Video 2.0 didukung teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) yang dikembangkan dengan algoritma baru sehingga meningkatkan efek anti-shake, kemulusan hasil video, dan kualitas gambar yang ditingkatkan dengan frame rate tinggi.

Selain itu OPPO juga membawa fitur video menarik lainnya pada Reno3, yaitu Video Bokeh, Video Zoom, dan AI Beauty Mode. Gak cuma itu, kehebatan OPPO Reno3 untuk diandalkan sebagai perangkat membuat konten video, juga dilengkapi dengan fitur Soloop, yaitu fitur Video Editor dengan berbagai fitur editing yang lengkap. Apalagi fitur ini mudah digunakan untuk pengguna pemula sekalipun.

Performa Mumpuni

Untuk performanya, OPPO Reno3 disokong prosesor MediaTek Helio P90. Selain itu juga didukung 8GB RAM dan 128GB ROM. OPPO Reno3 dilengkapi dengan sistem operasi baru, ColorOS 7 berbasis Android 10. ColorOS 7 tampil dengan efek visual  baru yang akan menarik perhatian pengguna. Penyederhanaan ikon dan desain tampilan pada OS ini bertujuan agar pengguna dapat terfokus pada aplikasi yang digunakan. ColorOS 7 membawa mode gelap, yang jika diaktifkan akan membantu konsentrasi pengguna dan mengurangi konsumsi baterai.

Berbicara soal baterai, Hp OPPO terbaru ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4.025 mAh, terbilang besar kapasitasnya. Meski baterai habispun tidak perlu khawatir, karena Hp ini hadir dengan teknologi pengisian daya cepat yaitu 20W VOOC Flash Charge 3.0. Berkat teknologi ini bisa mengisi daya baterai hingga 50 persen dalam waktu 30 menit.

Spesifikasi OPPO Reno3
Layar ·         6.4″ 20:9 60Hz·         Super AMOLED water-drop screen
Prosesor       Mediatek Helio P90
Kamera Depan       44MP Ultra Night Selfie F/2.45
Kamera Utama ·         Main Camera 48MP F/1.79·         Ultra Wide Angle 8MP F/2.2 Ultra Macro 3cm

·         Telephoto 13MP F/2.4 5x hybrid optical zoom

·         Mono Lens 2MP F/2.4

RAM & ROM       8 GB RAM + 128 GB ROM
Sensor Sidik Jari       Hidden Fingerprint Unlock 3.0
Baterai & Pengisian Ulang ·         4025 mAh·         20W VOOC3.0
Sistem Operasi       ColorOS 7 Based on Android 10
Warna       Black & White