Review realme 5 Pro: Unggulkan Performa dan 48MP Sony Quad Camera di Rentang Harga Rp 3 Jutaan

1

Dilaporkan berada di peringkat kelima di top 5 smartphone brand di Indonesia, versi IDC, realme langsung tancap gas merilis smartphone baru, yakni realme 5 Pro. Padahal 6 bulan lalu, sub-brand OPPO ini baru saja merilis generasi sebelumnya, realme 3 Pro.

review realme 5 pro (4)

Seperti apa realme 5 Pro dan apa peningkatan spesifikasi dan fitur2nya? Berikut ini adalah review lengkapnya.

Desain

Pertama kita bahas soal desainnya. realme 5 pro memiliki desain yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya.

Smartphone ini mengadopsi desain potongan berlian yang merupakan ciri khas gen desain realme. Berbeda dari tekstur pemotongan matte dari generasi sebelumnya, generasi baru ini sudah mengadopsi permukaan asli yang dipoles dan tekstur skala nano baru.

Prosesnya juga telah disesuaikan dan ditingkatkan. Pertama desain smartphone ini menggunakan holografik dengan tekstur cutting yang diukir dengan laser lima sumbu. Pada bagian bawah logo yang dicetak dengan cermin perak. Lalu diwarnai melalui sablon tinta dan ditutup dengan lapisan pengerasan cat.

Seluruh proses desain ini melibatkan 15 kali pembuatan prototipe dan 78 kali penyesuaian detail di bagian belakang sehingga menghasilkan efek visual baru dengan warna holografik dengan tekstur potongan.

Memiliki lekukan bodi yang ergonomis dengan desain 3D yang ramping melengkung ke belakang, membuatnya pas di telapak tangan. Apalagi bingkai tengahnya juga yang lebih ramping dan ringan, jadi memberikan kesan smartphone ini lebih kompak.

realme 5 Pro sejatinya hadir dalam dua warna baru: Crystal Green dan Sparkling Blue.

Layar

Beralih pada bodi bagian depan realme 5 Pro dibekali layar 6,3 inci yang membedakan tampilan lebih luas dan lebih jelas.

Dengan desain poni dewdrop yang elegan, kamera depan dan sensor terintegrasi di bagian atas layar. Poni ini meberikan tepi hitam yang lebih tipis yang akhirnya mencapai rasio layar sangat tinggi hingga 90,6%. Tidak hanya luas, tampilan smartphone ini juga nyaman dimata. Menggunakan resolusi FHD+ mampu memberikan tampilan visual yang enak dimata.

Quad-Camera Belakang

Di smartphone terbarunya ini realme menawarkan Sony quad camera dengan resolusi sangat tinggi, sehingga memberikan pengalaman fotografi bagi pengguna yang dapat diterapkan dalam berbagai skenario.

review realme 5 pro (4)

Kamera belakang ini memiliki konfigurasi empat kamera, dimana kamera utamanya menghadirkan resolusi 48 megapiksel dengan sensor Sony IMX586. Sensor ini memiliki lebar 1/2.0 inci, dengan apertur besar f/1.8. Lensa ini dibekali teknologi Quad-Bayer pixel four-in-one, sehingga mampu menghasilkan foto dengan piksel tunggal 1,6um. Sedangkan untuk kamera kedua menggunakan lensa ultra-wide-angle 119°,dua lensa lainnya adalah lensa portrait dan lensa ultra macro.

Menggunakan Sony IMX586 sebagai sensor kamera utamanya, realme 5 Pro memiliki keunggulan pada resolusi dan kinerja low light. Jadi kameranya mampu memberikan dynamic range yang sangat baik dan detil gambar yang kaya. Sedangkan untuk software-nya, realme 5 Pro dibalut dengan tingkat mobile photography yang cukup lengkap.

review realme 5 pro (4)

Selain itu kamera di realme 5 Pro dilengkapi fitur Nightscape. Fitur ini memanfaatkan inovasi dan keunggulan algoritma pemandangan malam hari, menggabungkan teknologi AI dengan engine multiframe, dan mampu mengurangi noise, stabilisasi, highlight supression dan peningkatan dynamic range.

Selain itu realme juga membenamkan fitur Chroma Boost. Fitur ini memanfaatkan AI engine untuk mengenali informasi pemandangan, mengembalikan detil nyata, kecerahan, dan warna yang dilihat oleh mata manusia melalui model visual manusia yang unik, dan memolesnya secara maksimal.

Berdasarkan hasil foto low light dan pemandangan malam, kamera realme 5 pro mampu menghasilkan pemandangan yang bagus dengan pencahayaan yang optimal. Tidak hanya itu, efek pemotretan portrait mampu memberikan sentuhan khusus untuk wajah, sehingga hasil foto lebih cerah namun warna kulit tetap alami.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Lensa ultra-wide-angle 119° yang dimiliki realme 5 Pro merupakan lensa kamera wide-angle HD resolusi 8MP dengan apertur f/2.2. Lensa ini cocok digunakan untuk foto lanskap, bangunan dan foto grup banyak orang. Caranya kamu tinggal pilih mode ultra-wide angle hanya dengan satu klik saja.

Sedangkan pada lensa ultra makro, realme 5 Pro menggunakan spesifikasi apertur f/2.4 dan piksel 1,75 μm. Dengan rentang fokus 4cm, kamu dapat mengambil foto yang lebih jelas dalam jarak lebih dekat, dengan mudah menangkap berbagai detil objek.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Lalu untuk lebih memenuhi permintaan pengguna akan fotografi portrait, realme 5 Pro memiliki “sistem filter” tambahan. Kamera utama dibantu oleh fitur lensa warna hitam dan putih, memberikan kemampuan eksposur yang lebih tinggi untuk foto dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar.

Dalam mode Portrait, eksposur, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik. Bersamaan dengan simulasi karya potret master, foto disetel ke gaya film retro dengan lebar.

Saat merekam video,realme 5 Pro mendukung perekaman video hingga resolusi 4K. Kamera depan dan belakang keduanya memiliki fitur Electric Image Stabilization (EIS).

Fungsi video juga mendukung perekaman video slow motion 960fps dalam resolusi 720P. Hebatnya lagi realme 5 Pro mendukung pengeditan video, yang dapat menambah dan menyesuaikan kecepatan video, filter, teks, efek soundtrack, dll. Kamu juga dapat membuat video yang diedit melalui fungsi tema, yang bagus untuk dibagikan di jejaring sosial.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kamera depan

Nggak cuma kamera belakang, Kamera depan realme 5 Pro memiliki resolusi 16-megapiksel, apertur f/2.0 sensor. Menggunakan lensa Sony IMX471 dengan 5P konsentrasi tinggi, mendukung Quad Bayer smart pixel 4-in-1 technology yang dapat mensintesis 2μm piksel besar untuk kinerja selfie yang sangat baik di lingkungan rendah cahaya.

Dengan dukungan ini maka warna kulit dalam gambar tetap alami dan detailnya sangat dipulihkan. Selain itu, stabilisasi gambar dari perekaman video kamera depan lebih baik dan terdapat pula mode Nightscape.

realme 5 Pro juga mampu mengoptimalkan fungsi beauty selfie untuk memenuhi standar estetika dan kebutuhan kamu. Fitur ini menambahkan algoritma AI Beauty untuk secara akurat mengenali dan mengidentifikasi subjek yang difoto melalui total 296 poin pengenalan fitur, memberikan 8 juta efek kecantikan berbeda untuk setiap orang, jika terdapat banyak orang dalam satu frame.

Algoritma pada bidang kulit yang memungkinkan objek wajah dalam mode portrait memiliki kulit yang lebih alami dan lebih banyak fitur yang diaplikasikan sehingga mencapai efek cantik.

Nggak cuma cocok buat cewek, efek kecantikan yang ada di smartphone ini juga bisa digunakan untuk pengguna pria. Mode ini dapat secara otomatis mengenali pria dan wanita, dan menerapkan template contouring dan make-up yang berbeda untuk menciptakan efek kecantikan yang lebih cocok untuk pengguna.

Algoritma ini juga dapat mempelajari sendiri kebiasaan mengedit pengguna dari album lokal, sehingga dapat terus mengoptimalkan fungsi kamera, dan memberi pengguna pengalaman selfie yang dipersonalisasi.

Untuk lebih memenuhi kebutuhan pribadi pengguna akan kecantikan selfie, realme 5 Pro juga mendukung 8 optimalisasi kecantikan eksklusif, termasuk penghalus kulit, pengangkatan wajah, pelangsingan wajah, dagu, mata besar, penipisan hidung, make-up, dan pembentukan garis. Semua efek ini dapat dikustomisasi oleh pengguna untuk membuat selfie lebih memuaskan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Peningkatan Kinerja

realme 5 Pro membawa chipset prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 712 AIE. Prosesor ini memiliki peningkatan kinerja berkat Inti CPU yang sudah ditingkatkan ke angka 2,3 GHz, di mana kinerja keseluruhan 10% lebih tinggi dari prosesor Qualcomm Snapdragon 710 generasi sebelumnya serta memberikan pengalaman operasional, permainan dan hiburan terbaik.

Untuk mendukung kemampuan grafis, smartphone ini juga dilengkapi dengan Adreno 616 GPU, dengan kinerja grafis dan efisiensi energi meningkat hingga 35% dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE menggunakan teknologi proses FinFET 10nm canggih untuk secara efektif mengurangi konsumsi daya prosesor dan mencapai masa pakai baterai yang lebih lama sambil meningkatkan kinerja.

Prosesor ini juga dilengkapi dengan mesin pemrosesan AI generasi ketiga yang baru. Dibandingkan dengan mesin pemrosesan AI generasi kedua, kekuatan pemrosesan AI dari mesin generasi ketiga meningkat hingga 2 kali lipat, sehingga mempercepat komputasi AI dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Saat diuji menggunakan aplikasi Antutu, smartphone ini mampu mendapatkan skor hingga 16 ribuan.

review realme 5 pro (4)

Tidak hanya sampai disitu, realme 5 pro juga kami uji dengan menggunakan game berat sekelas PUBG. Hasilnya realme 5 Pro mampu menjalankannya dengan kemampuan optimal. Pengaturan grafis di saat main game juga bisa diatur rata kanan.

Untuk mendukung kemampuan multitasking, realme 5 Pro dibekali pilihan memori RAM 4GB dan 8GB dengan memori internal 128GB, sehingga memberikan pengalaman multitasking yang lancar.

Memori RAM di smartphone ini menggunakan jenis LPDDR4X + UFS2.1 yang merupakan solusi RAM terbaik saat ini. Teknologi tersebut dapat mencapai peningkatan kinerja 15% dan rasio kinerja yang sangat baik dengan ukuran yang kompak. Konsumsi daya berkurang 17% dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Untuk pengalaman gaming, realme 5 Pro dibekali HyperBoost 2.0 yang didukung dengan dua mesin yang kuat, Frame Boost dan Touch Boost. Dengan begitu bisa meningkatkan kinerja dan stabilitas ponsel selama permainan, dan memastikan pengalaman bermain game terbaik.

Untuk menahan panas saat bermain game dalam jangka waktu lama, realme 5 Pro menggunakan proses pembuangan panas gel baru, Multiple Heat Dissipation yang merupakan kombinasi foil tembaga, lembaran grafit, dan aluminium konduktivitas termal tinggi dengan konduktivitas termal hingga 160λ.

Sehingga hal tersebut dapat mencapai pembuangan panas yang lebih baik dan mempertahankan operasional yang nyaman saat melakukan tugas berat seperti game skala besar.

Saat kami coba untuk main game dalam jangka waktu 2 jam, suhu pada smartphone terasa tidak begitu panas.

Untuk mendukung fitur multimedianya realme telah mengembangkan teknologi optimisasi kualitas suara speaker kecil Dirac Power Sound bersama dengan Dirac Research AB.

Teknologi ini secara khusus ditargetkan pada tiga performa utama speaker kecil yang digunakan pada ponsel untuk pengoptimalan kualitas suara yang ditargetkan secara keseluruhan, bass dan volume.

Dengan begitu membuat kualitas suara jadi lebih seimbang dan alami, sementara secara signifikan meningkatkan volume tanpa distorsi karena kelebihan beban, dan membuat bass lebih kuat serta lebih dalam.

Baterai

Supaya tahan lama, realme memasang baterai berkapasitas 4035mAh pada realme 5 Pro. Kapasitas baterai ini terbilang besar dan dapat memenuhi permintaan penggunaan sehari-hari.

realme 5 Pro juga memiliki fungsi AI Freezer, fungsi ini secara cerdas memprediksi penggunaan aplikasi pengguna dan segera membekukan aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat daya.

Untuk mendukung pengisian daya yang cepat,  realme 5 pro juga sudah didukung dengan VOOC Flash Charge 3.0 yang menghadirkan 18 teknologi pengisian cepat bertegangan rendah yang dipatenkan.

Teknologi ini menggunakan mode tegangan rendah, arus tinggi untuk memastikan kecepatan pengisian sambil mengurangi panas adaptor dan smartphone dalam proses pengisian.

Pengisi daya VOOC Flash Charge 3.0 di realme juga menggunakan solusi bertegangan rendah dan arus tinggi, yang tidak hanya menjamin keamanan tingkat penerbangan, tetapi juga belum pernah terjadi sebelumnya solusi ini mampu mengurangi masalah pemanasan ponsel selama pengisian daya.

Dengan algoritma generasi baru ini mengurangi masalah ketidakstabilan daya pengisian daya cepat dengan cara yang ditargetkan. VOOC Flash Charge 3.0 dapat mempertahankan pengisian daya tinggi sepanjang pengoperasian.

realme 5 Pro berjalan dengan sistem operasi ColorOS 6.0 terbaru, dengan desain tampilan yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan pengguna.

Untuk lebih memenuhi kenyamanan penggunaan, realme mengembangkan aplikasi dan fitur yang lebih sesuai dengan kebiasaan pengguna.

Yang pertama didalamnya terdapat fitur Real Private. Fitur ini merupakan ruang pribadi yang lebih nyaman dan lebih cocok untuk privasi pengguna dengan menyembunyikan aplikasi, foto, file, dan konten lainnya sesuka hati.

Kamu dapat masuk ke ruang tersembunyi melalui sidik jari privasi yang ditetapkan secara terpisah, mengunci ponsel secara manual dan mematikan kata sandi biometrik ponsel.

Selain itu ada juga manajemen Hotspot. Fitur ini secara komprehensif sangat lebih cocok untuk skenario rencana kuota data harian. Dimana pengguna bisa mengoptimalkan hotspot ponsel, membatasi jaringan dan lalu lintas data perangkat yang terhubung.

Atau kamu juga bisa memantau kuota yang tersisa setiap hari dan secara cerdas mendorong apakah akan menggunakan kuota yang tersisa untuk melanjutkan unduhan konten yang belum selesai sambil mendukung melanjutkan titik penghentian.

Lihat juga video reviewnya dibawah ini:

 

TINJAUAN IKHTISAR
Desain
8
Layar
8
Kinerja
8.5
Kamera
8.5
Baterai
8
Konektivitas
7.5
Berita sebelumyaCanggih, Ini 3 Teknologi Fast Charging dari OPPO
Berita berikutnyaSiap-siap, Ini Tanggal Peluncuran vivo V17 Pro di Indonesia

1 KOMENTAR