review realme C20 : Layak Jadi Raja Baru Smartphone Satu Jutaan!!!

GadgetSquad.ID – Semenjak diperkenalkan, keluarga realme seri “C”, memang sangat mencuri perhatian. Kiprah keluarga realme seri C di kelas menengah pun tidak bisa dianggap remeh. Sudah jutaan model dari keluarga realme seri C, digunakan konsumen di Indonesia.

Sebagai salah satu senjata utama realme untuk terus bertaji di Indonesia, pabrikan asal Cina ini pun terus melakukan kreasi, agar realme seri C terus menjadi yang terdepan di kelasnya.

Terbaru, sekaligus menjadi bukti paling fresh jika realme tidak pernah kehabisan ide, untuk mengembangkan keluarga seri “C”, adalah hadirnya realme C20.

Layakkah realme C20 menjadi suksesor keluarga besar realme seri C? Berikut ulasan lengkap review realme C20

Desain
Dalam perjalannya realme bisa dikatakan, bisa membuat tampilan seri “C” yang nota bene dari segmen entry level, menjadi naik kelas. Bagaimana dengan seri realme C20 ini? Menurut GadgetSquad, realme masih konsisten.

Ya, walau terlihat sederhana, pihak pabrikan mampu membuat smartphone entry level ini nampak elegan dengan desain yang kekinian. Keindahan tampilan realme C20 nampak jelas terpancar, pada bodi bagian belakang.

Saat mengeksplor area belakang, GadgetSquad menemukan penutup bodi dengan desain geometrik nan apik. Bagian belakang bertekstur, hasil dari proses menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman. Setelah melalui 300 menit pemolesan, akhirnya 450+ lekukan terukir di bodi belakang realme C20.

Ukiran tersebut menciptakan efek cahaya reflektif khusus nan artistik. Berkat keseriusan realme dalam mengembangkan bodi realme C20, membuat smartphone ini begitu mencuri perhatian dengan kombinasi warna begitu menarik.

Adanya tekstur yang menyelimuti bodi belakang realme C20, membuat smartphone ini semakin mantab saat digenggam. Awak GadgetSquad pun tak takut realme C20 terlepas dari genggaman, lantaran bodinya tidak licin.

Selain itu dengan konsep desain bodi belakang yang di usung, realme C20 jadi tidak mudah terlihat kotor oleh sidik jari, serta efektif mencegah goresan. Tampilan realme C20 semakin terlihat elegan, dengan adanya aksen seperti sebuah pita yang terbentang dari atas ke bawah.

Sentuhan modul kamera yang disusun begitu rapi, plus tambahan logo realme di area belakang, membuat desain realme C20 lebih ikonik dibanding para kompetitor di level yang sama. Desain geometrik yang dimiliki realme C20, hadir dalam dua pilihan warna yang terinspirasi oleh keindahan alam, yakni Lake Blue dan Iron Grey.

Layar
Mengikuti tren saat ini, dimana banyak sekali konsumen yang menikmati hiburan dari smartphone, realme C20 nampak menggoda dengan layar besar bergaris tengah 6,5 inci. Layarnya memiliki perbandingan 20:9, alhasil realme C20 mampu membawa bidang pandang yang lebih luas.

Untuk menggoda konsumen, sekaligus memberi kesan kekinian layar, realme C20 mengusung konsep poni mini-drop juga membawa rasio layar ke angka 89,5%. Konsep layar yang diusung, memungkinkan pengguna memiliki lebih sedikit gangguan visual ketika, menghabiskan waktu menonton streaming menggunakan realme C20.

Layar realme C20 sendiri, sudah memiliki resolusi HD+ 720*1600. Menurut GadgetSquad, tingkat resolusi layar smartphone ini sudah lebih dari cukup untuk bertarung dengan kompetitor di kelas pemula.

Selama pengujian, GadgetSquad terkesan dengan performa layar realme C20. Layar smartphone ini terbilang begitu responsif, kondisi ini membuat GadgetSquad nyaman untuk mengeskplor realme C20 lebih jauh.

Selain itu, GadgetSquad juga sempat menguji kualitas layar realme C20 dengan streaming video, kurang lebih 1 jam lamanya. Hasilnya ukuran layar yang luas, ditambah tampilan warna yang natural, membuat mata ini begitu nyaman dan tidak cepat lelah saat menatap layar realme C20 dalam waktu yang lama.

Kamera
realme C20 memang dikembangkan untuk bertarung di kelas entry level, namun kamu jangan meragukan kualitas teknologi yang dimiliki smartphone ini, termasuk untuk fotografi. Sebagai salah satu fitur paling digemari, realme sudah mempersenjatai realme C20 dengan teknologi kamera yang menjanjikan.

realme C20 memiliki kamera utama 8MP dengan aperture f/2.0. Ukuran aperture dari lensa utama ini terbilang cukup besar, membuat kamera smartphone ini cukup untuk menangkap cahaya, imbasnya foto yang dihasilkan lebih jelas dan cerah
Selain itu, kamera realme C20 juga mendukung AF yang menjadikan fokus lebih cepat dan akurat. Fitur 4x zoom juga memungkinkan pengguna mengambil foto yang jelas walau dari jarak jauh.

Agar hasil foto lebih maksimal, sudah tersedia tak lupa disematkan menu Chroma Boost. Saat menu Chroma Boost, kamera realme C20 dapat mengambil gambar dengan warna yang lebih hidup.

Kamera realme 8MP juga bisa bertranformasi menjadi perekaman Video. Saat kamu mengabadikan berbagai gambar bergerak, lensa realme C20 mampu merekaman video dengan kualitas 1080P.

Bagaimana dengan kamera depan? Tenang cuy, realme sadar betul jika banyak sekali konsumen yang suka ber-swa foto. Nah, untuk memuaskan hasrat kamu berfoto selfie, realme C20 menyerahkan tugas tersebut, kepada kamera depan dengan kualitas 5MP.

Soal kualitas, tidak mengecewakan cuy. Semua teknologi maupun fitur yang tertanam di kamera realme C20, bekerja dengan baik dalam merekam berbagai momen keren yang kamu abadikan. Hasil foto realme C20, layak diperhitungkan untuk menjadi yang terbaik di segmen pemula.

Dapur Pacu
Di balik penampilannya yang menarik, realme C20 bisa dikatakan memiliki performa yang terbilang bertenaga. Selama pengujian, realme C20 begitu mulus menjalankan berbagai fungsi utamanya.

Digunakan sebagai perangkat bantu kerja manuvernya mulus. Saat digeber menjalankan fungsi hiburan, kinerjanya juga lancar jaya.

Bahkan kemampuan multitasking realme C20 juga tidak mengecewakan, bisa lah diadu dengan kompetitor di level yang sama. Kunci utama kinerja mulus realme C20 selama GadgetSquad ujicoba, tentu saja terletak dari dapur pacu yang tertanam di smartphone ini.

Dapur pacu realme C20 menghadirkan prosesor MediaTek Helio G35. Adapun prosesor MediaTek Helio G35, saat ini menjadi chipset terbaik di segmen entry level. Prosesor tersebut memiliki delapan-inti yang dibuat dengan proses produksi 12nm dan kecepatan 2,3Ghz.

MediaTek Helio G35 juga mengadopsi struktur Cortex A53, dengan komposisi tersebut tak heran menjadikannya salah satu prosesor tercepat dan terbaru dalam kategorinya. Prosesor ini sangat ideal bagi pengguna smartphone pemula, karena dapat mengatasi sebagian besar aplikasi.

GadgetSquad sendiri, sempat menguji performa realme C20 dengan bermain PUGB mobile. Dengan settingan normal, realme C20 mampu digeber menuntaskan “perang” di gim PUGB Mobile, tanpa ada gangguan alias leg.

Agar performa yang lebih stabil, kinerja prosesor di realme C20 mendapat sokongan LPDDR4X RAM berkapasitas 2GB, plus internal memori 32GB, serta dukungan 3 slot tambahan, dimana dua untuk kartu SIM dan satu untuk kartu MicroSD (hingga 256GB).

Fitur tambahan
Salah satu daya tarik dari keluarga seri C, yakni adanya berbagai menu bawaan khas realme yang begitu fungsional. Hal tersebut kembali GadgetSquad rasakan kala mengeksplor realme C20.

Berkerja dengan platform realme UI, berbasis Android 10, berbagai menu bawaan nan fungsional siap memanjakan kamu. Menu tersebut seperti “Mode Ganda untuk Berbagi Musik”, fitur ini sangat berguna bagi kamu yang senang mendengarkan musik.

Saat Mode Ganda untuk Berbagi Musik aktif, kamu dapat menghubungkan sepasang earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan. Alhasil kamu dan sahabat bisa menikmati dentuman musik secara bersamaan.

Ada juga Mode Fokus, saat fasilitas ini aktif, sistem secara bersamaan akan memainkan beberapa musik yang menenangkan. Mode ini akan mengaktifkan DND (Mode Jangan Ganggu), mencegah notifikasi baru menumpuk.

Fasilitas menarik lainnya terdapat Mode Gelap, terintegrasi dan telah dioptimalkan. Mode ini memungkinkan kamu untuk mengatur Mode Gelap untuk mati secara otomatis saat matahari terbit dan menyala, saat matahari terbenam.

Walau hadir di segmen entry-level, keamanan ternyata juga hal penting bagi realme. Untuk fasilitas keamanan tambahan, platfrom realme UI menghadirkan fasiltas “Perlindungan Informasi Pribadi”. Cara kerjanya, sistem akan menyediakan halaman informasi kosong, ketika aplikasi meminta mengakses informasi pribadi pengguna. Ini memastikan riwayat panggilan, kontak dan pesan tetap pribadi dan mencegah kebocoran data.

Baterai
Saat menghabiskan waktu dengan realme C20, kamu dipastikan tidak perlu akrab dengan colokan listrik. Bahkan, jika kamu memiliki powerbank, perangkat tersebut akan jarang digunakan.

Yup, mempertahankan salah satu ciri khas yang membuat keluarga seri “C” laris manis di pasaran, realme C20 kembali hadir dengan kapasitas baterai besar. realme C20 dipersenjatai baterai berkapasitas 5000mAh. Kapasitas baterai yang besar, membuat realme C20 memiliki daya tahan yang terbilang lama.

Selama diuji aktif dengan pemakaian normal, realme C20 bisa menemani aktivitas GadgetSquad lebih dari satu hari penuh. Ketika diuji dengan membuka fitur tertentu, secara simultan dalam waktu yang lama, baterai realme C20 juga terbilang awet.

Contoh, saat GadgetSquad menggeber realme C20 dengan menonton YouTube kurang lebih 1 jam, baterai hanya terkuras kurang dari 5%. Jika merujuk dari data yang didapat, berdasarkan pengujian dari pihak realme, realme C20 bisa standby hingga 43 hari. Kebayang dong bagaimana awetnya baterai realme C20.

Kesimpulan
realme C20 hadir sebagai suksesor keluarga realme seri C. Dari hasil pengujian, menurut GadgetSquad realme C20 memang layak menjadi penerus kejayaan realme seri C. Mengusung slogan “Rajanya Smartphone Sejutaan”, realme C20 kembali membawa keunggulan berkelas yang membuat keluarga realme C, banyak diminati konsumen di tanah air.

Ya, hanya bermodal sejutaan kamu bisa mendapat smartphone bertenaga, disokong kamera mumpuni, plus fitur yang lengkap dan kekinian di levelnya. Tak hanya itu, realme C20 juga hadir dengan daya tahan di atas rata-rata. Semua keunggulan realme C20 itu semakin berkelas, lantaran smartphone ini dibalut dengan desain berkarakter.

Bahkan, desain realme C20 menurut GadgetSquad layak bersaing dengan hp flagship. Dengan semua yang dimiliki, GadgetSquad yakin realme C20 akan menjadi “Entry-Level King Baru Dibawah Rp 1,5 Juta”. Kalian setuju!!!

Jika berminat dengan realme C20 langsung aja bertandang ke beberala online store berikut.

shopee :
https://shopee.co.id/product/109598751/9046984443/?utm_campaign=p109598751_ss_id_othr_c20&utm_content=socmedpr&utm_medium=seller&utm_source=others

Akulaku
https://mall.akulaku.com/v2/redirect.html?actionKey=BryLAwAAAAA=

website:
https://buy.realme.com/id/goods/188