Review Samsung Galaxy A50: Desain Istimewa dengan Tiga Kamera

0

Setelah Samsung Galaxy A10, A20 dan A30, Samsung juga punya varian yang lebih lebih tinggi, adalah Samsung Galaxy A50 yang dibanderol lebih mahal dari ketiga lainnya.

samsung galaxy a50 (12)

Mengawali debut dengan banderol harga Rp 4 jutaan untuk varian RAM 4GB dan 64GB memory internal. Samsung Galaxy A50 membawa teknologi layar yang mumpuni dan tiga kamera dengan fitur lengkap didalamnya. Apalagi kelebihan dari smartphone ini? Berikut adalah review lengkapnya.

Desain Tipis dan Menarik

Samsung Galaxy A50 hadir dengan desain yang terbilang elegan. DIbandingkan A10, A20 dan A30, A50 memiliki ukuran body yang lebih besar. Namun begitu Samsung Galaxy A50 yang cukup tipis hanya 7,7 mm. Membawa DNA khas smartphone premium Samsung, bagian depan A50 dibalut dengan layar berukuran besar dengan poni di bagian atasnya.

samsung galaxy a50 (12)

Pada bagian belakang hp ini dibalut dengan material plastik polycarbonate yang dilapisi dengan lapisan kaca 3D. Pada bagian ini Samsung menyematkan 3 kamera belakang. Tepat di bawah kamera belakang yang tertanam, Samsung menyematkan lampu flash LED. Memiliki varian warna yang kekinian, body belakang ini juga terasa solid.

Tidak menggunakan sensor sidik jari pada bagian belakang, Samsung Galaxy A50 memasukan sensor ini di bagian bawah layar. Kacanya juga dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3 untuk menahan hp dari goresan. Namun sayangnya pada paket penjualan Samsung tidak menyertakan casing pelindung.

Samsung Galaxy A50 menyediakan tombol home dan volume yang terletak pada sisi kanan perangkat. Sementara disebelah bawah terdapat jack audio 3,5mm, port USB Type-C dan speaker tertanam pada bagian bawah. Pada sisi kiri perangkat, Samsung menyematkan lubang 2 lubang sim card yang ditemani oleh slot kartu microSD.

Baca juga: Samsung Galaxy M40 Segera Dirilis, ini Bocoran Harga dan spesifikasinya?

Layar Infinity U

Layar Samsung Galaxy A50 dibekali panel Super AMOLED yang terkenal memiliki kualitas yang tajam dan jernih namun tidak cepat membuat mata lelah saat digunakan. Panel ini memiliki karakteristik tampilan warna yang lebih vivid (cerah) serta warna hitam lebih pekat.

samsung galaxy a50 (12)

Layar Samsung Galaxy A50 menggunakan poni Infinity-U. Dengan ukuran layar 6.4 inci, layar ini memiliki resolusi FHD+ 1080 x 2340 piksel. Dan untuk pelindung layar dari goresan, Samsung sudah menyematkan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3.

Menariknya dari sisi tampilan, Samsung Galaxy A50 mampu menghadirkan fitur Always On Display. Dengan tampilan ini, hp dapat memberikan informasi pada saat layar terkunci seperti notifikasi pesan masuk, informasi waktu, informasi cuaca dan yang lainnya.

Sensor Sidik Jari

Samsung Galaxy A50 menyediakan sensor sidik jari di bagian bawah layar (fingerprint on screen). Sayangnya, respons pembaca sidik jari ini tidak secepat pada sensor sidik jari konvensional. Namun begitu, hal itu tidak terlalu signifikan.

samsung galaxy a50 (12)

Selain sensor sidik jari di bawah layar, fitur keamanan di Hp ini juga ada sensor pemindai wajah. Untuk kemampuan membaca wajah pengguna terbilang sangat cepat. Selain kedua fitur keamanan ini, Samsung masih sudah menyediakan opsi keamanan lain seperti pola pin, dan yang lainnya.

Baca juga: Telkomsel Hadirkan Program Cicilan Hp murah Samsung Bonus Internet 6 GB

Interface One UI 1.1

Seperti pada Samsung Galaxy A10, A20 dan A30, di A50 ini juga menggunakan interface Samsung One UI terbaru. Interface berbasis sistem operasi Android 9.0 ini memiliki tampilan yang intuitif dan mudah digunakan.

Tidak hanya lebih lebih simple dan fresh, tampilan ini menambahkan beberapa fitur baru. Seperti fitur mode satu tangan, sehingga yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan perangkat ini hanya dengan satu tangan. Selain masih hadir pula mode malam dimana pengguna mengaktifkan fitur ini makan tampilan layar perangkat ini akan terlihat gelap. Mode ini bahkan dapat menghemat daya baterai yang cukup signifikan.

samsung galaxy a50 (8)

Fitur lainnya juga ada Game Launcher. pengguna yang gemar melakukan aktivitas gaming dapat memfokuskan perangkat ini pada kinerja. Jadi saat mereka bermain game, pengguna akan dimanjakan ketika bermain game tanpa perlu takut terjadi lag atau hambatan saat bermain.

Ada juga fitur gerakan dan gesture aktif pintar. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk tetap aktif menggunakan perangkat smartphone hanya dengan memandangnya saja. Meski hadir dengan dukungan poni di bagian atasnya, untuk pengguna yang tidak ingin menampilkannya bisa menghapus poni menjadi tak terlihat.

Kinerja dan Performa

Samsung Galaxy A50 dibekali chipset terbaru Exynos 9610, chipset ini membawa konfigurasi dual quad-processor 2.3GHz dan 1.7GHz dengan fabrikasi 10 nm. Didukung dengan grafis Mali-G72MP3, Hp diklaim mampu hadirkan kemampuan gaming yang terbaik dikelasnya.

samsung galaxy a50 (8)

Pada unit yang kami review kali ini adalah RAM 4GB dan memory internal 64GB. Dengan memori ini maka pengguna dapat menjalankan aplikasi secara multitasking dengan baik.

Kinerja hp ini dibuktikan dari skor dengan Antutu benchmark mencapai 12 ribuan. Ketika digunakan untuk bermain game, kami tidak menemukan adanya hambatan. Semua adapat dilakukan dengan lancar dan mulus. Dengan dukungan fitur Game Launcher yang maka dapat memaksimalkan performa saat bermain game.

samsung galaxy a50 (8)

Baca juga: OPPO F11 vs Samsung Galaxy A50, Adu HP Kelas Menengah Terbaru

Baterai

Untuk mendukung kemampuan gaming dan daya tahan baterai, Galaxy A50 juga sudah menyediakan kapasitas 4000 mAh. Selain kapasitas besar yang memadai, Samsung juga memiliki kemampuan pengisian baterai cepat.

Dengan kapasitas dan fitur baterai yang memadai, maka pengguna akan merasakan kenyamanan saat digunakan beraktivitas. Apalagi saat baterai habis pengguna tak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan pengisian baterai.

samsung galaxy a50 (9)

Kamera

Lalu bagaimana dengan kemampuan kamera yang dimiliki Samsung Galaxy A50? Hp ini dilengkapi tiga kamera utama yang tersedia di bagian belakang. Fitur kamera ini memiliki kamera utama 25 megapiksel dengan aperture f / 1.7, kamera sudut lebar 8-megapiksel, dan kamera dengan sensor kedalaman 5 megapiksel.

samsung galaxy a50 (11)

Dengan kamera baru yang dimilikinya maka pengguna tidak hanya dapat menangkap foto dengan resolusi tinggi, tapi juga dapat menangkap objek lebih banyak dalam satu gambar dengan super wide angle, serta menghasilkan foto yang bokeh.

Fitur pada kamera ini juga didukung dengan beberapa fitur, seperti menghasilkan objek video slow-motion, time-lapse, AR sticker hingga emoji sticker. Pengguna juga bisa menggunakan kamera pada mode profesional. Pada menu ini pengguna dapat mengubah kecerahan, pengaturan ISO sesuai keinginan.

samsung galaxy a50 (11)

Kemampuan kamera utama di Samsung Galaxy A50 terbilang bagus baik pada kondisi pencahayaan yang memadai atau yang kurang memadai. Selain itu, dengan fitur focus live perangkat ini mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang lebih natural.