Review Samsung Galaxy A80: Layar Luas, Kamera Putar Berkelas

0

Samsung Electronics Indonesia akhirnya resmi rilis Samsung Galaxy A80 di Indonesia. Dibanderol dengan harga Rp 9,5 juta, praktis hp ini merupakan smartphone keluaran Samsung yang harganya persis dibawah seri S Mereka. Berikut ini adalah Review Samsung Galaxy A80.

Review Samsung Galaxy A80 1

Berbeda dengan hp Samsung lainnya, Galaxy A80 membawa inovasi revolusioner rotating triple camera Samsung yang pertama. Dengan begitu hp ini memiliki cinematic infinity display baru yang lebih luas.

Desain

Kesan pertama yang bisa dinilai dari Galaxy A80 adalah tebal dan bongsor. Tidak hanya tebal, bobot hp ini juga terbilang berat, yakni 220gram. Memiliki dimensi yang cukup besar, mungkin untuk mereka yang memiliki ukuran tangan kecil akan kesulitan menggunakannya dengan satu tangan.

Review Samsung Galaxy A80 1

Namun begitu besarnya ponsel masih cukup kecil jika melihat ukuran layarnya yang sangat luas. Hadir dengan layar 6,7 inci hp ini memiliki layar tanpa poni dan tompel seperti sebagian hp yang ada dipasaran.

Dari sisi built desain, Galaxy A80 terasa seperti hp kelas atas. Menggunakan material premium pada bodinya dan lapisan Gorilla Glass pada layar dan punggungnya. Bingkai terbuat dari bahan material logam yang membuatnya sangat premium seperti iPhone atau Galaxy S10.

Galaxy A80 tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Phantom Black, Angel Gold, Ghost White. Dan pada unit yang kami review saat ini adalah varian warna Phantom Black.

Review Samsung Galaxy A80 1

Di hp ini kamu bisa menemukan tombol power di sebelah kanan, dan volume rocker di sebelah kiri. Pada bagian bawah ada port USB-C, bersama dengan speaker tunggal.
Samsung meniadakan headphone jack 3.5mm, Untuk itu Samsung menyediakan headphone dengan koneksi port USB-C

Yang menarik dari desainnya adalah pada bagian kamera rotating pop-up nya. Mekanisme ini memang sesuatu hal yang baru bagi Samsung. Mekanisme ini medupakan salah satu solusi supaya kamera depan tidak terpasang pada bagian depan hp yang membuatnya ada poni atau tompel.

Dilapisi dengan kaca, membuat hp ini mudah meninggalkan sidik jadi. Namun begitu pengguna tidak erlu khwatir, karena pada paket penjualannya Samsung sudah menyediakan hardcase yang berkualitas.

Review Samsung Galaxy A80 1

Pada pengujian yang kami lakukan bagian rotating pop-up kamera berjalan dengan lancar dan nyaman saat mengunakannya.

Layar

Samsung Galaxy A80 mengusung layar Cinematic Infinity Display terbaru dengan layar 20:9. Layar yang diusung oleh hp ini tidak lagi menggunakan Notch atau tompel yang biasa kamu temukan di hp lain.

Dengan tampilan ini membuat aktifitas gaming dan menonton film jadi lebih puas dan nyaman.

Review Samsung Galaxy A80 1

Memiliki ukuran layar 6.7 inci, layar ini memiliki kualitas FHD+ Super AMOLED. Selain memiliki kualitas visual yang lebih detail dan tajam. Tidak hanya nyaman digunakan didalam ruang, layar hp ini juga jelas digunakan di luar ruang.

Untuk fitur Fitur biometric dan keamanan ponsel, Samsung membenaman Under display optical scanner. Memang bukan yangcepat, tapi cukup untuk membuka layar saat kamu sedang terburu-buru.

Layar ini juga sudah memiliki Always on display, jadi saat layar dalam keadaan mati sekalipun, hp mash dapat menampilkan informasi penting dilayar.

Namun sayang, Galaxy A80 tidak menyedaikan face unlock. Jadi hanya pemindai sidik jadi saja yang bisa kamu gunakan sebagai sistem keamanan selain mengunakan pin atau pola standart Android.

Rotating Triple Camera

Hadir untuk pertama kalinya di smartphone Galaxy, Samsung Galaxy A80 dilengkapi dengan inovasi rotating triple camera. Intinya tiga kamera yang secara otomatis berputar dari bagian belakang kedepan, ketika ingin melakukan selfie.

Review Samsung Galaxy A80 1

Tiga kamera yang digunakan Samsung terdiri dari kamera utama dengan resolusi 48 MP untuk kamera utama. Kamera kedua menggunakan 8 MP untuk dapat menghasilkan foto dengan angle yang luas 123°. Sedangkan kamera ketiganya menggunakan 3D Depth Camera yang kini menawarkan fitur Live Focus Video.

Dengan begitu kamu bisa menambahkan efek bokeh ketika membuat video untuk mengabadikan momen favorit. Selain itu kamera ini juga memanjakan pengguna pada kondisi pendahayaan yang kurang, karena sudah ditemani lampu LED flash.

Dengan kamera ini pengguna akan dimanjakan dengan hasl kamera yang mumpuni baik saat foto pada objek didepan atau selfie. Saat merekam video, kamu nggak perlu takut hasilnya goyang, karena didalamnya sudah tersedia fitur Super Steady. Fitur ini mampu mengurangi guncangan pada saat mengambil foto atau merekam video.

Review Samsung Galaxy A80 1

Hasil fotonya terbilang sangat istimewa, selain mampu menghasilkan foto yang cerang, dynamic range nya juga lebih baik. Hasil foto pada pencahayaan yang cerah atau gelap tidak masalah, karena Samsung sudah menyediakan mode Night.

Kinerja

Nggak cuma kameranya yang bagus, performa hp ini juga sangat mumpuni Chipset prosesor sekelas Snapdragon 730G sudah tertanam didalam hp ini. Chipset ini dikenal memiliki teknologi AI 2 kali lebih cepat saat membuka berbagai aplikasi dan 25% lebih cepat untuk graphics rendering ketika melakukan aktivitas gaming.

Review Samsung Galaxy A80 1

Selain itu prosesor ini juga didukung fitur premium Intelligent Performance Enhancer, sehingga Galaxy A80 mampu bekerja lebih keras, lebih cepat, dan lebih lama.

Fitur Intelligent Performance Enhancer pada Galaxy A80 dilengkapi software bertenaga AI yang mengoptimalkan kinerja, seperti menyesuaikan baterai, CPU, RAM dan suhu perangkat berdasarkan kebiasaan penggunanya, sehingga smartphone bekerja lebih optimal dan membuka aplikasi lebih cepat.

Review Samsung Galaxy A80 1

Kinerja Baterai

Dibekali baterai 3700 mAh, kemampuan daya tahan baterai hp ini terbilang tahan lama. Saat digunakan dalam jangka waktu seharian hp ini mampu bertahan. Bahkan masih menyisakan sekitar 20% kapasitas baterai, pada penggunaan standart harian.
Lalu bagaimana konerja pengisian baterainya?

Samsung dibekali fitur Super-Fast Charging 25W yang mengisi daya dengan cepat. Teknologi baterai pintar ini mempelajari rutinitas sehari-hari dan pola pengunaan aplikasi pengguna untuk mengoptimalkan konsumsi daya pada ponsel dengan Mode Adaptive Power Saving. Dengan begitu membuat baterai berjalan dengan lebih efisien untuk kinerja terbaik yang dibutuhkan.

Review Samsung Galaxy A80 1

Tidak hanya kinerja baterai yang bagus. Samsung juga melengkapi hp ini dengan kemampuan multimedia dan audio yang mumpuni. Galaxy A80 dibekali Dolby Atmos akan memanjakan telinga. Fitur ini mampu memberikan pengalaman suara yang bergerak 360 derajat saat menggunakan earphone maupun Bluetooth speakers.

Interface

Dari sisi Software hp ini dibekali dengan Interface One UI yang menggunakan basis Android 9 Pie. Memiliki interface yang user friendly dan mudah digunakan, Samsung juga menyediakan beberapa fitur dan aplikasi khas Samsung didalamnya.

Sepetti Bixby Routines yang dapat membantu pengguna melakukan kegiatan sehari-hari, dengan mempelajari pola penggunaan aplikasi dan menganalisa kebiasaan. Sehingga dapat mengenali fitur apa yang dibutuhkan.

Bixby Routines mengotomatiskan tugas dan aplikasi sehari-hari Anda berdasarkan pada rutinitas, seperti mengemudi atau berada di tempat kerja.

Samsung Galaxy A80 juga diperkuat oleh Samsung Knox, platform keamanan defense-grade dari Samsung yang dirancang untuk melindungi chipset hingga perangkat lunak. Dengan fitur ini pengguna dapat menikmati kebebasan saling terhubung dengan aman di Galaxy A80.

Fitur ini memungkinkan pengguna menggunakan Samsung Pass untuk mengakses aplikasi dan situs web dengan menggunakan otentikasi biometrik. Untuk meningkatkan kemudahan, pemindai sidik jari tertanam di layar sehingga unlock dilakukan secara intuitif.

Galaxy A80 juga menyertakan Bixby yang diaktifkan dengan satu tombol atau hands-free sehingga pengguna dapat terhubung ke informasi yang dibutuhkan dengan lebih nyaman.