Review Samsung Galaxy M20 – Merusak Pasar, Yang Lain Bisa ‘Bubar’

0

GadgetSquad.id – Selama ini Samsung dikenal sebagai Hp yang punya harga lebih mahal dibandingkan Hp mereka lainnya, padahal spesifikasinya punya kekuatan yang sama. Atau dengan harga yang sama, Hp Samsung punya spesifikasi yang lebih rendah. Selama ini Samsung cukup ‘pede’ (percaya diri), lantaran di pasaran Hp Samsung memang sudah punya nama di kalangan pengguna. Tapi di awal 2019, Samsung membuat gebrakan dengan meluncurkan Hp Samsung Galaxy M20 yang dijual dengan harga murah tapi membawa fitur yang lengkap dan berspesifikasi tinggi. Kalau begini caranya bisa merusak pasar dan bikin Hp merek lainnya bisa ‘bubar’. Gak percaya? Simak review Samsung Galaxy M20 berikut ini :

review samsung Galaxy M20

Plus Fingerprint

Bodi Hp Samsung Galaxy M20 dirancang dengan tampilan berkontur glossy. Ini membuat Hp Samsung ini terlihat elegan. Namun begitu sebenarnya bodi ini menggunakan material berbahan plastik polycarbonate. Jadi harganya terbilang murah, tapi Hp ini terasa kesan premium.

Dari review Samsung Galaxy M20 yang dilakukan, bodi Hp ini yag berbahan polycarbonate meski terlihat elegan, tapi juga mudah meningglakan bekas sidik jari saat menggeggam hape ini. Jadi harus sering dibersihkan.

Samsung Galaxy M20 hadir dengan dua pilihan warna yaitu Charcoal Black dan Ocean Blue. Untuk dimensinya, meski ukurannya terbilang standar, tapi Hp Samsung Galaxy M20 ini masih terasa cukup nyaman digenggam. Bobotnya juga terasa cukup ringan.

Pada bagian belakang Hp Samsung ini, disematkan sensor Fingerprint sebagai fitur keamanan.  Meski harganya terbilang murah, tapi Samsung tidak menghilangkan fitur keamanan yang satu ini. Berbeda dari beberapa Hp merek lain yang justru menghilangkan sensor Fingerprint.

Triple Simcard

Fitur lain yang yang juga tidak dihilangkan dari Samsung Galaxy M20 meski harganya cukup terjangkau, yaitu slotnya yang berjenis triple SIM. Slot ini terdiri dari slot SIM 1, SIM 2 dan slot MicroSD.

Ini membuat pengguna tidak merasa repot ketika ingin menggunakan 2 simcard sekaligus dan juga ingin memasukan satu memori card MIcro SD. Berbeda dengan Hp yang mengusung dengan 2 slot simcard yang harus bergantian antara simcard 2 dan kartu memori.

review samsung Galaxy M20 (1)

Layar Luas

Layar di Samsung Galaxy M20 terlihat luas terlebih lagi dengan desain full screen yang menutupi hampir seluruh sisi depan. Layar ini berukuran 6,3 inch dengan ketajaman resolusi Full HD+ (2340×1080 pixels).

Dan akhirnya Samsung mengikuti tren hape dengan notch atau bagian poni yang ada di atas layar. Samsung Galaxy M20 menjadi seri Hp Samsung pertama yang layar didesain dengan notch.

Baca juga : 5 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A50, A30, A20 dan A10

Notch ini berukuran kecil atau Samsung menyebutnya dengan Infinity V. Di Hp merek lain ada yang menyebutnya dengan waterdrop. Pada bagian notch ini disematkan kamera depan dan juga beberapa sensor.

Layar di Samsung Galaxy tidak dilapisi bahan anti gores corning gorilla glass. Ini bisa dimaklumi, karena untuk menekan harganya agar bisa lebih murah. Jadi tidak bisa sembarangan saat menggunakan hape ini.

Dual Camera Ultra Wide

Ketersediaan fitur dual camera bisa jadi menjadi yang hal yang biasa bagi hape zaman now. Termasuk kemampuan dual camera ini untuk menghasilkan foto bokeh. Dan fitur kamera ganda ini pastinya juga sudah dibawa oleh di Samsung Galaxy M20. Dual camera ini sendiri terdiri dari kamera berresolusi 13MPix (f/1.9) +  5MP (f/2.2). Dual camera ini sendiri terdiri dari kamera berresolusi 13MPix (f/1.9) +  5MP (f/2.2)

Tapi ada yang berbeda dari kamera ganda pada Hp Samsung terbaru ini. Karena ternyata kamera keduanya selain berfungsi sebagai dept sensor untuk foto bokeh, juga memiliki fungsi Ultra Wide.

Ini membuat tangkapan kamera bisa lebih luas dibandingkan kamera biasa. Hal berbeda dari kamera di Samsung Galaxy M20 yaitu adanya fitur Live Focus yang memungkinkan untuk mengatur blur pada baclground baik saat sebelum maupun sesudah memotret.

Untuk kemapuan merekam video, ternyata kamera di Samsung Galaxy M20 tidak dibekali image stabilizer. Dari review Samsung Galaxy M20 ini, dirasa saat merekam dalam keadaan bergerak, masih cukup terlihat agak kurang stabil.

review samsung Galaxy M20 (2)

Untuk fitur kamera depannya Samsung Galaxy M20 membawa kamera selfie berresolusi 8MPix (f/2.0). Kamera ini juga dilengkapi berbagi fitur menarik seperti Beauty, Live Focus dan lainnya. Kamera depan ini selain untuk foto selfie juga bisa sebagai pemindai fitur Face Unlock.

Kinerja Gak Mengecewakan

Untuk mendukung kinerjanya, Hp Samsung Galaxy M20 ditenagai oleh prosesor Exynos 7904 Octacore 1.8GHz). Selain itu juga didukung prosesor grafis GPU Mali-G71 MP2.

Hp Samsung terbaru ini menjalankan Android 8.1 Oreo dipadukan dengan Samsung Experience 9.5 UX. Samsung dijanjikan Galaxy M20 akan mendapatkan upgrade ke Android 9.0 Pie.

Kinerjanya Samsung Galaxy M20 juga ditunjang oleh RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Jika kapasitas memori masih terasa kurang bisa menggunakan kartu microSD yang slot dedicated-nya mendukung hingga 512 GB.

Dari review Samsung Galaxy M20 ini, secara keseluruhan kinerja Samsung Galaxy M20 tidak mengecewakan. Sanggup menjalankan beberapa aplikasi multitasking dengan lancar. Termasuk sanggup diandalkan untuk bermain game online saat ini, seperti PUBG dan lainnya, dengan mulus.

Untuk membuktikan sejauh mana kinerja Samsung Galaxy M20 Pro, kami mengujinya dengan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark. Dan diperoleh skor :

review samsung Galaxy M20 (3)

Bateri Tahan Lama

Nah ini yang menjadi andalan dari Samsung Galaxy M20 yaitu, baterainya yang punya kapasitas besar yaitu 5.000 mAh. Tentu aja ini bisa bikin penggunaan hape ini lebih tahan lama. Jadi gak perlu khawatir, karena baterai hape gak gampang lowbath.

Misalnya jika digunakan buat nonton video, sanggup bertahan hingga 18 jam.
Ketika dilakukan review Samsung Galaxy M20 yang digunakan dengan penggunaan standar, seperti akses sosmed, chatingan, nonton YouTube dan sesekali bermain game, Samsung Galaxy M20 sanggup bertahan seharian penuh.

Selain baterainya tahan lama, kamu juga tidak perlu khawatir kalau baterai lowbath. Karena Hp Samsung terbaru ini sudah dilengkapi dengan fitur Fast Charging. Ini membuat hape ini gak perlu waktu lama saat dicharge untuk bisa terisi penuh.