Review Smartwatch Huawei Watch GT 2e – Harga Lebih Murah, Beda dari Lainnya

GadgetSquad.id – Pasar perangkat smartwatch di Indonesia, tampaknya masih menggiurkan. Setidaknya terlihat dari masih diluncurkannya beberapa produk smartwatch terbaru. Diantaranya yaitu belum lama ini Huawei merilis seri smartwatch terbaru yaitu Huawei Watch GT 2e. Yang menarik, smartwatch terbaru dari Huawei ini dijual dengan harga yang lebih murah dari seri sebelumnya, yaitu Huawei Watch GT 2.

Apa saja yang menarik dan apa kekurangannya dari smartwatch terbaru Huawei Watch GT 2e ini? Berikut review selengkapnya :

Ada kemiripan antara Huawei Watch GT 2e dan GT 2 (46 mm), seperti sama-sama didukung chip Kirin A1. Selain itu smartwatch ini juga dibekali dengan RAM 32 GB dan storage 4 GB. Untuk layar sentuhnya, berukuran 1,39 inci dengan teknologi AMOLED dan beresolusi 454 x 454 piksel. Layar ini mendukung always-on display, maksudnya layar akan terus menyala sepanjang masih dilihat pengguna.

Baca juga : Dijual 2 Jutaan, Ini Kecanggihan Smartwatch Huawei Watch GT 2

Huawei Watch GT 2e tampil dengan desain yang terlihat lebih sporty. Perbedaan lainnya yang jelas terlihat yaitu pada pengontrolan menunya. Pada Huawei Watch GT 2 untuk mengakses menu disediakan tombol pengendali dua crown (tombol putar). Sedangkan di Huawei Watch GT 2e menyediakan dua tombol tekan berbentuk persegi panjang berbahan karet yang ada di sisi samping bodi jam.

smartwatch huawei GT 2e

Perbedaan lainnya yaitu tampak pada Huawei Watch GT 2e yang menggunakan tali jam atau strap lebih menyatu dengan bodi arloji. Berbeda dengan strap pada Huawei Watch GT 2 yang bisa digonta-ganti dengan mudah. Sabuk jam di Watch GT 2e terbuat dari bahan fluoroelastomer atau semacam karet, dan tersedia dalam beberapa pilihan warna. Strap ini memiliki lubang-lubang yang fungsinya agar tidak terlalu gerah saat digunakan, terlebih saat digunakan untuk berolahraga.

Penggunaan Smartwatch Huawei Watch GT 2e

Seperti halnya smartwatch lainnya, Huawei Watch GT 2e juga bisa dikoneksikan ke smartphone. Sehingga beberapa pengontrolan dan berbagai data bisa juga saling tersinkronisasi. Untuk mengkoneksikan antara smartwatch ini ke smartphone, juga mengandalkan koneksi Bluetooth.

Namun ada yang berbeda dari Huawei Watch GT 2e dibandingkan smartwatch lain pada umumnya. Seperti diketahui, smartphone Huawei keluaran terbaru tidak lagi didukung oleh OS Android buatan Google. Ternyata hal tersebut juga merembet ke perangkat Huawei smartwatch, dimana tidak mengadopsi sistem operasi Android untuk smartwatch. Efeknya Huawei Watch GT 2e tidak bisa dengan mudah dikoneksikan dan disinkronisasikan ke sembarang smartphone Android.

smartwatch huawei GT 2e 4

Ini seperti yang GadgetSquad alami ketika ingin mengkoneksikan Huawei Watch GT 2e ke smartphone lain yang bukan smartphone Huawei. Saat pertama kali menghidupkan smartwatch ini, maka diminta untuk dikoneksikan ke aplikasi Huawei Health yang terinstall di smartphone. Aplikasi itu tersedia di Google Playstore. Tapi begitu sudah terinstall di smartphone (bukan Huawei) ternyata aplikasi Huawei Health tidak bisa digunakan. Sehingga tidak bisa terkoneksi ke smartwatch Huawei Watch GT 2e. Ternyata agar bisa menggunakan aplikasi Huawei Health di smartphone Android merek lain, harus juga menginstall aplikasi Huawei Mobile Services. Jika sudah, barulah bisa membuka aplikasi Huawei Health dan mengkoneksikannya ke smartwatch Huawei Watch GT 2e.

Fitur di Huawei Watch GT 2e

Sebagaimana fungsinya untuk menjaga kesehatan penggunanya, Huawei Watch GT 2e dilengkapi berbagai menu untuk menjaga kondisi tubuh. Seperti terdapat berbagai mode olahraga baik yang ingin dilakukan di outdoor maupun indoor, seperti Running, Walk, Cycle, Swim, TriAthlon, dan lainnya. Smawartch ini bisa mendeteksi sekaligus menyimpan berbagai aktivitas olahraga yang dilakukan. Sekaligus akan ditampilkan dalam bentuk informasi data yang diperlukan sebagai indikator dalam menjaga kesehatan tubuh.

Selain berbagai fitur olahraga yang ada di menu Workout, smartwatch terbaru ini juga menyediakan menu kesehatan lainnya. Diantaranya yaitu Heart Rate untuk mengukur ritme detak jantung. Ada juga Sleep (untuk mengontrol pola tidur), Stress (untuk membantu mengendalikan stress), Breathing Exercises (untuk membantu latihan pernafasan) dan SpO2(fitur pengukuran kadar oksigen dalam darah).

Selain itu juga ada fitur pendukung lainnya yang tidak kalah penting. Seperti Stopwatch, Alarm, Timer, Weather (info cuaca), Flashlight, Barometer dan lainnya. Termasuk ada menu Music yang memungkinkan pengguna memutar lagu favorit sambil berolahraga, namun harus dikoneksikan ke perangkat Bluetooth earphone/earbuds. Selain itu ada juga menu Find Phone yang fungsinya bisa melacak smartphone (yang terkoneksi) yang hilang atau lupa menaruh, melalui smartwatch ini.

smartwatch huawei GT 2e 2

Saat smartwatch ini bekerja sesuai aktivitas yang dilakukan pengguna, mengandalkan sensor yang berada di bagian punggu bodi jam. Di mana sensor ini yang akan menyetuh langsung bagian pergelangan tangan. Makanya dalam penggunaanya smartwatch ini akan meminta agar tali jam terikat dengan baik atau tidak longgar agar sensor bisa berfungsi dengan akurat.

Soal daya tahannya, Huawei Watch GT 2e ini tahan air dan bisa digunakan saat berenang hingga kedalaman 50 meter. Sedangkan daya tahan baterainya bisa bertahan mencapai 2 minggu.

Huawei Watch GT 2e dijual seharga Rp 2,2 juta, atau lebih murah dibandingkan Huawei Watch GT 2 (46 mm) yang dijual dengan harga Rp 2,8 juta.